Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Damri Rute Bandara Soetta-Tanjung Lesung Siap Beroperasi

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Agustus 2019 - 11:05 WIB

BMKG dan Damri dukung pemulihan Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
BMKG dan Damri dukung pemulihan Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus berbenah menarik kembali minat para wisatwan pasca bencana Tsunami yang menggulung kawasan tersebut pada Desember tahun lalu. Salah satunya dengan menggandeng Perum Damri untuk menyediakan moda transportasi dari Bandara Soekarno-Hatta ke Tanjung Lesung. 

Presiden Direktur PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, infrastruktur dan transportasi menjadi kunci utama untuk manarik wisatawan berkunjung ke Tanjung Lesung.

"Tahun 2020, kami sudah siapkan infrastruktur yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Tanjung Lesung mulai dari pelebaran akses jalan, pelabuhan, Bandara hingga armada Damri rute Soekarno Hatta-Tanjung Lesung," kata Poernomo kepada Industry.co.id di Jakarta, Senin (19/8).

Ditambahkan Poernomo, pihaknya telah menjalin kesepakatan dengan pemerintah dalam hal ini Perum Damri terkait penyediaan transportasi dari dan menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung. "Kami sudah jalin kesepakatan dengan Perum Damri. Adapun rutenya antara lain, Bandara Soetta-Merak-Tanjung Lesung, Bandara Soetta-Serang-Pandeglang-Tanjung Lesung," terangnya. 

Selain itu, kata Poernomo, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah berkomitmen untuk terus melanjutkan proyek pengembangan Jalan Tol Serang - Panimbang. "Dengan adanya Jalan Tol Serang - Panimbang tentunya akan memperpendek jarak tempu dari dan menuju Tanjung Lesung. Ini kami sangat apresiasi sekali," kata Poernomo.

Seperti diketahui, pembangunan tol Serang - Panimbang sepanjang 83,70 kilometer dibagi menjadi tiga seksi yakni, seksi 1 (Serang-Rangkas Bitung) sepanjang 26.50 kilometer, seksi 2 (Rangkas Bitung-Bojong) sepanjang 33 kilometer, dan seksi 3 (Bojong-Panimbang) dengan panjang 24,40 kilometer.

Ditrempat terpisah, General Manager Perum Damri cabang Serang, Aris Sutanto mengatakan, pihaknya siap mendukung pemulihan sektor pariwisata di banten khususnya Tanjung Lesung. "Secara nasional, Perum Damri telah mensuport pertumbuhan sektor pariwisata antara lain di kawasan Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur. Tahun 2020, kami akan masuk ke Tanjung Lesung yang menjadi salah satu destinasi 10 Bali Baru," kata Aris.

Selain itu, terang Aris, Perum Damri juga telah memberikan usulan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk pengembangan Bandara dan Pelabuhan di Tanjung Lesung. "Kami (Perum Damri) sudah usulkan kepada pemerintah, mudah-mudahan ini bisa terealisasi," harapnya.

Ia mangaku, Perum Damri dalam hal ini Cabang Serang sangat siap untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata di Pandeglang khususnya Tanjung lesung pasca Tsunami Desember akhir tahun lalu. "Kami akan lakukan semaksimal mungkin untuk memulihkan kembali sektor pariwisata di Tanjung Lesung dan sekitarnya," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PWI dan MPR Akan Bekerjasama Sosialisasi Amandemen UUD 45 dan Kode Perilaku Wartawan

Rabu, 20 November 2019 - 16:35 WIB

PWI dan MPR Akan Bekerjasama Sosialisasi Amandemen UUD 45 dan Kode Perilaku Wartawan

Rencana itu disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo ketika menerima kunjungan pengurus PWI Pusat yang dipimpin Sekjen PWI Mirza Zulhadi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan direksi Lotte Chemical di Seoul, Korea Selatan

Rabu, 20 November 2019 - 16:30 WIB

Menperin Pastikan Lotte Chemical Bakal Tambah Investasi di Indonesia

Lotte Chemical memastikan akan menambah investasi di Indonesia. Kepastian tersebut diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita setelah melakukan pertemuan dengan direksi…

CEO sekaligus Co-founder dari HarukaEDU, Novistiar Rustandi

Rabu, 20 November 2019 - 16:19 WIB

HarukaEDU Terima Pendanaan Seri C dari SIG

Dengan pendanaan tersebut, HarukaEDU akan serius menjangkau pasar B2B melalui corporate online training platform dan memperkuat portal pembelajaran berkelanjutan atau lifelong learning portal…

Fore gandeng Airy targetkan buka 1000 gerai

Rabu, 20 November 2019 - 16:00 WIB

Gandeng Airy, Fore Coffee Targetkan Ekspansi Sebanyak 1000 Lokasi

Sinergi antara Fore Coffee dan Airy ini menandakan komitmen kedua perusahaan dalam gerakan ekspansi di 1,000 titik lokasi di seluruh nusantara dan menjadi perwujudan kolaborasi antara sektor…

Ilustrasi Toko Online Blanja.com

Rabu, 20 November 2019 - 15:44 WIB

Sambut HUT Ke-5, BLANJA.com Hadirkan Gamification

Guna memeriahkan ulang tahunnya yang ke-5, marketplace besutan Telkom ini meluncurkan gamification terbarunya yaitu Tiup Lilin yang menawarkan Kado BLANJA dan berbagai promo menarik.