Bonsai dan Ikan Arwana Seharga 2M Jadi Maskot Nusatic & Trubus Agro Expo 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 25 Oktober 2019 - 07:21 WIB

Panitia Penyelenggara Nusatic & Trubus Agro Expo 2019 (Foto: Amz)
Panitia Penyelenggara Nusatic & Trubus Agro Expo 2019 (Foto: Amz)

INDUSTRY.co.id -JAKARTA—Sebatang Bonsai seharga Rp 2 Milyar dan juga Ikan Betta dengan harga yang sama akan menjadi maskot  Nusatic dan Trubus Agro Expo 2019 yang akan berlangsung tanggal 29 November hingga 1 Desember 2019 di Convention Exhibition (ICE), BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Acara  Nusatic (nusantara Aquatic) bahkan dikalim  sebagai pameran Ikan Hias terbesar di Indonesia. Sementara Trubus Agro Expo yang mengusung tagline “2020 Indonesia Agri Living Trend” juga jadi pameran tanaman hias dengan cakupan luas seperti budidaya, seminar, pameran, dan penjualan.

Alim Gunadi, CEO MICE & Event Business Sinar Mas Land selaku penyelenggara kegiatan ini mengatakan bahwa ajang ini merupakan event tahunan yang mempertemukan semua stake holder di bidang ikan hias dan tanaman hias. “Gold Light Entertainment melalui Nusatic dan Trubus Agro Expo 2019 berusaha memanjakan penikmat ikan dan tanaman hias di Indonesia melalui ICE BSD City sebagai Official Venue pameran tersebut,” ujarnya.

Tentang jenis jenis ikan hias  yang dipamerkan, Alim menyebutkan sejumlah nama yang mungkin asing bagi orang awam namun tidak bagi pencinta iikan hias.  “Ada  ikan KOI, Arwana, Discus, Betta, Cupang, Guppy, Louhan, dan masih banyak lagi. Ikan ikan ini menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia sejak lama dan menjadi salah satu andalan ekspor bagi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, tambahnya.

Pameran ikan hias yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 ini, akan menghadirkan beberapa komunitas ikan hias di seluruh Indonesia, kontes ikan hias dalam beberapa kategori seperti 6’th ACI CUP 2019, Louhan Final Liga 2019, 11’th IDC Discus Contest, Aquascape Nusatic 2019, 16th Indonesia KOI Show 2019, All Indonesia Goldfish Competition, 4’th Indonesia Killfish Association Convention, The Ultimate International Betta Show 2019, The 4th Indonesia International Guppy Show, Manvish Exhibition hingga pada akhirnya akan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia.

Sementara untuk pameran tanaman hias dijelaskan bahwa seiring berubahnya gaya hidup, terjadi pula pergeseran tren Agri-living di masyarakat. Agri-living yang meliputi produk pertanian segar dan olahan hingga kebiasaan berkebun masyarakat, juga ikut terpengaruh. Kegiatan urban farming, go green, back to nature, hidroponik, aquaponik, pertanian organik, merupakan wujud pergeseran tersebut. Demikian pula dengan kebiasaan mengonsumsi organic product, healthy food, diet salad. specialty coffee, dan sebagainya.

Tujuan utama pameran ini adalah untuk menawarkan teknologi dan inovasi terbaru yang mengarah pada pengurangan biaya produksi, optimalisasi proses, dan peningkatan kualitas produk. Diharapkan juga melalui Trubus Agro Expo akan memperkuat daya saing di antara pelaku usaha agribisnis di Indonesia dan mempromosikan Indonesia sebagai pusat pertanian ASEAN.

Trubus Agro Expo akan menghadirkan berbagai teknologi dan inovasi terkini agar dapat meningkatkan standar produksi dan daya saing para petani, pengusaha, dan Eksportir dimata Dunia. Pameran ini akan menjadi pusat bisnis antara produsen dan konsumen untuk terjadinya kesepakatan bisnis. Pameran ini juga akan menampilkan sejumlah teknologi terkait pembibitan dan reproduksi, panen, manajemen pertanian, penelitian dan pengembangan. manajemen air, pasca panen, teknologi pengemasan, pupuk, dan alat budidaya berorientasi digital serta berbagai produk pertanian lainnya. Tak hanya bisnis, Trubus Agro Expo juga mewadahi berbagai komunitas berbasis hobi.

Acara ini menjadi ajang bagi para pehobi tanaman hias maupun hewan peliharaan untuk melihat berbagai kontes tanaman hias setta pets show dalam satu lokasi. Diperkirakan acara ini akan dihadiri lebih dari 70.000 pengunjung dari berbagai Kota khususnya Jabodetabek. Didukung oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nusatic & Trubus Agro Expo juga akan mendatangkan pengunjung dari berbagai negara seperti Taiwan, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Myanmar. Rincian dari acara Nusatic & Trubus Agro Expo 2019 ini dapat dilihat melalui website www.trubusagroexgo.com atau melalui www.nusatic.com . (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Pamtas Yonif 411 Patroli Simpatik di Bivak Warga Pedalaman Papua

Selasa, 07 April 2020 - 04:30 WIB

Satgas Pamtas Yonif 411 Patroli Simpatik di Bivak Warga Pedalaman Papua

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad, melaksanakan kegiatan patroli simpatik di salah satu bivak warga…

Korps Marinir Adakan Survey Kepuasan Masyarakat

Selasa, 07 April 2020 - 04:30 WIB

Korps Marinir Adakan Survey Kepuasan Masyarakat

Korps Marinir melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan instansi pemerintah ini dilaksanakan oleh Korps…

Cek Kesiapan Operasional Kendaraan, Brigif Para Raider 18/SEY Gelar Pemeriksaan

Selasa, 07 April 2020 - 04:00 WIB

Cek Kesiapan Operasional Kendaraan, Brigif Para Raider 18/SEY Gelar Pemeriksaan

Dalam rangka upaya pencegahan serta menekan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menjamin kesiapan kendaraan dinas operasional, Brigif Para Raider 18/SEY menggelar apel pemeriksaan…

Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

Selasa, 07 April 2020 - 03:00 WIB

Personel TMMD Kodim 1707 Ajari Warga Kampung Epem Bercocok Tanam

Tak hanya menjalankan kegiatan fisik berupa pembangunan 20 unit rumah untuk warga Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kab. Mappi, Papua, personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas…

Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

Selasa, 07 April 2020 - 02:27 WIB

Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu salah satu warga binaannya panen buah Rambutan…