Fadel Muhammad Terpilih Jadi Pimpinan MPR dari Unsur DPD RI

Oleh : Herry Barus | Kamis, 03 Oktober 2019 - 14:00 WIB

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

INDUSTRY.co.id - Jakarta –Fadel Muhammad menjadi Pimpinan MPR dari unsur DPD RI dalam Rapat Kelompok DPD RI. Fadel mengalahkan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Dedi Iskandar Batubara dalam pemilihan sistem voting yang digelar di Nusantara V, Kompleks Parlemen (2/10/2019) malam.

"Maka dengan persetujuan menyatakan Saudara Fadel Muhammad sebagai pimpinan MPR RI untuk unsur DPD RI. Apakah disetujui?" kata pimpinan rapat Abraham Liyanto yang dijawab setuju oleh para anggota DPD.

Fadel memperoleh suara terbanyak melalui voting setelah tidak menemukan kesepakatan dalam musyawarah mufakat untuk menentukan siapa yang menjadi Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI. Dalam pemilihan melalui voting tersebut, Fadel Muhammad memperoleh 59 suar. Sementara GKR Hemas di posisi kedua (46 suara), ketiga, Yorrys Raweyai (16) dan keempat, Dedi Iskandar Batubara (5).

Saat menyampaikan visi misinya, Fadel Muhammad berbicara mengenai amandemen UUD 1945 untuk tujuan penguatan DPD RI. Melalui penguatan tersebut, DPD RI dapat semakin kuat  melaksanakan fungsinya sebagai wakil daerah yang memperjuangkan aspirasi daerah.

“Saya menyadari untuk membuat amandemen UUD 1945 tidak mudah. Tetapi saya menginginkan DPD lebih berfungsi, lebih mendapatkan peran yang besar. Saya akan berjuang mati-matian agar dana transfer daerah sebesar Rp800T harus menjadi keputusan atau pegangan dari DPD. Jika kita ke daerah, kita bisa membawa sesuatu,” tegasnya.

Fadel sebagai Senator dari Provinsi Gorontalo ini juga berharap agar DPD RI mendapatkan pucuk pimpinan MPR RI. Dirinya beranggapan sebagai fraksi dengan jumlah terbesar, Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI harus memperoleh posisi sebagai Ketua MPR. Hal tersebut diyakini dapat memudahkan perjuangan DPD RI dalam mensejahterakan daerah.

“Kita harus memilih Pimpinan MPR dari fraksi dengan jumlah yang terbesar. Saya akan memperjuangan dari DPD menjadi ketua MPR,” ujar Fadel.

Seperti pemilihan Pimpinan DPD RI, pemilihan Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI dilakukan melalui unsur keterwakilan dari empat sub wilayah. Fadel Muhammad berasal dari Wilayah Timur I, Yorrys Raweyai (Timur II), Dedi Iskandar Batubara (Barat I), dan GKR Hemas (Barat II)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…

Lion Parcel

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:54 WIB

Selama Ramadan dan Lebaran 2022, Lion Parcel Catat Peningkatan Volume Pengiriman hingga 30 Persen

Peningkatan volume pengiriman tersebut selain dapat menjadi indikator makin berputarnya roda perekonomian di Tanah Air, juga membuktikan bahwa preferensi dan kepercayaan masyarakat yang kian…