Selamatkan Industri TPT, Kemenperin Minta Pengusaha Duduk Bersama

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 September 2019 - 07:05 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri hulu Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) terus menerus ditekan produk impor dari China. Dampak serbuan produk impor tersebut berimbas pada penjualan hingga menumpuknya stok yang mempengaruhi pada arus kas perusahaan seperti yang terjadi di Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menilai langkah penyelamatan terhadap industri hulu dapat dilakukan dengan harmonisasi di kalangan pengusaha.

Menurut Sigit, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan industri hulu TPT diantaranya dengan menerapkan kebijakan anti-dumping dan safeguard atau tarif bea impor tambahan.

Namun, tambah Sigit, upaya penyelamatan tersebut perlu dipertimbangkan secara cermat. Jangan sampai kebijakan penyelamatan justru mengganggu sektor hilir TPT.

"Mereka (pengusaha) harus duduk bersama. Kalau di hulu minta anti-dumping, hilir pasti teriak karena mereka beli barang lebih mahal dari luar, disatu sisi impor dibatasi. Ya, harus harmonisasi hulu sampai hilir," kata Sigit di Jakarta (2/9).

Dijelaskan Sigit, pembicaraan antar sektor untuk harmonisasi sudah dilakukan. Namun, pembicaraan tersebut belum sampai pada keluarnya sebuab kebijakan atau aturan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, investasi untuk membantu industri TPT datang dari peluang perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS). Menurut Sigit, China berniat untuk berinvestasi karena mengalami kerugian akibat perang dagang tersebut.

"Banyak (yang ingin masuk), dengan perang dagang ini China mengalami kerugian besar. Mereka ada keinginan untuk beralih, salah satunya Indonesia. Di Bandung juga sudah ada yang masuk untuk sektor dyeing (pencelupan warna)," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GSP

Kamis, 20 Februari 2020 - 01:01 WIB

Datangi Amerika, Indonesia Pertahankan Fasilitas Sistem Tarif Preferensial Umum (GSP) Produk Ekspor

Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto menyatakan bahwa Indonesia terus berkomitmen untuk mempertahankan fasilitas sistem tarif preferensial umum (Generalized System of Preference/GSP) bagi…

Menteri Teten usai menerima CEO PT Global Dairi Alami (PT GDA) Ihsan Mulia Putri, di Jakarta, Rabu (19/2).

Kamis, 20 Februari 2020 - 00:31 WIB

Menkop Akan Patahkan Dominasi Susu Impor

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, pihaknya akan mematahkan dominasi produk impor susu dalam memenuhi kebutuhan susu nasional.

Larangan untuk mendonorkan dan memperjualbelikan sperma

Kamis, 20 Februari 2020 - 00:19 WIB

Idih! Ada Larangan Jual Beli Sperma dalam RUU Ketahanan Keluarga

RUU Ketahanan Keluarga mengatur kewajiban dan hak suami-istri dalam kehidupan perkawinan. Bahkan RUU itu mengatur secara khusus tentang perasaan.

Bank Danamon Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Februari 2020 - 23:46 WIB

Sejak 1956, PT Bank Danamon Indonesia Tbk Terus Catatkan Pertumbuhan

PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956 terus menunjukkan tata kelola bank yang baik. Hal ini tercermin dari hasil laporan keuangan yang dirilis pada hari ini Rabu (19/2/2020)…

Bank Danamon

Rabu, 19 Februari 2020 - 23:02 WIB

Bank Danamon Raup Laba Bersih Rp 4,07 Triliun

PT Bank Danamon Indonesia Tbk hari ini Rabu, (19/2/2020) merilis laporan keuangan untuk tahun 2019. Dalam laporannya, Bank Danamon membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp 4,07…