MKI: Knowledge & Information Hub for Electricity 4.0

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Oktober 2019 - 07:00 WIB

Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.
Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar Seminar dan Pameran Hari Listrik Nasional ke-74 (HLN ke-74) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Mengusung tema “Keberlanjutan Sektor Ketenagalistrikan dalam menghadapi Era Industri 4.0”, Seminar dan Pameran HLN ke-74 sangat sejalan dengan program pemerintah mempersiapkan sektor ketenagalistrikan untuk mendukung Industri 4.0.

Noesita Indriani, Ketua Panitia HLN ke-74, menjelaskan tiga sesi pleno yaitu; the Future of Power System in the Global Energy Transition, the Challenges and Impacts of Digital Technology in Power System and VRE Integration, the Challenges of Power System in the era of Industry 4.0 serta belasan parallel technical session; Distributed Power Generation, Industry 4.0 in Power Sector, Energy System Transition, Integration VRE, Mobility, Super Grid, New Energy Technology, Demand Response, Manufacturing dan Finance akan membantu menciptakan persepsi yang sama dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan para pengambil keputusan dan praktisi sektor ketenagalistrikan terkait aspek-aspek penting Listrik 4.0.

Hasil Seminar ini diyakini akan banyak memberi jawaban dan masukan untuk pemerintah yang sedang mempersiapkan Listrik 4.0 yang antara lain; Pengembangan Distributed Generation, Micro-grid & Distributed Storage, smart grid and battery/energy storage system dan sejumlah regulasi; Revisi Grid Code, regulasi terkait baterai/ESS dan regulasi terkait bisnis SPLU (Sarana Pengisian Listrik Umum) dan SPKLU (Sarana Pengisian Kendaraan Listrik Umum) untuk melengkapi Perpres mobil listrik yang sudah diterbitkan.

Beragam teknologi dan produk terkini terkait Listrik 4.0 dipamerkan selama Pameran HLN ke-74. Untuk kendaraan listrik akan ditampilkan Mobil listrik, Citroen Mehari, Bus TransJakarta, Mercedez Benz E300, Tesla Model 3. Selain itu, juga dipajang becak listrik, Skateboard, Otoped, Sepeda listrik; Torque Kit Hub, Seliged, sepeda LE-BUE dari Lombok, sepeda Basman, Sedangkan untuk sepeda motor ada Yamaha Fino, Vespa PX 150, BMW R27, Motor BFG Bintang dan Honda ST 70/Dax serta Gesit.

Tesla menyediakan layanan test drive, sedangkan Gesit menyediakan layanan test ride di JCC selama Pameran HLN ke-74.

Ini adalah ke-tujuh kalinya MKI menyelenggarakan kegiatan HLN, pada Pameran HLN ke-74 ini, sekitar 40% area pameran dialokasikan untuk mensosialisasi, mempromosikan dan mendorong listrik 4.0 oleh berbagai stakeholder terkait secara cuma-cuma. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh lebih 20 Perguruan Tinggi, Lembaga Riset, Asosiasi dan Institusi/pihak lainnya untuk meyampaikan pesan dan menginformasikan kegiatan terkait ketenagalistrikan.

Untuk itu Ketua Panitia HLN ke-74 mengharapkan agar event Knowledge & Information Hub for Electricity 4.0 dapat dimanfaatkan seluas luasnya oleh pelaku bisnis ketenagalistrikan, masyarakat umum dan media.

Iwan Supangkat, Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI), menyampaikan, melanjutkan Kegiatan Pengabdian Masyarakat MKI dalam rangka HLN ke-74 yaitu bantuan dana untuk penyambungan listrik untuk sekitar 150 rumah di Propinsi NTT, Papua dan Papua Barat, maka pada tiga hari penyelenggaraan Seminar dan Pameran HLN ke-74, MKI mengajak corporate, institusi dan masyarakat umum untuk berpartisipasi menuntaskan program 100% elektrifikasi melalui peggalangan dana sambungan listrik rumah untuk kawasan 3T (Terjauh, Terdepan, Tertinggal) dengan besaran biaya Rp 747.000/rumah.

Ketua Umum MKI juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung penyelenggaraan HLN ke-74 yaitu dukungan dari Corporate Sponsor; PLN, SSP Holdings, PERTAMINA, Mitsubishi Hitachi Power Systems (MHPS), Wijaya Karya (WIKA), Wartsila, Bukit Asam dan sejumlah Media Partner; CNN Indonesia, Majalah Tambang, Majalah OG Indonesia, dan Petromindo.com.

Tentang Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI)

MKI didirikan pada tahun 1998 sebagai forum untuk komunikasi, koordinasi, dan konsultasi semua pemangku kepentingan di sektor tenaga listrik Indonesia. MKI adalah organisasi nirlaba dan secara aktif terlibat dalam merumuskan opini dan ide tentang bagaimana mengembangkan dan memperluas sektor kelistrikan di Indonesia, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk menciptakan sistem yang seutuhnya mandiri yang dicirikan oleh motto "Lebih Terang, Lebih Kuat, Terjangkau dan Tersebar”. Anggota MKI berasal dari seluruh mata rantai industri tenaga listrik.

Tentang Hari Listrik Nasional (HLN)

Sejarah tenaga listrik di Indonesia mengalir seiring dengan gelombang perjuangan rakyat. 27 Oktober 1945, kemudian dikenal sebagai Hari Listrik dan Gas, dan diperingati untuk pertama kalinya pada 27 Oktober 1946, di Gedung Badan Pekerja Komite Nasional (“BPKNP”), Yogyakarta. Mengingat pentingnya listrik, berdasarkan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 1134.K / 43.PE / 1992, tanggal 31 Agustus 1992, tanggal 27 Oktober dinyatakan sebagai Hari Listrik Nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

Senin, 09 Desember 2019 - 15:46 WIB

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), atau BGR Logistics yang merupakan Badan Usaha Milik Negara penyedia jasa logistik di Indonesia selenggarakan prosesi peletakan batu pertama untuk revitalisasi…

Gedung Kementerian Pertanian

Senin, 09 Desember 2019 - 15:34 WIB

Soal Gugatan Kementan kepada Tempo, Pengamat: Ini Tak Ada Kaitannya dengan Mantan Mentan Amran

Jakarta - Sidang gugatan perdata yang diajukan Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap majalah Tempo ditunda. Hal itu karena berkas administrasi para pihak belum lengkap.

vivo Y19

Senin, 09 Desember 2019 - 12:50 WIB

Andalkan Baterai Besar, vivo Y19 Telah Tersedia di Pasar Indonesia

Mengusung rangkaian fitur unggulan seperti kapasitas memori 6GB RAM dan 128GB ROM, baterai super besar 5000 mAh dengan fitur Dual-Engine Fast Charging (18W), layar luas 6.53” FHD+ Ultra All…

Midea Perkenalkan MFD180

Senin, 09 Desember 2019 - 12:24 WIB

Fokus Garap Segmen Laundry Commercial, Midea Perkenalkan MFD180

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis dibidang jasa laundry dan binatu, Midea mulai memusatkan lini produknya dengan memperkenalkan produk mesin cuci front load berkapasitas besar…

Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 09 Desember 2019 - 12:06 WIB

Pelaku Usaha Diajak Lipat Gandakan Ekspor Pangan

Surabaya -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kinerja eksportasi PT Japfa Comfeed Indonesia TBK (JFPA) yang telah mampu mencatat nilai lebih dari Rp. 500 milyar di penghujung…