Selamatkan Industri TPT, Kemenperin Minta Pengusaha Duduk Bersama

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 September 2019 - 07:05 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri hulu Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) terus menerus ditekan produk impor dari China. Dampak serbuan produk impor tersebut berimbas pada penjualan hingga menumpuknya stok yang mempengaruhi pada arus kas perusahaan seperti yang terjadi di Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menilai langkah penyelamatan terhadap industri hulu dapat dilakukan dengan harmonisasi di kalangan pengusaha.

Menurut Sigit, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan industri hulu TPT diantaranya dengan menerapkan kebijakan anti-dumping dan safeguard atau tarif bea impor tambahan.

Namun, tambah Sigit, upaya penyelamatan tersebut perlu dipertimbangkan secara cermat. Jangan sampai kebijakan penyelamatan justru mengganggu sektor hilir TPT.

"Mereka (pengusaha) harus duduk bersama. Kalau di hulu minta anti-dumping, hilir pasti teriak karena mereka beli barang lebih mahal dari luar, disatu sisi impor dibatasi. Ya, harus harmonisasi hulu sampai hilir," kata Sigit di Jakarta (2/9).

Dijelaskan Sigit, pembicaraan antar sektor untuk harmonisasi sudah dilakukan. Namun, pembicaraan tersebut belum sampai pada keluarnya sebuab kebijakan atau aturan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, investasi untuk membantu industri TPT datang dari peluang perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS). Menurut Sigit, China berniat untuk berinvestasi karena mengalami kerugian akibat perang dagang tersebut.

"Banyak (yang ingin masuk), dengan perang dagang ini China mengalami kerugian besar. Mereka ada keinginan untuk beralih, salah satunya Indonesia. Di Bandung juga sudah ada yang masuk untuk sektor dyeing (pencelupan warna)," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:30 WIB

Resmi Gelar Topping Off Tower B, Apartemen Emerald Bintaro Yakinkan Millenials Pasti Bisa Beli Hunia Ideal

Perkembangan zaman, teknologi, dan gaya hidup ternyata mempengaruhi kemampuan generasi millennials untuk memiliki hunian. Banyak pakar memperkirakan bahwa millennials akan mengalami kesulitan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gandeng Setneg dan Barokah Syariah Properti terkait Pembiayaan Perumahan

Jakarta - BNI Syariah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg) dan PT Barokah Syariah Properti terkait pembiayaan pemilikan rumah…

Lukisan Liu Hsin Ying Taiwan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Empat Pelukis Wanita Taiwan Pamerkan Lukisan di WTC 2 Jakarta

Ethereal Minds memberi penghormatan pada karya-karya 4 (empat) seniman kontemporer Taiwan; Yang Yi Shiang, Liu Hsin Ying, Huang Chia Ning dan Wang Liang Yin. Istilah kecantikan Ethereal secara…

United Tractors

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:26 WIB

United Tractors Gelar Kompetisi SOBAT

PT United Tractors Tbk (UT) menciptakan generasi muda yang siap bekerja, mandiri dan berkarakter melalui program Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT). SOBAT merupakan program yang dilakukan…

ManageEngine

Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:37 WIB

ManageEngine Ambil Pendekatan Holistik Keamanan Akses Istimewa untuk TI Enterprise

PAM360 Menyediakan Pengelolaan Akan Hak Akses Istimewa, Korelasi Data Akses Istimewa dengan Platform-platform Pengelolaan TI Lainnya