Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan BUMN Terbaik dengan Predikat Sangat Bagus

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan BUMN Terbaik dengan Predikat Sangat Bagus
Pupuk Indonesia Sabet Penghargaan BUMN Terbaik dengan Predikat Sangat Bagus

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan sebagai BUMN terbaik atau The Best Indonesia SOE dengan predikat "Sangat Bagus" dari Majalah Infobank. Predikat tersebut diberikan berdasarkan penilaian terhadap kinerja keuangan perusahaan yang baik sepanjang tahun 2018.

Penghargaan diterima oleh Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Achmad Tossin Sutawikara dari Rully Ferdian selaku Direktur Infobank Institute pada acara malam penganugerahan "Infobank Top BUMN 2019" pada Jumat, 25 Oktober 2019 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Achmad Tossin menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan apresiasi penting atas kerja keras segenap karyawan dan manajemen perusahaan dalam berkontribusi mendukung ketahanan pangan, sekaligus menjaga kinerja bisnis yang unggul dan produk yang berdaya saing tinggi.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya keras kami dalam menjaga kinerja perusahaan di tengah persaingan yang ketat, dan di tengah besarnya tantangan pada industri pupuk dan petrokimia. Termasuk juga apresiasi atas keberhasilan kami memberikan kontribusi ekonomi dan sosial yang besar kepada negara dan masyarakat,” ungkapnya.

Pada ajang ini, Infobank memberikan penghargaan kepada 54 BUMN berpredikat "sangat bagus", 21 BUMN berpredikat "baik", dan 13 BUMN berpredikat "cukup baik".

Tossin menjelaskan, sepanjang 2018 Pupuk Indonesia memang berhasil mencatatkan kinerja positif. Bahkan perusahaan berhasil mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah, dengan membukukan pertumbuhan volume penjualan yang menembus 14 juta ton. Hal tersebut didapat berkat keberhasilan perusahaan memaksimalkan penyaluran pupuk bersubsidi serta meningkatkan penetrasi pasar ke perkebunan dalam negeri.

Hal tersebut pun turut mendorong tumbuhnya total pendapatan dan laba dibandingkan tahun sebelumnya. Total pendapatan tercatat sebesar Rp69,4 triliun atau tumbuh 17% dari tahun 2017. Adapun laba perusahaan tercatat sebesar Rp4,21 triliun, naik 37% dari tahun sebelumnya. Total aset perusahaan juga tumbuh sebesar 8,11% menjadi Rp138,9 triliun.

“Di tahun 2018 kami juga mencatatkan kontribusi kepada negara sebesar Rp6,25 triliun yang terdiri dari total pajak dan deviden," jelas Tossin.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GSP

Kamis, 20 Februari 2020 - 01:01 WIB

Datangi Amerika, Indonesia Pertahankan Fasilitas Sistem Tarif Preferensial Umum (GSP) Produk Ekspor

Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto menyatakan bahwa Indonesia terus berkomitmen untuk mempertahankan fasilitas sistem tarif preferensial umum (Generalized System of Preference/GSP) bagi…

Menteri Teten usai menerima CEO PT Global Dairi Alami (PT GDA) Ihsan Mulia Putri, di Jakarta, Rabu (19/2).

Kamis, 20 Februari 2020 - 00:31 WIB

Menkop Akan Patahkan Dominasi Susu Impor

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, pihaknya akan mematahkan dominasi produk impor susu dalam memenuhi kebutuhan susu nasional.

Larangan untuk mendonorkan dan memperjualbelikan sperma

Kamis, 20 Februari 2020 - 00:19 WIB

Idih! Ada Larangan Jual Beli Sperma dalam RUU Ketahanan Keluarga

RUU Ketahanan Keluarga mengatur kewajiban dan hak suami-istri dalam kehidupan perkawinan. Bahkan RUU itu mengatur secara khusus tentang perasaan.

Bank Danamon Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Februari 2020 - 23:46 WIB

Sejak 1956, PT Bank Danamon Indonesia Tbk Terus Catatkan Pertumbuhan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956 terus menunjukkan tata kelola bank yang baik. Hal ini tercermin dari hasil laporan keuangan yang dirilis pada hari ini Rabu (19/2/2020)…

Bank Danamon

Rabu, 19 Februari 2020 - 23:02 WIB

Bank Danamon Raup Laba Bersih Rp 4,07 Triliun

PT Bank Danamon Indonesia Tbk hari ini Rabu, (19/2/2020) merilis laporan keuangan untuk tahun 2019. Dalam laporannya, Bank Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 4,07…