Catat, Ini 7 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Bogor

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:42 WIB

Ilustrasi Kuliner (ist)
Ilustrasi Kuliner (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah rutinitas dan kesibukan, liburan jadi cara efektif untuk menghilangkan penat. Udara sejuk dengan beragam objek wisata juga makanan enak merupakan kombinasi ideal untuk liburan. Nah, Bogor bisa menjadi pilihan tepat tersebut.

Kota Bogor merupakan salah satu destinasi favorit liburan. Wajar saja, terdapat sejumlah tempat wisata tersebar di Bogor. Kawasan Puncak, Taman Bunga Nusantara, Taman Wisata Gunung Pancar, Jembatan Kayu Gantung, dan masih banyak lagi objek wisata di kota dengan julukan Kota Hujan ini. 
 
Tidak hanya kesejukan dan keindahan alamnya, sajian kuliner yang khas merupakan daya tarik lain dari Bogor. Terdapat berbagai kuliner Bogor melegenda telah eksis sejak puluhan tahun silam.
Cita rasa lezat dengan tampilan menggugah selera, wajar saja bila wisata kuliner Bogor ramai dikunjungi. Nah, berikut lima kuliner khas bogor yang dapat membuat Anda ketagihan.
1. Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan merupakan kuliner khas Kota Bogor. Terdapat asinan buah, sayur, serta kombinasi antara buah dan sayur. Nah, di Bogor terdapat pusat jajanan asinan sejak era 1970.
Baik masyarakat Bogor ataupun wisatawan, tentu sudah tak asing dengan Asinan Bogor Gedung Dalam. Gedung Dalam juga dikenal sebagai kawasan bersejarah yang pernah digunakan orang-orang Tionghoa.
Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis asinan dengan cita rasa pedas juga menyegarkan. Asinan Bogor Gedung Dalam dapat pula dijadikan oleh-oleh. Selain lezat, juga terjangkau harganya.
2. Soto Kuning Pak Yusup
Menikmati udara Bogor yang sejuk, paling pas dengan ditemani sajian berkuah. Di Bogor, amat terkenal kuliner soto kuning. Soto ini memiliki ciri khas unik yaitu kuahnya yang kuning dan kental.
Kuah kuning tersebut berasal dari bumbu kunyit dicampur rempah lainnya. Pengunjung bisa memilih isinya, dari daging, hati, usus, paru, babat, lidah, kikil hingga otak.
Bila ingin menikmati nikmatnya soto kuning saat berlibur ke Bogor, Soto Kuning Pak Yusup recommended untuk dikunjungi. Soto Kuning Pak Yusup terletak di Jalan Surya Kencana No 103.
3. Doclang Mak Icoh
Jika Jakarta memiliki ketoprak, Bogor tidak mau kalah dengan kuliner khasnya, yaitu doclang. Satu porsi doclang berisi kentang goreng, irisan tahu, telur rebus, dan pesor yang disiram bumbu kacang dan kecap.
Nah, ciri khas doclang yaitu pesor. Pesor merupakan lontong yang dibungkus daun patat, yakni daun yang tumbuh di lereng Gunung Salak. 
Wisatawan bisa menikmati doclang yang khas ini dengan datang ke kawasan Jalan Mantarena Jembatan Merang. Di sini terdapat tempat makan bernama Doclang Mak Icoh yang buka dari pukul 06.00 sampai 14.00.
4. Asinan Jagung Bakar
Ada satu lagi asinan khas Bogor, yaitu asinan jagung bakar. Di Bogor, jagung bakar tidak hanya dimakan langsung dari gagangnya, namun juga diolah menjadi asinan. 
Asinan jagung bakar dapat ditemukan di daerah Gang Roda Suryakencana. Asinan jagung bakar diolah dengan cara menyiram butirannya jagung bakar dengan cuka serta air cabai. Setelah itu, diberi sedikit gula pasir sehingga memiliki cita rasa asam, manis, dan segar yang khas.
5. Toge Goreng Ibu Hj. Omah
Satu lagi kuliner legenda di Bogor, Toge Goreng Ibu Hj. Omah. Meski memiliki nama toge goreng, toge pada kuliner ini sebenarnya direbus.
Toge yang sudah direbus disajikan bersama irisan tahu goreng, potongan ketupat dan mie kuning. Setelah itu, olahan tersebut disiram bumbu kacang yang dilengkapi taoco dan oncom. 
Untuk menikmati toge goreng dengan kuah bumbu yang masih hangat ini, silakan datang ke Jalan Jenderal Soedirman No. 23 A. Oh ya, metode masaknya yang masih menggunakan kayu bakar juga memperkaya cita rasa khas toge goreng.
6. Bir Kocok Abah Acep
Berikutnya adalah mengenai kuliner minuman yang menyegarkan, Bir Kocok Abah Acep. Meski memiliki kata ‘bir’ pada namanya, minuman ini tidak mengandung alkohol dan tidak memabukkan. Bir Kocok Abah Acep merupakan minuman tradisional yang terbuat dari jahe, cengkih, kayu manis, serta gula merah. 
Minuman yang telah diracik kemudian dikocok hingga berbuih lalu ditambahkan es batu. Bir kocok pas sekali diminum saat cuaca sedang terik-teriknya. Cukup datang ke Gang Aut di Jalan Suryakencana, Bogor.
7. Roti Unyil Venus Bakery
Satu lagi kuliner khas Bogor yaitu roti unyil. Sesuai namanya, roti unyil memiliki ukuran yang mungil dengan berbagai rasa. Roti pisang, keju, nanas, srikaya, hingga yang asin seperti sosis, abon, daging asap, semuanya dimasukkan dalam satu kemasan.
Roti unyil ternama di Bogor yaitu Roti Unyil Venus Bakery. Terletak di Jalan Pajajaran Nomor 1, roti unyil dari Bogor ini sangat pas untuk oleh-oleh pulang nanti.
Banyak moda transportasi untuk datang ke Bogor. Jika menggunakan pesawat, Anda bisa menyambung dengan jasa antar jemput bandara seperti DAMRI bandara. DAMRI Bandara memiliki rute dengan titik turun dan keberangkatan langsung dari Bogor.
Pesan Damri Bandara Bogor Halim sebagai rutenya pun kini semakin mudah melalui Traveloka. Dengan Traveloka, DAMRI bandara dapat dipesan di mana pun dan kapan pun. Liburan tidak perlu ribet atau takut tertinggal pesawat saat pulang nanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Alumnus Lemhannas PPSA XXI, AM Putut Prabantoro

Sabtu, 06 Juni 2020 - 01:59 WIB

New Normal, Ingat Lagunya Koes Plus

Jakarta, Jumat (05/06/2020)-“Ke Jakarta Aku Kan Kembali, Walaupun Apa Yang Kan Terjadi” – inilah suasana kebatinan masyarakat yang terjadi saat ini.

Waketum KADIN Shinta Sukamdani, Menperin Agus Gumiwang, Ketua Apindo Haryadi Sukamdani

Sabtu, 06 Juni 2020 - 00:15 WIB

Kabar Gembira...Menperin Agus Bakal Gelontorkan Stimulus Modal Kerja untuk Pulihkan Industri Manufaktur

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus mengupayakan pemulihan sektor industri manufaktur di dalam negeri yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Produsen Batubara

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:31 WIB

Industri Batubara Lesu Akibat Pasar Menyusut Terpapar Covid-19

Minimnya pergerakan ekonomi membuat industri batubara turut mengalami kelesuan dikarenakan menurunnya permintaan pasar terutama yang datangnya dari India dan Tiongkok.

Contoh proyek PT PP Persisi

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:10 WIB

Cetak Laba Rp1,2 triliun, PT PP Gelontorkan Dividen Tunai 22,5 %

PT Pembangunan Perumaha (Persero) Tbk (PTPP) berhasil catatkan kinerja positif perusahaan untuk pendapatan usaha tahun buku 2019 sebesar Rp24,65 triliun dengan laba bersih yang perseroan mencapai…

Tokok Pakaian GAP (ist)

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:03 WIB

Enggak Kuat Merugi hingga Rp13,1 Triliun, GAP Inc Terpaksa Tutup Toko

Perusahaan fashion GAP Inc, pada Kamis (5/6/2020) melaporkan kerugian yang dialaminya hingga 43% dalam penjualan kuartal I 2020 yang mencapai Rp13,1 triliun. Kerugian besar yang dialam