Pesona Danau Kelimutu Jadi Favorit Wisatawan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 15 Oktober 2019 - 10:39 WIB

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu

INDUSTRY.co.id, Kelimutu menjadi andalan utama pariwisata Ende. Apalagi cerita seputar misteri dibalik keajaiban danau ini telah menyebar ke seluruh dunia, sehingga berbondong-bondong wisatawan datang ke Kelimutu, setiap tahunnya.

Kampung Moni merupakan kampung terdekat menuju danau Kelimutu. Kampung ini terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, NTT. Berjarak 13 kilometer dari Danau Kelimutu. Tak heran dari Moni hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk mencapai bibir danau Kelimutu.

Kalau berangkat dari Moni pukul 08.15 Wita, menyusuri jalan setapak sepanjang satu kilometer maka kita akan dihadapkan pada sebuah pemandangan yang sungguh menakjubkan. Danau yang berada di puncak gunung Kelimutu setinggi 1.690 meter di atas permukaan laut ini, memancarkan aura pesonanya.  

Kelimutu merupakan gabungan dari kata keli yang berarti gunung dan mutu yang berarti mendidih. Danau Kelimutu merupakan danau vulkanik yang dianggap ajaib dan misterius. Warna ketiga percikan air danau tersebut berubah-ubah, seiring dengan perjalanan waktu. Sebelumnya warna danau ini adalah merah, putih, dan biru.

Konon kabarnya pertengahan 2006 lampau terjadi beberapa kali perubahan terutama untuk dua danau yang letaknya bersebelahan, Danau Arwah Muda-mudi (tiwu nua muri ko'o fai) dan Danau Arwah Tukang Tenung (tiwu ata polo). Danau Arwah Muda-mudi yang sebelumnya berwarna hijau, pada Juni tahun itu sempat berubah menjadi biru. Sementara Danau Tukang Tenung atau Orang Jahat yang sebelumnya berwarna cokelat tua berubah warna agak kemerah-merahan.

Satu danau yang terpisah, Danau Arwah Orangtua (tiwu ata mbupu) tetap berwarna hijau tua atau hijau lumut. Namun, pada Desember 2006 air danau tersebut kembali berwarna hijau. Danau Orang Jahat menjadi biru tua, dan danau Orangtua menjadi cokelat kehitaman. Dengan demikian dapat dikatakan warna air Danau Kelimutu adalah misteri alam.

Danau Kelimutu mempunyai tiga kubangan raksasa. Masing-masing kubangan mempunyai warna  air yang selalu berubah tiap tahunnya. Air di salah satu tiga kubangan berwarna  merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati; di kubangan lainnya berwarna  hijau tua menjadi hijau muda; dan di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman  menjadi biru langit.

Waktu yang baik untuk menyaksikan keindahan pancaran pesona jalannya air berputar adalah di pagi hari. Menjelang tengah hari, apalagi sore hari, danau dikelilingi oleh kabut yang menghalangi pandangan.

Tentunya kawasan Kelimutu ini diselimuti flora yang menambah cantiknya danau tersebut, pinus, cemara, kayu merah dan edelweiss. Demikian pula dengan hewan yang ada di dalam kawasan ini, rusa, babi hutan, ayam hutan dan elang.

Masyarakat setempat mempercayai bahwa Gunung Kelimutu keramat dan memberikan kesuburan pada alam di yang berada di sekitarnya. Dalam beberapa kesempatan biasanya ada upacara masyarakat setempat memberikan sesajen kepada "arwah" yang menjaga kawasan tersebut.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding terjal tersebut memiliki sudut kemiringan 70 derajat dengan ketinggian antara 50 sampai 150 meter.

Gunung Kelimutu pernah meletus pada 1886 dan meninggalkan tiga kawah berbentuk danau tersebut dan ditetapkan sebagai taman nasional sejak 26 Februari 1992. Kelimutu juga merupakan tempat yang bagus bagi yang menyukai hiking dan menikmati kawasan desa pegunungan tropis.

Dari Maumere dapat menggunakan kendaraan sewaan yang aman untuk berwisata.  Jika mempunyai kantong yang pas-pasan, jangan berkecil hati, dapat mengambil alternatif menggunakan bus umum. Dan, bila menggunakan rent car Anda dapat singgah di beberapa desa tradisional. Perjalanan pun dapat Anda atur sesuai kesepakatan.

John seorang pengemudi rent car mengatakan, tidak segan-segan ia menyewakan kendaraannya untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kelimutu. Pelayanan maksimal pun diberikan John untuk tamu wisata Kelimutu. Bagi bapak yang baru cerai dari istrinya ini dan mempunyai tanggungan tiga anak, pendapatannya sangat lumayan untuk penghasilan sehari-harinya. Ia mencontohkan untuk tarif sewa kendaraan sekitar Rp 700- 1 juta per rombongan, pulang pergi. “Terkadang saya juga mendapatkan uang tip dari tamu yang menyewa kendaraan saya ini. Apalagi di hari Sabtu Minggu, sudah pasti kendaraan saya ini banyak di cari tamu untuk di sewa,” ucap John.

Selain dari Maumere, Kelimutu juga dapat dicapai dari Ende menggunakan bus antarkota ataupun kendaraan sewaan, dengan harga dan waktu perjalanan yang relatif tidak jauh berbeda.

Sebuah cottage dari kayu adalah salah satu dari alternatif penginapan di Kampung Moni sebelum atau sesudah mengunjungi Danau Kelimutu. Tarif yang relatif murah dan pemandangan alam yang menarik merupakan kenikmatan bagi wisatawan dengan dana terbatas.

Untuk menginap di Kampung Moni terdapat sekitar 20 homestay yang dikelola penduduk. Tentunya dengan tarif yang terjangkau dan memuaskan para wisatawan.

Taman Nasional Kelimutu memiliki topografi daerah yang bergelombang mulai ringan sampai berat dengan relief berbukit-bukit sampai bergunung-gunung. Beberapa tumbuhan yang terdapat di Taman Nasional Kelimutu antara lain kayu mata (Albizia montana), kebu (Homalanthus giganteus), tokotaka (Putranjiva roxburghii), uwi rora (Ardisia humilis), longgo baja (Drypetes subcubica), toko (keo Cyrtandra sp.), kayu deo (Trema cannabina), dan kelo (Ficus villosa).

Taman Nasional Kelimutu merupakan habitat sekitar 19 jenis burung yang terancam punah diantaranya punai Flores (Treron floris), burung hantu wallacea (Otus silvicola), sikatan rimba-ayun (Rhinomyias oscillans), kancilan Flores (Pachycephala nudigula), sepah kerdil (Pericrocotus lansbergei), tesia Timor (Tesia everetti), opior jambul (Lophozosterops dohertyi), opior paruh tebal (Heleia crassirostris), cabai emas (Dicaeum annae), kehicap Flores (Monarcha sacerdotum), burung madu matari (Nectarinia solaris), dan elang Flores (Spizaetus floris).

Dari empat jenis mamalia endemik taman nasional ini, yang sering dijumpai adalah dua tikus gunung Bunomys naso dan Rattus hainaldi.Di taman nasional ini dapat dijumpai beberapa satwa seperti banteng (Bos javanicus javanicus), kijang (Muntiacus muntjak nainggolani), luwak (Pardofelis marmorata), trenggiling (Manis javanica), landak (Hystrix brachyura brachyura), dan kancil (Tragulus javanicus javanicus).

Sedangkan biota laut yang berada di sekitar Pulau Menjangan dan Tanjung Gelap terdiri dari 45 jenis karang diantaranya Halimeda macroloba, Chromis spp., Balistes spp., Zebrasoma spp., dan Ypsiscarus ovifrons; 32 jenis ikan diantaranya ikan bendera (Platax pinnatus), ikan sadar (Siganus lineatus), dan barakuda (Sphyraena jello); 9 jenis molusca laut diantaranya kima selatan (Tridacna derasa), triton terompet (Charonia tritonis), dan kima raksasa (Tridacna gigas).

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang cukup bernilai tinggi, juga memiliki keunikan dan nilai astetika yang menarik yaitu dengan adanya tiga buah danau berwarna dan berada di puncak Gunung Kelimutu (1.690 meter dpl). Danau pertama bernama Tiwu Ata Mbupu (danau arwah para orang), danau kedua bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (danau arwah muda-mudi) dan danau ketiga bernama Tiwu Ata Polo (danau arwah para tukang tenung). Danau pertama dan kedua letaknya sangat berdekatan, sedangkan danau ketiga terletak menyendiri sekitar 1,5 km di bagian Barat. Warna air dari ketiga danau tersebut berbeda satu sama lain dan selalu berubah dari waktu ke waktu terutama warna air Tiwu Nuwa Muri (duabelas kali perubahan dalam jangka waktu duapuluh lima tahun). Selain disebabkan oleh aktivitas gunung berapi Kelimutu, perubahan warna ini diduga akibat adanya pembiasan cahaya matahari, adanya mikro biota air, terjadinya zat kimiawi terlarut, dan akibat pantulan warna dinding dan dasar dana.

Kelimutu  hanyalah salah satu obyek wisata di Flores yang  sudah masuk dalam daftar rekomenndasi para travel agen untuk patut dikunjungi.  Begitu banyak potensi wisata lainnya di Flores yang patut masuk dalam daftar utama agenda liburan di daratan Flores. Pastikan ada banyak hal asyik dan tak terduga saat mejalaninya. Saat traveling itu, anda akan bertemu banyak orang dari beragam suku. Kadang anda juga akan bergelut melawan kecemasan saat melewati daratan yang berliku-liku.

Namun yang patut dicatat, sebelum Anda melalukan traveling,  bekali dengan ragam persiapan. Pasalnya risiko perjalanan tidak bisa ditebak. Jangan sampai perjalanan liburan menyenangkan yang Anda lakukan jadi mimpi buruk yang tidak diharapkan saat risiko terjadi. Tentunya, kita berharap semua itu tidak akan terjadi dan menimpa perjalanan yang Anda lakukan. Maknya pentingnyaa melakukan proteksi diri dengan asuransi jiwa, Asuransu kesehatan dan Asuransi kecelakaan.

Di setiap perjalanan yang Anda lakukan, ada risiko yang tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi sewaktu-waktu. Seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang bawaan, gangguan kondisi medis saat di tempat tujuan perjalanan, hingga terjadinya kecelakaan.

Saat ini banyak perusahaan Asuransi, menyediakan produk Asuransi perjalanan atau travel yang memberikan berbagai manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda ketika dalam perjalanan. Sebab, produk asuransi ini dikembangkan untuk memberikan Anda keamanan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan.

Dengan asuransi perjalanan, Anda akan memperoleh banyak manfaat untuk perlindungan dan kenyamanan di darat maupun di udara, menggunakan mobil, kapal pesiar, pesawat, jet, dan lainnya. Saatnya bijak mengelola perjalanan Anda agar bisa merasa aman dan nyaman. Segera ajukan asuransi perjalanan sebelum memulai liburan atau perjalanan dinas Anda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 22 November 2019 - 20:50 WIB

Sederet Strategi Pemerintah Pacu Investasi dan Daya Saing Industri

Pemerintah terus mendorong peningkatan investasi sektor industri di Tanah Air. Adapun jenis sektor-sektor manufaktur yang dibidik, antara lain industri yang menghasilkan produk substitusi impor,…

Projeck WSBP

Jumat, 22 November 2019 - 20:04 WIB

Proyek KLBM WSBP Dukung Program Strategis Nasional Pemerintah

Jakarta - Proyek Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) merupakan proyek nasional pemerintah untuk mempercepat akses transportasi di Pulau Jawa serta mendukung peningkatan dan pemerataan perekonomian…

PWI menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Jumat, 22 November 2019 - 19:07 WIB

Budi Karya Sumadi Usulkan Acara Puncak Hari Pers Nasional 2020 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Dengan sumber daya alam kalsel seperti penghasil Batubara seperti sawit dan berbagai potensi lainya, menurut Menhub akan berperan cukup vital bagi perekonomian di pusat pemerintahan nanti.

BRI adakan santripreneur

Jumat, 22 November 2019 - 17:39 WIB

BRI Gelar Santripreneur

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Yayasan Santripreneur Indonesia menggelar program Santripreneur, pelatihan kepada 350 Santri dan Santriwati di Yogyakarta,…

Pegadaian jalin kerjasama dengan Bank BTN

Jumat, 22 November 2019 - 17:11 WIB

Pegadaian Jalin Kerjasama dengan Bank BTN, Mudahkan Nasabah Dalam Layanan Pendaftaran Haji

PT Pegadaian (Persero) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) dalam rangka wujudkan sinergi bisnis antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN).