Yayasan CPI Indonesia Mengumumkan Susunan Anggota Dewan Yayasan Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 18 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Climate Policy Initiative
Climate Policy Initiative

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Yayasan CPI Indonesia mengumumkan dan secara resmi menyambut anggota baru pada jajaran Dewan Yayasan CPI Indonesia. Amanda Katili Niode dan Dr. Inka Yusgiantoro ditunjuk sebagai Founders, Mardhiah Ridha sebagai Supervisor, dan pimpinan CPI yang sudah ada mengambil peran formal di Dewan Yayasan, termasuk Tiza Mafira sebagai Chairperson.

Di Indonesia, Climate Policy Initiative (CPI) bermitra dengan pemerintah, perusahaan, dan masyarakat sipil untuk mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan tujuan kebijakan iklim dan pembangunannya. Tim CPI di Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan perusahaan milik negara, PT Sarana Multi Infrastruktur, untuk mencari solusi strategi pendanaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia dengan merancang instrumen pembiayaan inovatif seperti SDG Indonesia One Fund, Environmental Fund dan inisiasi mendorong terwujudnya green banks (Lembaga keuangan yang mendukung investasi pada sektor yang ramah lingkungan), serta bekerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mendukung peningkatan pembiayaan untuk energi terbarukan dan efisiensi energi.

Tim CPI juga memiliki track record dalam memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan nasional tentang kelapa sawit yang lebih berkelanjutan, bekerja di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, dalam kemitraan dengan Universitas Palangka Raya dan PILAR Foundation.

"Dengan adanya Anggota Dewan yang baru untuk Yayasan CPI Indonesia akan membantu tim kami untuk terus mendukung tujuan pertumbuhan hijau di Indonesia," kata Dr. Barbara Buchner, Executive Director, Climate Finance, di Climate Policy Initiative. “Para ahli ini memiliki pencapaian luar biasa di bidangnya masing-masing untuk memberikan panduan selama fase pertumbuhan kami berikutnya di Indonesia.”

Amanda Katili Niode adalah kepala tim ahli di Kantor Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim dan ketua Omar Taraki Niode Foundation. Dr. Amanda juga pernah bertugas di Dewan Nasional Perubahan Iklim, yang menjadi titik fokus nasional Indonesia dalam negosiasi iklim internasional.

“CPI di Indonesia telah melakukan pekerjaan yang sempurna untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah tentang efektivitas dan inovasi pendanaan untuk perubahan iklim, yang mencakup masalah energi dan penggunaan lahan” kata Amanda. “Saya berharap dapat bekerja dengan tim untuk membuat pencapaian ini untuk mendapatkan dampak yang lebih besar.”

Inka Yusgiantoro adalah Senior Executive Researcher di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia dan Supervisory Board di The Purnomo Yusgiantoro Center. Dr. Inka diakui secara luas sebagai sarjana multidisiplin yang berfokus pada pengembangan ekonomi dan kebijakan keuangan.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Indonesia, khususnya dalam pembiayaan ekonomi untuk merekonsiliasi tujuan kebijakan iklim dan pembangunannya”, kata Inka. “Saya sangat senang terlibat di CPI, yang berperan sangat baik dalam memberikan solusi kepada pemerintah melalui rekomendasi kebijakan dalam mempercepat investasi hijau yang sangat dibutuhkan, khususnya di sektor energi.”

Mardhiah Ridha adalah Sekretaris Pertama, Negosiator Perdagangan dan Pembangunan Berkelanjutan di Direktorat Perjanjian Ekonomi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Asisten Utusan Khusus Presiden bidang Penetapan Batas Maritim dan merupakan bagian dari tim ekonomi dari Misi Permanen Republik Indonesia untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa.

“Indonesia sangat berkomitmen secara konsisten dengan terus-menerus mengambil langkah-langkah signifikan untuk mencapai tujuan kebijakan iklim dan pembangunannya,” kata Mardhi. “Namun, berbagai alternatif strategis perlu dijalankan secara efektif karena masih banyak yang harus dilakukan. Kami tidak memiliki banyak waktu. Karena itu saya sangat senang dapat berkerjasama dengan Yayasan CPI Indonesia untuk membantu Indonesia mencapai target-target ini.”

Sementara itu, Tiza Mafira, Associate Director, Climate Policy Initiative Indonesia mengatakan “Dalam beberapa tahun terakhir, pekerjaan kami di Indonesia telah mengalami pertumbuhan dan dampak yang luar biasa.” Ia menambahkan, “Kami sangat senang melihat Yayasan CPI Indonesia tumbuh lebih jauh dengan keahlian para Dewan ini.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.