Populasi Sapi Indonesia Meningkat 5 Juta Ekor

Oleh : Wiyanto | Jumat, 11 Oktober 2019 - 08:14 WIB

Mentan Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur
Mentan Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan sapi Indonesia menurut BPS mengalami peningkatan hampir 5 juta ekor sapi dalam periode tahun 2014 – 2019. Peningkatan populasi sapi yang ada saat ini diungkapkan tidak lepas dari penggunakan teknologi inseminasi buatan (IB) secara masif, yaitu dengan sistem perkawinan pada ternak sapi secara buatan.

“Perkembangan sapi kita pada saat awal pemerintahan Jokowi sesuai BPS itu populasinya 14 Juta, namun hari ini sapi kita sudah ada 18 juta ekor hampir 19 juta ekor. Ada kenaikan hampir 5 juta ekor” ungkap Amran pada Rapat Evaluasi UPSUS SIWAB tahun 2019 Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Rabu (10/10/19).“Insya Allah akhir tahun bisa 19 juta. Satu juta ekor per tahun kenaikannya” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Amran meminta agar beternak secara cerdas, misalnya ternak sapi limosin, dimana satu sapi Limosin setara dengan 3 atau 4 sapi lokal.

Melihat populasi yang meningkat pesat, Amran meminta anggaran ditambah untuk program Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting ini.

Pembangunan sub-sektor peternakan merupakan bagian dari pembangunan sektor pertanian, dimana sektor ini memiliki nilai strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat atas bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, dan peningkatan rata-rata pendapatan penduduk Indonesia dan taraf hidup petani, peternak dan nelayan.

Dalam kesempatan ini, Menteri Amran memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur sebagai pembina UPSUS SIWAB terbaik propinsi di Indonesia.

“Terima kasih semua pihak yang telah bersinergi atas prestasi ini. Terus kita tingkatkan dan kita tularkan kepada provinsi yang berminat,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sesaat setelah menerima penghargaan. Menurutnya peningkatan produktivitas ternak sapi di Jatim dilakukan dengan sistem perkawinan inseminasi buatan (IB). Data Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, hingga bulan September 2019, dari target 1.300.000 ekor sapi telah terealisasi 1.396.000 ekor sapi atau capaiannya 107%.

Gubernur Jatim mengatakan Jawa Timur berkontribusi 43 persen terhadap populasi nasional, atau setara 1,3 juta ekor dari program UPSUS SIWAB ( Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting). Kelahiran pedet (anak sapi) hingga September 2019 adalah 843.807 ekor dan yang lahir kembar 478 ekor sapi, yaitu 235 ekor dengan kelamin jantan dan 243 ekor betina dari 28 kabupaten empat kota dan yang paling banyak dari Kabupaten Tuban.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi Empat Pilar

Rabu, 19 Februari 2020 - 16:00 WIB

MPR RI-Kadin Indonesia Sepakat Sosialisasi Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan keterlibatan para pengusaha dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI yang berasal dari Empat Konsensus Dasar bangsa Indonesia, yakni Pancasila,…

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:58 WIB

RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) Isinya Bermuatan Pasal-Pasal Serampangan.

Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia Wilayah Jakarta (PBHI JAKARTA) menyatakan, RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) yang diinisiatori oleh Pemerintah dan sudah diserahkan ke DPR, belakangan ini menjadi…

SMSI-LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:54 WIB

SMSI-LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) yang didirikan oleh Dewan Pers sejak tahun 1988, siap bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) beranggotakan perusahaan-perusahaan pers online…

Ilustrasi serangan jantung

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:15 WIB

Salah Kaprah Mitos Tentang Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Ini Faktanya

Tahukah Anda? bahwa penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, berapapun umurnya, bahkan pada orang yang sudah menjaga pola konsumsi makanan, termasuk vegetarian. Berikut ini penjelasannya…

Tumpang sari kedelai dengan sawit

Rabu, 19 Februari 2020 - 14:56 WIB

2020,Kabupaten Pali Swasembada Benih Kedelai 2020

Petani Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) provinsi Sumatera Selatan berhasil mengembangkan tumpangsari antara kedelai dan tanaman sari. Gatot yang tergabung dalam kelompok tani Bina…