Anak usaha ABM Investama dan Berau Coal gelar WDP

Oleh : Herry Barus | Kamis, 31 Oktober 2019 - 13:14 WIB

PT Berau Coal Energy Tbk
PT Berau Coal Energy Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sanggar Sarana Baja (SSB) anak usaha ABM Investama yang bergerak dalam bidang remanufaktur komponen alat berat, serta menyediakan jasa pengelasan dan permesinan untuk industri migas, pertambangan serta transportasi, bekerja sama dengan PT Berau Coal menggelar kegiatan Welding Development Program (WDP) 2019 di Balai Latihan Kerja Balikpapan, Kalimatan Timur.

Pembukaan WDP berlangsung di Politeknik Sinar Mas Berau Coal dan dihadiri Wakil Bupati Berau, Direktur SSB Johan Budisusetija, Perwakilan Manajemen PT Berau Coal dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Berau, Selasa (29/10) lalu.  

“Kegiatan ini adalah wujud nyata komitmen perseroan untuk melakukan transfer pengetahuan, sekaligus memberdayakan masyarakat khususnya sumberdaya manusia (SDM) di Kabupaten Berau. Peserta Welding Development Program 2019 ini akan mendapatkan sertifikat sebagai “qualified welder,” kata Direktur SSB Johan Budisusetija melalui keterangan tertulisnya, Kamis (31/10).

Johan menjelaskan pertumbuhan permintaan terhadap tenaga kerja di bidang pengelasan yang tersertifikasi di Berau cukup tinggi. Hal ini menjadi salah satu pendorong perusahaan untuk melakukan kegiatan WDP.
Dalam kegiatan ini, SSB bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan, akan menyediakan trainer pengelasan dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Pemerintah daerah Berau yang diwakilkan oleh Asisten II Pemda Berau Bagian Pembangunan dan Perekonomian Pak Drs Mansyah Kelana mengapresiasi serta berpesan untuk putra-putra Berau yang akan mengemban ilmu khususnya di bidang pengelasan agar tetap positif dan terkontrol serta menjaga nama baik kota Berau.
Sementara itu, menurut Corporate Social Responsibility (CSR) General Manager Berau Coal Horas Parsaulian Pardede mengungkapkan pihaknya mendukung program yang diselenggarakan “kami tentu saja mendukung kegiatan ini, karena selain memberikan pengalaman juga bekal pengetahuan yang pastinya akan bermanfaat bagi masyarakat Berau” tuturnya.

Peserta WDP ini harus melalui serangkaian proses seleksi, termasuk tes wawancara serta medical checkup. Pada tahun 2019 ini telah terjaring 16 perserta dari puluhan peserta yang mendaftar yang akan mendapatkan pelatihan baik soft skill maupun technical skill yang meliputi Basic Welding (1F/1G – 3F/3G) dengan proses pengelasan SMAW, GMAW, FCAW dan Gouging.

Diharapkan lulusan program ini akan menjadi kandidat welder yang memiliki kualifikasi untuk memperoleh sertifikat BNSP sehingga mempunyai kesempatan untuk membuka jasa bengkel las mandiri.
“Program ini akan kami lakukan secara berkelanjutan. Tidak hanya di bidang pengelasan, tetapi juga akan dikembangkan untuk bidang mekanik dan lainnya. Melalui berbagai kegiatan ini diharapkan semangat local people for local job dapat terwujud dan membuat kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasi perusahaan semakin meningkat,” tutup Johan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Rabu, 08 April 2020 - 16:00 WIB

Perhatikan!ASN Nekat Mudik Bisa Kena Sanksi

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keluarganya untuk bepergian ke luar daerah ataupun mudik. Apabila terdapat…

Bantuan Pemerintah Korea Selatan

Rabu, 08 April 2020 - 15:51 WIB

Pemerintah Korsel Salurkan Bantuan Kemanusiaan sebesar 500.000 USD untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

"Keputusan Korea Selatan untuk memberikan bantuan kepada Indonesia menjadi bukti eratnya hubungan kedua negara," tegas Kim. Selain bantuan dari Pemerintah Korsel, perusahaan-perusahaan Korea…

Menkop dan UKM Teten Masduki saat melantik pejabat fungsional Kementerian Koperasi dan UKM sesuai protokol Covid-19

Rabu, 08 April 2020 - 15:45 WIB

Lantik Pejabat Fungsional Sesuai Protokol Covid-19, Menkop dan UKM Minta Seluruh Pejabat Dampingi Koperasi Terdampak Covid-19

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melantik Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi Ahli Utama Suparno dan Pejabat Fungsional Peneliti Ahli Utama Akhmad Junaidi di lingkungan Kementerian Koperasi…

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB, Direktur Mandiri Syariah Kusman Yandi serahkan bantuan APD. 

Rabu, 08 April 2020 - 15:11 WIB

Mandiri Syariah Serahkan APD dan Masker kepada RS Rujukan Covid-19

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyerahkan bantuan senilai Rp3,05 miliar berupa 2.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 100 ribu masker kepada 105 Rumah Sakit rujukan Covid-19 di seluruh…

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio

Rabu, 08 April 2020 - 15:10 WIB

Jurus Jitu Kemenparekraf Atasi Dampak Covid-19 bagi Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.