Penjualan Produk Marmer Turun Dampak Lesunya Sektor Properti

Oleh : Ridwan | Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:03 WIB

Marmer Batu Aalam
Marmer Batu Aalam

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penjualan produk marmer dan batu alam di dalam negeri mengalami penurunan di tahun ini. Penurunan tersebut merupakan imbas dari lesunya sektor properti.

Sebagaimana diketahui, produk marmer dan batu alam ini banyak digunakan untuk perumahan atau unit properti lain seperti apartemen. Oleh sebab itu, melambatnya pertumbuhan sektor properti juga turut dirasakan oleh industri marmer dan baru alam, salah satunya dirasakan oleh PT Fajar Gelora Inti atau yang dikenal dengan merek dagang Fagetti.

Presiden Direktur Faggeti, Ferdinand Gumanti mengatakan, imbas lesunnya industri properti ini penjualan marmer dan batu alam ini mengalami penurunan hingga 30 persen pada tahun ini.

"Presentase turun (penjualan) 30 persen tahun ini. Jadi sebenarnya properti lesu bisanya rumah tinggal stagnan. Investsor itu atau pemilik kerjannya agak slow, begitu slow dia ada waktu punya uang Faggeti bisanya. Begitu (penjualan) ritel naik properti (turun)," kata dia di Jakarta (21/8).

Ferdinand juga menjelaskan, turunnya penjualan ini merupakan siklus lima tahunan karena adannya pemilihan umum dan pemilihan presiden (pilpres). 

Menurutnya, begitu musim Pemilu dan Pilpres berakhir biasannya industri properti kembali rebound yang diikuti oleh indsutri lainnya termasuk marmer dan juga batu alam.

"Siklus lima tahun sekali selalu turun. Karena dengan tahun politik lihat perkembangannya. Tahun depan properti lagi ramai," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Senin, 16 September 2019 - 12:00 WIB

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…