Bonsai dan Ikan Arwana Seharga 2M Jadi Maskot Nusatic & Trubus Agro Expo 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 25 Oktober 2019 - 07:21 WIB

Panitia Penyelenggara Nusatic & Trubus Agro Expo 2019 (Foto: Amz)
Panitia Penyelenggara Nusatic & Trubus Agro Expo 2019 (Foto: Amz)

INDUSTRY.co.id -JAKARTA—Sebatang Bonsai seharga Rp 2 Milyar dan juga Ikan Betta dengan harga yang sama akan menjadi maskot  Nusatic dan Trubus Agro Expo 2019 yang akan berlangsung tanggal 29 November hingga 1 Desember 2019 di Convention Exhibition (ICE), BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Acara  Nusatic (nusantara Aquatic) bahkan dikalim  sebagai pameran Ikan Hias terbesar di Indonesia. Sementara Trubus Agro Expo yang mengusung tagline “2020 Indonesia Agri Living Trend” juga jadi pameran tanaman hias dengan cakupan luas seperti budidaya, seminar, pameran, dan penjualan.

Alim Gunadi, CEO MICE & Event Business Sinar Mas Land selaku penyelenggara kegiatan ini mengatakan bahwa ajang ini merupakan event tahunan yang mempertemukan semua stake holder di bidang ikan hias dan tanaman hias. “Gold Light Entertainment melalui Nusatic dan Trubus Agro Expo 2019 berusaha memanjakan penikmat ikan dan tanaman hias di Indonesia melalui ICE BSD City sebagai Official Venue pameran tersebut,” ujarnya.

Tentang jenis jenis ikan hias  yang dipamerkan, Alim menyebutkan sejumlah nama yang mungkin asing bagi orang awam namun tidak bagi pencinta iikan hias.  “Ada  ikan KOI, Arwana, Discus, Betta, Cupang, Guppy, Louhan, dan masih banyak lagi. Ikan ikan ini menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia sejak lama dan menjadi salah satu andalan ekspor bagi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, tambahnya.

Pameran ikan hias yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 ini, akan menghadirkan beberapa komunitas ikan hias di seluruh Indonesia, kontes ikan hias dalam beberapa kategori seperti 6’th ACI CUP 2019, Louhan Final Liga 2019, 11’th IDC Discus Contest, Aquascape Nusatic 2019, 16th Indonesia KOI Show 2019, All Indonesia Goldfish Competition, 4’th Indonesia Killfish Association Convention, The Ultimate International Betta Show 2019, The 4th Indonesia International Guppy Show, Manvish Exhibition hingga pada akhirnya akan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia.

Sementara untuk pameran tanaman hias dijelaskan bahwa seiring berubahnya gaya hidup, terjadi pula pergeseran tren Agri-living di masyarakat. Agri-living yang meliputi produk pertanian segar dan olahan hingga kebiasaan berkebun masyarakat, juga ikut terpengaruh. Kegiatan urban farming, go green, back to nature, hidroponik, aquaponik, pertanian organik, merupakan wujud pergeseran tersebut. Demikian pula dengan kebiasaan mengonsumsi organic product, healthy food, diet salad. specialty coffee, dan sebagainya.

Tujuan utama pameran ini adalah untuk menawarkan teknologi dan inovasi terbaru yang mengarah pada pengurangan biaya produksi, optimalisasi proses, dan peningkatan kualitas produk. Diharapkan juga melalui Trubus Agro Expo akan memperkuat daya saing di antara pelaku usaha agribisnis di Indonesia dan mempromosikan Indonesia sebagai pusat pertanian ASEAN.

Trubus Agro Expo akan menghadirkan berbagai teknologi dan inovasi terkini agar dapat meningkatkan standar produksi dan daya saing para petani, pengusaha, dan Eksportir dimata Dunia. Pameran ini akan menjadi pusat bisnis antara produsen dan konsumen untuk terjadinya kesepakatan bisnis. Pameran ini juga akan menampilkan sejumlah teknologi terkait pembibitan dan reproduksi, panen, manajemen pertanian, penelitian dan pengembangan. manajemen air, pasca panen, teknologi pengemasan, pupuk, dan alat budidaya berorientasi digital serta berbagai produk pertanian lainnya. Tak hanya bisnis, Trubus Agro Expo juga mewadahi berbagai komunitas berbasis hobi.

Acara ini menjadi ajang bagi para pehobi tanaman hias maupun hewan peliharaan untuk melihat berbagai kontes tanaman hias setta pets show dalam satu lokasi. Diperkirakan acara ini akan dihadiri lebih dari 70.000 pengunjung dari berbagai Kota khususnya Jabodetabek. Didukung oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nusatic & Trubus Agro Expo juga akan mendatangkan pengunjung dari berbagai negara seperti Taiwan, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Myanmar. Rincian dari acara Nusatic & Trubus Agro Expo 2019 ini dapat dilihat melalui website www.trubusagroexgo.com atau melalui www.nusatic.com . (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…