Januari-September 2019, WOM Finance Raih Laba Bersih Rp156 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 07 November 2019 - 09:07 WIB

Para anggota Dewan Direksi WOM Finance berfoto bersama setelah berakhirnya acara Paparan Publik di Jakarta, Rabu (06/11/2019). (Foto: Abe)
Para anggota Dewan Direksi WOM Finance berfoto bersama setelah berakhirnya acara Paparan Publik di Jakarta, Rabu (06/11/2019). (Foto: Abe)

INDUSTRY.co.id - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance meraih laba bersih Rp156 miliar sepanjang Januari-September 2019, atau tumbuh 2 persen dibandingkan di periode yang sama pada 2018.

“Kendati tipis, kami masih mampu membukukan kenaikan laba pada triwulan ketiga tahun ini. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, kami mengembangkan Teknologi Informasi melalui penerapan Core System yang baru secara nasional, new mobile survey serta new mobile collection,” tutur Zacharia Susantadiredja, Direktur Keuangan WOMF, dalam acara Paparan Publik di Jakarta, Rabu (06/11/2019).

Selain itu, menurut Zacharia, untuk mendukung peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia WOM Finance telah meresmikan Learning Center sebagai wadah untuk meningkatkan potensi dan kemampuan karyawan.

“Melewati tahun 2019 yang penuh tantangan, kami tetap berupaya untuk menjaga kualitas portfolio menjadi lebih baik. Hal ini terbukti dengan membaiknya Non Performing Financing (NPF) Gross Perseroan menjadi 2,4% dibandingkan periode sebelumnya 2,8%. Dan hingga saat ini kami masih tetap konsisten menjalankan fokus dan strategi Perseroan untuk pertumbuhan bisnis yang sehat dan stabil,” jelas Zacharia.

Hingga Triwulan III 2019, perseroan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp4,3 triliun atau mencapai 268.000 unit kendaraan bermotor. Return on Equity (ROE) tetap terjaga pada level 17,3% dengan Return On Asset (ROA) membaik menjadi 3,2% dari 3,1% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Gearing Ratio juga dapat dipertahankan ke level yang lebih baik 4,7 kali.

Untuk mendukung pendanaan, Perseroan telah memperoleh fasilitas modal kerja baru dari Bank BCA sebesar Rp500 miliar pada Maret 2019, Bank DBS Indonesia sebesar Rp150 miliar pada Maret 2019, Bank KEB-Hana sebesar Rp250 miliar pada Mei 2019, Bank Panin sebesar Rp800 miliar pada September 2019 dan Bank Mandiri sebesar Rp500 miliar pada September 2019. Di samping itu, perseroan juga menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tahap II WOM Finance 2019 sebesar Rp1,68 triliun pada Mei 2019.

Sementara itu, Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, menuturkan, fokus dan strategi perseroan saat ini adalah menjaga stabilitas kinerja keuangan serta meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui fundamental yang kuat dan inovasi digital. Itu semua untuk mengantisipasi tantangan berat di industri perusahaan pembiayaan saat ini.

“Kami yakin di tahun 2020 yang akan datang, perseroan dapat tumbuh semakin positif dan melambung lebih tinggi untuk menunjukan eksistensinya sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia,” pungkas Djaja. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…