UBSI Gelar Seminar Motivasi (Semot) 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 September 2019 - 06:00 WIB

UBSI Gelar Seminar Motivasi (Semot) 2019
UBSI Gelar Seminar Motivasi (Semot) 2019

INDUSTRY.co.id - Bekasi-Masa-masa awal penerimaan mahasiswa baru (Maba) di kampus-kampus di Indonesia biasanya dimulai acara Orientasi Mahasiswa Baru.

Upaya yang dilakukan oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) diberi nama Orientasi Akademik (Ormik) yang diselenggarakan di seluruh kampus UBSI serta Seminar Motivasi (Semot) yang diselenggarakan di BSI Convention Center, Kaliabang, Bekasi. Ahad (15/09).

Menurut rektor UBSI Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd mengatakan, kampus UBSI mendesain konsep baru dalam proses menerima mhs baru.

"Kuliah itu harus happy harus enjoy, jangan jadi tekanan," kata Rektor UBSI pada sambutannya di depan seluruh mahasiswa baru UBSI 2019.

Ia juga melarang kakak tingkat di UBSI melakukan hal-hal perudungan, baik saat masa-masa awal perkuliahan atau saat proses perkuliahan yang nantinya berlangsung di UBSI.

"Mereka harusnya diberikan motivasi dan semangat untuk memulai perkuliahan awal mereka, bukan malah dibuat proses yg aneh-aneh. Maka dari itu UBSI menyelenggarakan Semot ini" lanjutnya.

Semot kali ini dibuka dengan penampilan dari paduan suara mahasiswa (PSM) UBSI, hingga membuat maba UBSI  lebih antusias. Lalu acara dilanjutkan dengan materi seminar motivasi yang disampaikan oleh pembicara yang hadir dalam semot, yakni Aan Rahman dan Youtuber dari channel 'Garasidrift' yakni Ziko dan Dipo.

"Sekarang, generasi milenial dan gen Z, lebih memilih profesi sebagai seorang Youtuber. Itu karena banyaknya profesi baru yang muncul di era generasi milenial dan generasi Z saat ini" kata Aan.

Aan juga menambahkan bahwa motivasi untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu harus terus dipegang teguh oleh para mahasiswa baru yang hadir pada semot kali ini agar semangatnya tidak turun saat proses perkulihan nantinya.

Sementara youtuber dari Garasidrift memberi motivasi agar mahasiswa lebih aktif dalam kegiatan di kampus.

"Usia produktif harusnya diisi juga dengan kegiatan yang lebih produktif. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu," katanya.

Mahasiswa Kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang) merupakan sebutan bagi mahasiswa yang tidak aktif, setelah kuliah mereka langsung pulang.Terlebih bagi seorang mahasiswa bagi Dipo, tidak menjadi sebuah keterbatasan dalam memulai sesuatu.

"Jangan pernah meremehkan diri sendiri, keterbatasan bukan menjadi halangan. Lakukan saja," kata Dipo saat menyampaikan pengalamannya menjadi youtuber.

Mereka berdua dihadirkan, untuk memotivasi mahasiswa baru UBSI agar bisa berkarya, di usia produktif mereka. Seperti Ziko dan Dipo yang sukses menjadi youtuber walau masih melanjutkan kuliahnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.