Segera Diuji Coba, LRT Jabodebek Miliki TKDN Capai 60 Persen

Oleh : Ridwan | Senin, 14 Oktober 2019 - 09:15 WIB

LRT Jabodebek
LRT Jabodebek

INDUSTRY.co.id - Depok - Menteri Perhubungan Budi Karya menuturkan penggunaan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) poyek lintas rel terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) mencapai 60 persen. 

Sebelum diujicoba pada 18 Oktober mendatang, berbagai persiapan terus dilakukan salah satunya proses pengangkatan gerbong (trainset) kereta pertama di Pitstop Stasiun Harjamukti Cimanggis Kota Depok. Budi bilang ke depannya akan ada 31 rangkaian  yang disediakan untuk mengangkut penumpang.

"Saat uji coba nanti kita akan turunkan enam trainset dulu. Ini adalah projek kedua kita setelah menggarap LRT di Palembang," ucap Budi saat uji coba LRT di Depok (13/10).

Proses uji coba moda transportasi modern tersebut dipastikan akan memakan waktu hingga satu tahun ke depan. Sedangkan operasional LRT secara normal ditargetkan di tahun 2021. 

Menhub Budi menyebutkan, proses pembangunan berjalan dengan baik hingga saat ini berkat koordinasi yang apik antara PT Adhikarya sebagai penunjang sarana dan PT INKA untuk pemenuhan Prasarana.

Selain itu, ia mengatakan untuk pendanaan proyek LRT Jabodebek menggunakan skema proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang melibatkan beberapa Kementerian seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

"Proses pembangunan jalur LRT mulai dari Rute Cawang- Cibubur rampung 85,7 persen, Cawang-Dukuh Atas 56,1 persen. Cawang-Bekasi Timur 59,5 persen," tutur dia.

Uji Coba sementara, masih menurut Budi, akan dilakukan selama satu bulan. Sejalan dengan melengkapi kekurangan seperti pengiriman rangkaian kereta secara bertahap hingga nantinya siap dioperasionalkan secara normal pada 2021.

"Jadi bertahap ya, mulai dari pemenuhan rangkaian kereta yang dikirim satu per satu tiap bulannya. Tarif telah disepakati Rp12 ribu, seharusnya Rp25 ribu namun disubsidi oleh pemerintah. Semua kita lakukan bertahap sampai satu tahun kedepan," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan meyakini dengan beroperasinya LRT mampu mengurangi kemacetan terutama di Ibu Kota DKI Jakarta. 

Digambarkan Luhut, ujicoba pertama akan dihadirkan enam rangkaian kereta, satu rangkaian mampu mengangkut kurang lebih 250 penumpang. 

"Sekali angkut (hitungan jam) kemungkinan bisa mencapai 1.500 penumpang tentunya, mampu mengurangi kemacetan di jalan (darat) dan menekan polusi udara juga. Lebih hebatnya lagi, pemenuhan ," jelas Luhut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…