Penjualan Produk Marmer Turun Dampak Lesunya Sektor Properti

Oleh : Ridwan | Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:03 WIB

Marmer Batu Aalam
Marmer Batu Aalam

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penjualan produk marmer dan batu alam di dalam negeri mengalami penurunan di tahun ini. Penurunan tersebut merupakan imbas dari lesunya sektor properti.

Sebagaimana diketahui, produk marmer dan batu alam ini banyak digunakan untuk perumahan atau unit properti lain seperti apartemen. Oleh sebab itu, melambatnya pertumbuhan sektor properti juga turut dirasakan oleh industri marmer dan baru alam, salah satunya dirasakan oleh PT Fajar Gelora Inti atau yang dikenal dengan merek dagang Fagetti.

Presiden Direktur Faggeti, Ferdinand Gumanti mengatakan, imbas lesunnya industri properti ini penjualan marmer dan batu alam ini mengalami penurunan hingga 30 persen pada tahun ini.

"Presentase turun (penjualan) 30 persen tahun ini. Jadi sebenarnya properti lesu bisanya rumah tinggal stagnan. Investsor itu atau pemilik kerjannya agak slow, begitu slow dia ada waktu punya uang Faggeti bisanya. Begitu (penjualan) ritel naik properti (turun)," kata dia di Jakarta (21/8).

Ferdinand juga menjelaskan, turunnya penjualan ini merupakan siklus lima tahunan karena adannya pemilihan umum dan pemilihan presiden (pilpres). 

Menurutnya, begitu musim Pemilu dan Pilpres berakhir biasannya industri properti kembali rebound yang diikuti oleh indsutri lainnya termasuk marmer dan juga batu alam.

"Siklus lima tahun sekali selalu turun. Karena dengan tahun politik lihat perkembangannya. Tahun depan properti lagi ramai," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…