Tanpa Royalty Fee, KOPI 98 Tawarkan Konsep Kemitraan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 September 2019 - 18:16 WIB

Kedai Kopi 98
Kedai Kopi 98

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Bisnis minuman berbahan dasar kopi terus tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Saat ini kita dapat dengan mudah menemui kedai kopi atau bahasa gaulnya 'coffee shop' atau hanya gerobakan (booth) kecil disetiap jalan yang kita lalui, mall serta gedung perkantoran (office tower).

Bicara konsep pun sangat bervariatif, mulai dari minum di tempat (dine in) hingga dapat dibawa pulang (take away) alias 'coffee to go'.

"Banyak kedai kopi bermunculan, tapi banyak pula yang mati di tengah jalan karena salah membaca pasar, lokasi dan sekedar punya-punyaan saja," kata Heriyono Nayottama, pemilik dari kedai KOPI 98 di Tangerang Selatan, Jumat (20/9/2019).

Menurut Heriyono, perlu perhitungan yang matang sebelum membuka sebuah kedai kopi. "Besar kecilnya modal harus dihitung dengan detail, karena ini menyangkut investasi (uang) yang kita keluarkan," jelas Heriyono.

Kata Heriyono, KOPI 98 membidik segmentasi semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga keluarga. "Kami siap melebarkan sayap melalui konsep kemitraan (waralaba). Kami optimistis konsep yang kami tawarkan akan diterima pasar," terang Heriyono.

Penjelasan dia, KOPI 98 menawarkan dua konsep kerjasama bagi calon mitra yang ingin bergabung, yakni konsep KOPI 98 dan konsep TANDA CINTA. “Semua itu tidak dikenakan biaya royalty fee,” ucap Heriyono.

Konsep KOPI 98 ditawarkan dengan kisaran investasi sebesar Rp 600 juta – Rp 1 miliar tergantung luas area yang tersedia. Sementara konsep TANDA CINTA, ditawarkan dengan kisaran investasi sebesar Rp 40 juta – Rp 70 jutaan. “Nilai investasi itu d iluar dari harga sewa lokasi,” paparnya.

Heriyono menjelaskan, konsep KOPI 98 harus menempati lokasi dengan luas minimal 60 m2 hingga 200 m2. “Kalau TANDA CINTA, lokasi tidak perlu besar. Karena berkonsep booth saja,” terangnya.

"Kami coba menawarkan sesuatu yang unik. Ibarat kata, kami ingin menawarkan konsep yang berkelas tanpa si calon mitra menguras isi kantong hanya untuk membuka sebuah kedai kopi," ungkap Heriyono.

Heriyono mengatakan, cukup bersahabat untuk harga jual per gelasnya, karena untuk dapat menikmati segelas kopi di coffee shop saat ini tidak harus mahal. “Murah bukan berarti kami tidak mengutamakan kualitas dari bahan dasar minuman di KOPI 98,” tegasnya.

Kedai kopi dengan tagline ‘BILA RASA YANG UTAMA’ ini pertama kali membuka kedainya di area yang cukup strategis dan tergolong ramai yaitu di wilayah Graha Raya, Bintaro, Tangerang Selatan.

Dijual dengan harga per gelasnya dikisaran Rp 15.000-an, KOPI 98 di Graha Raya ini menampilkan desain interior ruangan dan nama menu minuman bernuansa nasionalisme dengan menyuguhkan beragam menu kopi yang menyegarkan dan menjadi andalannya seperti Es Kopi 98, Es Kopi Aktivis, Es Kopi Reformasi, Es Kopi Demonstran, Es Kopi Ibu Pertiwi, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk minuman non kopi, KOPI 98 menyuguhkan menu Bubble Pearl Milk Tea, Lychee Tea, Gree Tea, Strawberry Latte, Red Velvet Latte, dan lainnya. Bagi pecinta kooi yang beniat untuk bergabung dibisnisnya, Heriyono mempersilahkan bergabung dengan menghubungi melalui pesan whats app di nomor 0811186844.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…