Selamatkan Industri TPT, Kemenperin Minta Pengusaha Duduk Bersama

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 September 2019 - 07:05 WIB

Industri Tekstil
Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri hulu Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) terus menerus ditekan produk impor dari China. Dampak serbuan produk impor tersebut berimbas pada penjualan hingga menumpuknya stok yang mempengaruhi pada arus kas perusahaan seperti yang terjadi di Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menilai langkah penyelamatan terhadap industri hulu dapat dilakukan dengan harmonisasi di kalangan pengusaha.

Menurut Sigit, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan industri hulu TPT diantaranya dengan menerapkan kebijakan anti-dumping dan safeguard atau tarif bea impor tambahan.

Namun, tambah Sigit, upaya penyelamatan tersebut perlu dipertimbangkan secara cermat. Jangan sampai kebijakan penyelamatan justru mengganggu sektor hilir TPT.

"Mereka (pengusaha) harus duduk bersama. Kalau di hulu minta anti-dumping, hilir pasti teriak karena mereka beli barang lebih mahal dari luar, disatu sisi impor dibatasi. Ya, harus harmonisasi hulu sampai hilir," kata Sigit di Jakarta (2/9).

Dijelaskan Sigit, pembicaraan antar sektor untuk harmonisasi sudah dilakukan. Namun, pembicaraan tersebut belum sampai pada keluarnya sebuab kebijakan atau aturan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, investasi untuk membantu industri TPT datang dari peluang perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS). Menurut Sigit, China berniat untuk berinvestasi karena mengalami kerugian akibat perang dagang tersebut.

"Banyak (yang ingin masuk), dengan perang dagang ini China mengalami kerugian besar. Mereka ada keinginan untuk beralih, salah satunya Indonesia. Di Bandung juga sudah ada yang masuk untuk sektor dyeing (pencelupan warna)," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…