Fadel Muhammad Terpilih Jadi Pimpinan MPR dari Unsur DPD RI

Oleh : Herry Barus | Kamis, 03 Oktober 2019 - 14:00 WIB

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Fadel Muhammad menjadi Pimpinan MPR dari unsur DPD RI dalam Rapat Kelompok DPD RI. Fadel mengalahkan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Dedi Iskandar Batubara dalam pemilihan sistem voting yang digelar di Nusantara V, Kompleks Parlemen (2/10/2019) malam.

"Maka dengan persetujuan menyatakan Saudara Fadel Muhammad sebagai pimpinan MPR RI untuk unsur DPD RI. Apakah disetujui?" kata pimpinan rapat Abraham Liyanto yang dijawab setuju oleh para anggota DPD.

Fadel memperoleh suara terbanyak melalui voting setelah tidak menemukan kesepakatan dalam musyawarah mufakat untuk menentukan siapa yang menjadi Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI. Dalam pemilihan melalui voting tersebut, Fadel Muhammad memperoleh 59 suar. Sementara GKR Hemas di posisi kedua (46 suara), ketiga, Yorrys Raweyai (16) dan keempat, Dedi Iskandar Batubara (5).

Saat menyampaikan visi misinya, Fadel Muhammad berbicara mengenai amandemen UUD 1945 untuk tujuan penguatan DPD RI. Melalui penguatan tersebut, DPD RI dapat semakin kuat  melaksanakan fungsinya sebagai wakil daerah yang memperjuangkan aspirasi daerah.

“Saya menyadari untuk membuat amandemen UUD 1945 tidak mudah. Tetapi saya menginginkan DPD lebih berfungsi, lebih mendapatkan peran yang besar. Saya akan berjuang mati-matian agar dana transfer daerah sebesar Rp800T harus menjadi keputusan atau pegangan dari DPD. Jika kita ke daerah, kita bisa membawa sesuatu,” tegasnya.

Fadel sebagai Senator dari Provinsi Gorontalo ini juga berharap agar DPD RI mendapatkan pucuk pimpinan MPR RI. Dirinya beranggapan sebagai fraksi dengan jumlah terbesar, Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI harus memperoleh posisi sebagai Ketua MPR. Hal tersebut diyakini dapat memudahkan perjuangan DPD RI dalam mensejahterakan daerah.

“Kita harus memilih Pimpinan MPR dari fraksi dengan jumlah yang terbesar. Saya akan memperjuangan dari DPD menjadi ketua MPR,” ujar Fadel.

Seperti pemilihan Pimpinan DPD RI, pemilihan Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI dilakukan melalui unsur keterwakilan dari empat sub wilayah. Fadel Muhammad berasal dari Wilayah Timur I, Yorrys Raweyai (Timur II), Dedi Iskandar Batubara (Barat I), dan GKR Hemas (Barat II)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Let Jen Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Penanganan Cofid 19

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:08 WIB

Ketua Gugas Cofid 19 Sampaikan Akan Buka 9 Sektor Ekonomi di 102 Kab/Kota

Pemerintah telah memulai tahapan rencana pembukaan sembilan sektor ekonomi dan penetapan 102 Kabupaten/Kota untuk pelaksanaan program masyarakat produktif dan aman Covid-19. Kesembilan sektor…

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:05 WIB

Blibli Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

Sejak COVID-19 merebak di Indonesia, Blibli telah menjalankan berbagai inisiatif untuk menopang beragam industri di tanah air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka. Memasuki…

Musisi Ote Abadi ( kiri), Profesor Djoko gunawan (akademisi), Gus Nuh (Pelukis), Al Hakim Al Hadhy, SSR,ME (akademisi) dan Koko (GSUI)

Jumat, 05 Juni 2020 - 12:03 WIB

Lewat GSUI, Pelukis, Musisi dan Akademisi Sumbang Karya Demi Atasi Dampak Pandemi Cofid19

Semakin hari dampak pandemi Cofid19 semakin dirasakan oleh masyarakat. Banyak yang kehilangan penghasilan karena harus mengalami PHK, banyak juga yang penghasilannya berkurang jauh karena bekerja…

Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:49 WIB

PP Properti Sisihkan Rp34,2 Miliar dari Laba Bersih 2019 untuk Dividen

PT PP Properti Tbk (PPRO), pengembang properti terkemuka di Indonesia, telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2019 pada Rabu (03/06/2020) di Plaza PP,…

Viral kisah cinta petugas PPSU DKI Jakarta dengan bule cantik asal Austria. Foto: instagram @awanzha_arzum/walipop.detikcom

Jumat, 05 Juni 2020 - 11:31 WIB

Bule Cantik Dinikahi Petugas Kebersihan DKI Jakarta

Jakarta- Kisah cinta beda negara antara petugas PPSU (Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum) DKI Jakarta dengan seorang bule cantik ini benar benar terjadi.