IPO Perusahaan UKM Tingkatkan Akses Keuangan

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:16 WIB

Ilustrasi (Foto/Doc OPMS)
Ilustrasi (Foto/Doc OPMS)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA – Saham perusahaan usaha kecil dan menengah (UKM) yang melantai di bursa melalui Initial Public Offering (IPO), dapat dijadikan incaran investor. Hal ini didukung potensi bisnis perusahaan yang masih lebar untuk berkembang seiring adanya akses UKM memperoleh dana segar dari IPO untuk mengembangkan kapasitas bisnisnya.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital, Alfred Nainggolan mengatakan perusahaan kelas menengah merupakan perusahaan yang dinilai lebih membutuhkan pendanaan. “Pengusaha UKM ini butuh dana segar untuk dapat mengembangkan bisnisnya, dimana mayoritas mereka memilki potensi bisnis yang bagus,” tutur Alfred.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 53/POJK.04/2017, perusahaan kategori kecil adalah yang memiliki total aset kurang dari Rp50 miliar, sedangkan kategori menengah memiliki total aset antara Rp50 miliar hingga Rp250 miliar. Saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62,92 juta unit usaha atau 99,92% dari total unit usaha di dalam negeri. Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60% serta penyerapan tenaga kerja 116,73 juta orang atau 97,02% dari total angkatan kerja yang bekerja.*

Pada tahun ini hingga pertengahan Juli 2019, sudah 32 perusahaan yang melakukan IPO dan masih terdapat 16 perusahaan yang masih antri sebagai calon emiten baru dalam waktu dekat. PT Optima Prima Metal Sinergi (OPMS), perusahaan pioneer besi scrap kapal bekas terbesar di Indonesia, asal Surabaya, bakal IPO dalam waktu dekat ini, dan akan tercatat di sektor industri dasar. Alfred menambahkan calon investor yang ingin memburu saham IPO perusahaan UKM harus memperhatikan tujuan penggunaan dana IPO.

"Jika dana hasil IPO perusahaan UKM nantinya digunakan untuk pengembangan usaha atau ekspansi, itu sangat bagus, sehingga patut menjadi incaran para investor,” tuturnya. Selain itu, Alfred melanjutkan, perhatikan potensi bisnis dari perusahaan UKM yang akan IPO tersebut. Dia menilai prospek OPMS kedepannya cukup bagus mengingat perusahaan ini pioneer di bidang besi scrap kapal bekas di Indonesia. 

“Mungkin pelaku usaha dengan bidang yang sama dengan OPMS itu banyak, namun mayoritas masih dilakukan perorangan. Dengan adanya perusahaan yang mengelola, bahkan tercatat di bursa, maka proses due dilligence dinilai akan lebih baik dari sisi legalitas, finansial dan juga operasional,” ucap Alfred. Direktur Utama OPMS, Meilyna Widjaja menjelaskan sektor industri pengolahan khususnya logam dasar selalu bertumbuh positif dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.  Untuk tahun 2017 dan 2018 sektor ini bertumbuh 5,87% dan 8,99%.  Hal ini didukung oleh menguatnya sektor logam dasar ditopang dengan industri penunjang lain yaitu konstruksi dan manufaktur khususnya otomotif yang merupakan konsumen utama dari logam dasar.

Begitu juga pemerataan pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa seperti pembangunan infrastruktur transportasi (jalan tol, jembatan, bandara, pelabuhan), power plant, dan bendungan  memberikan efek yang sangat baik bagi sektor logam. “Kami melihat peluang bisnis besi scrap ini sangat besar karena kebutuhan akan bahan dasar logam dasar selalu bertumbuh positif. Dengan fundamental ini, kami ingin terus meningkatkan kapasitas kami dalam menghasilkan besi scrap,” tutur Meilyna.

OPMS, sebagai perusahaan pioneer besi scrap kapal bekas terbesar di Indonesia, setahun memotong sebanyak  8 - 10 kapal bekas. Kapal bekas yang menjadi target merupakan kapal yang melebihi usia operasional dan tidak bisa diasuransikan lagi yakni kapal berusia sekitar 25 tahun ke atas. Sepanjang 2019, OPMS menargetkan menjual 24 ribu ton besi scrap hasil pemotongan dari kapal-kapal bekas. Untuk merealisasikan target tersebut OPMS akan terus menambah kontrak pembelian kapal bekas dan sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan pelayaran di Indonesia.

Bagi perusahaan pengolahan besi baja, menurut data US Environmental Protection Agency, penggunaan besi scrap jauh lebih efisien, yakni untuk menggantikan biji besi murni mampu menghemat penggunaan raw material / bahan baku sebesar 90%, menghemat energi sebesar 75%, menghemat penggunaan air sebesar 40%, mengurangi polusi air sebesar 76%, dan mengurangi limbah tambang sebesar 97%.

“Dengan memasok bahan baku besi scrap ke perusahaan pengolahan besi baja, kami juga ikut mengurangi impor. OPMS dengan standar produk yang dimiliki optimis bisa mengoptimalkan peluang bisnis yang sangat besar ini," tutur Meilyna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…