Rich Brian, Kisah Anak Pemilik Kafe yang Jadi Rapper Hip Hop Kelas Dunia Berkat Youtube

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 06 Oktober 2019 - 09:08 WIB

Rich Brian Awali Karir dari Cover Lagu Rap, Kini Jadi Rapper Sukses
Rich Brian Awali Karir dari Cover Lagu Rap, Kini Jadi Rapper Sukses

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menjadi seorang musisi yang memfokuskan kariernya sebagai rapper Hip Hop adalah pilihan Rich Brian. Anak muda berbakat  asal Indonesia ini justru sukses di luar negeri. Meski umurnya masih sangat muda dan belum lama terjun sebagai musisi, tapi Rich Brian patut diacungi jempol karena karya-karyanya sudah terkenal dan mendunia.

Awalnya ia tidak mengetahui lagu hip hop. Namun dari pertemanan yang berada di komunitas Twitter Amerika Serikat, ia mengenal deretan lagu hip hop. Setelah mendengarkan berkali-kali, dari situlah ia mulai tertarik dengan lagu hip hop dan mulai belajar nge-rap secara otodidak.

Bermodal  kemampuan nge-rapnya sudah mumpuni dan Bahasa Inggrisnya yang sangat fasih, Brian baru percaya diri mengcover lagu-lagu hip hop. Lagu pertama yang ia cover adalah ‘Thrift Shop’ dari Chainz and Macklemore. Brian juga memberanikan diri untuk mengunggah hasil cover lagunya di akun Youtubenya yang diberi nama Rich Brian.

Hingga akhirnya, Brian merilis sebuah lagu pertamanya ‘Living Dream’ pada 17 Juli 2015 di akun Youtube pribadinya yang kini sudah memiliki 1,53 juta subscriber. Lagu tersebut merupakan hasil karya sendiri yang menceritakan dirinya yang ingin sukses dan berhasil dengan timnya.

Kemampuannya mengeksplore diri, membuat ia  banyak belajar sendiri dengan memanfaatkan komputer milik orang tuanya. Ia membuka Youtube untuk mencari berbagai macam video strategi menyelesaikan rubrik dengan sangat cepat. Brian juga belajar Bahasa Inggris sendiri dengan menonton berbagai video hingga mendengarkan lagu-lagu.

Dari Youtube Brian banyak belajar membuat video-video dark-comedy Amerika yang ia posting di akun twitternya saat usianya masih 11 tahun. Hasil buatan videonya tersebut memang banyak dilihat orang, tapi sayangnya saat itu, belum banyak orang yang mengenali dirinya.

Rapper yang memiliki nama asli Brian Imanuel Soewarano ini lahir di Jakarta pada 3 September 1999. Ia anak bungsu dari empat bersaudara dari pasangan Megawati Purnomo dan Heru. Kedua orang tuanya merupakan pemilik kafe ninotchka yang berlokasi di Jakarta. Hal ini membuat kedua orang tua Brian menjadi sibuk dan lebih sering menghabiskan waktu untuk mengelola kafenya tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…