Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Damri Rute Bandara Soetta-Tanjung Lesung Siap Beroperasi

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Agustus 2019 - 11:05 WIB

BMKG dan Damri dukung pemulihan Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
BMKG dan Damri dukung pemulihan Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus berbenah menarik kembali minat para wisatwan pasca bencana Tsunami yang menggulung kawasan tersebut pada Desember tahun lalu. Salah satunya dengan menggandeng Perum Damri untuk menyediakan moda transportasi dari Bandara Soekarno-Hatta ke Tanjung Lesung. 

Presiden Direktur PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, infrastruktur dan transportasi menjadi kunci utama untuk manarik wisatawan berkunjung ke Tanjung Lesung.

"Tahun 2020, kami sudah siapkan infrastruktur yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Tanjung Lesung mulai dari pelebaran akses jalan, pelabuhan, Bandara hingga armada Damri rute Soekarno Hatta-Tanjung Lesung," kata Poernomo kepada Industry.co.id di Jakarta, Senin (19/8).

Ditambahkan Poernomo, pihaknya telah menjalin kesepakatan dengan pemerintah dalam hal ini Perum Damri terkait penyediaan transportasi dari dan menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung. "Kami sudah jalin kesepakatan dengan Perum Damri. Adapun rutenya antara lain, Bandara Soetta-Merak-Tanjung Lesung, Bandara Soetta-Serang-Pandeglang-Tanjung Lesung," terangnya. 

Selain itu, kata Poernomo, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah berkomitmen untuk terus melanjutkan proyek pengembangan Jalan Tol Serang - Panimbang. "Dengan adanya Jalan Tol Serang - Panimbang tentunya akan memperpendek jarak tempu dari dan menuju Tanjung Lesung. Ini kami sangat apresiasi sekali," kata Poernomo.

Seperti diketahui, pembangunan tol Serang - Panimbang sepanjang 83,70 kilometer dibagi menjadi tiga seksi yakni, seksi 1 (Serang-Rangkas Bitung) sepanjang 26.50 kilometer, seksi 2 (Rangkas Bitung-Bojong) sepanjang 33 kilometer, dan seksi 3 (Bojong-Panimbang) dengan panjang 24,40 kilometer.

Ditrempat terpisah, General Manager Perum Damri cabang Serang, Aris Sutanto mengatakan, pihaknya siap mendukung pemulihan sektor pariwisata di banten khususnya Tanjung Lesung. "Secara nasional, Perum Damri telah mensuport pertumbuhan sektor pariwisata antara lain di kawasan Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur. Tahun 2020, kami akan masuk ke Tanjung Lesung yang menjadi salah satu destinasi 10 Bali Baru," kata Aris.

Selain itu, terang Aris, Perum Damri juga telah memberikan usulan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk pengembangan Bandara dan Pelabuhan di Tanjung Lesung. "Kami (Perum Damri) sudah usulkan kepada pemerintah, mudah-mudahan ini bisa terealisasi," harapnya.

Ia mangaku, Perum Damri dalam hal ini Cabang Serang sangat siap untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata di Pandeglang khususnya Tanjung lesung pasca Tsunami Desember akhir tahun lalu. "Kami akan lakukan semaksimal mungkin untuk memulihkan kembali sektor pariwisata di Tanjung Lesung dan sekitarnya," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar bertema Kiat Tetap Positif, Sehat, dan Semangat Menghadapi Pandemi bersama Dr. Farhan Zubedi & Chef Rebecca Suwignyo,

Jumat, 06 Agustus 2021 - 00:49 WIB

Konsumsi Tempe dan Kelola Pikiran Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

PT Kobe Boga Utama lewat aksi peduli bertajuk Stay Well Stay Strong, melakukan beberapa rangkaian acara guna memberikan support kepada masyarakat dalam menghadapi wabah ini serta memotivasi…

Gedung Antam

Kamis, 05 Agustus 2021 - 22:49 WIB

Petinggi Antam Diperiksa Kejagung

Kejaksaan Agung Republik Indonesia akhirnya mengikuti berbagai desakan Komisi Hukum DPR RI untuk mengungkap skandal penyelundupan imporemas batangan yang dilakukan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.…

irektur Utama BTN, Haru Koesmahargyo/swa

Kamis, 05 Agustus 2021 - 21:08 WIB

CEO BTN, Haru Koesmahargyo: Stimulus Pemerintah Genjot Sektor Perumahan

Jakarta– CEO BTN Haru Koesmahargyo PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyebut, faktor pendorong pertumbuhan perumahan saat ini adalah stimulus-stimulus yang diberikan pemerintah ke sektor…

Gubernur Anies dan Relawan Kesehatan

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:30 WIB

Gubernur Anies Lepas Pulang Relawan Kesehatan: Terimakasih Ibu/Bapak Telah Tulus Berjuang Menangani Pasien Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari ini turut melepas Relawan Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Ekstensi Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede yang berasal dari RS Vertikal Kementerian Kesehatan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Tekstil Pan Brothers

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:07 WIB

Kembali Diguguat, Pan Brothers Bakal 'Mati-matian' Lawan Maybank

PT Bank Maybank Indonesia Tbk kembali menggugat PT Pan Brothers Tbk ke ranah hukum. Setelah pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ditolak, kali ini perusahaan mengajukan permohonan…