Pastikan Mutu, Anies Baswedan Tinjau Proses Pengolahan Daging Dapur Qurban 2019 di Hotel Borobudur

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Agustus 2019 - 08:05 WIB

Anies Baswedan Tinjau Proses Pengolahan Daging Dapur Qurban 2019 di Hotel Borobudur
Anies Baswedan Tinjau Proses Pengolahan Daging Dapur Qurban 2019 di Hotel Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Hotel Borobudur Jakarta dalam rangka meninjau langsung proses pengolahan daging kurban untuk dibagikan ke warga kurang mampu di DKI Jakarta melalui program Dapur Qurban. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng hotel bintang lima, salah satunya adalah Hotel Borobudur Jakarta, untuk berpartisipasi mengolah daging kurban menjadi hidangan siap saji. 

Dengan adanya program ini, warga kurang mampu diharapkan dapat memiliki kesempatan untuk menikmati hidangan yang dimasak langsung oleh Chef hotel bintang lima. 

Executive Sous Chef Hotel Borobudur Jakarta, Made Sandy mengungkapkan bahwa dari 260 kilogram daging sapi yang dipersiapkan, diolah menjadi 800 kotak makanan dengan menu Rendang Daging bercita rasa khas hotel bintang lima. 

"Pada Senin, 12 Agustus 2019 dini hari sekitar pukul 01.30 WIB, daging sapi diterima oleh Hotel Borobudur Jakarta dengan kondisi bersih dan kemudian dipotong, diolah, dimasak, serta dikemas oleh tim dari Chef yang berjumlah 25 orang," kata Made Sandy di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Ia menambahkan, proses pengolahan dan memasak daging sapi selesai dilakukan sekitar pukul 07.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan Anies Baswedan yang datang untuk meninjau. 

"Didampingi James Costa, General Manager Hotel Borobudur Jakarta, Anies Baswedan menilik secara langsung ke dalam dapur Hotel Borobudur Jakarta sebagai tempat memasak dan mengolah daging sapi yang telah dipersiapkan," lanjutnya.

Anies Baswedan juga memeriksa kotak yang menjadi kemasan makanan yang memang sengaja dipersiapkan oleh Hotel Borobudur Jakarta dari bahan yang mudah didaur ulang, sehingga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi sampah plastik. 

"Pukul 10.10 WIB proses pengemasan hidangan ke dalam kotak makanan dimulai dan pukul 13.30 WIB kotak makanan tersebut diambil oleh tim dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk disalurkan ke warga kurang mampu di daerah Kebon Sirih, Tanah Tinggi, dan Kampung Melayu," katanya.

Seluruh proses, mulai dari pengiriman, pemotongan, pengolahan, pengemasan, hingga penyaluran daging sapi ke warga dipastikan mutu dan keamanannya oleh Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI). Pada kotak kemasan pun dicantumkan batas waktu yang disarankan untuk mengonsumsi hidangan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Garuda Baseball-Softball Club Berkolaborasi dengan PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. Dalam Pembinaan Baseball Usia Dini

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Bina Baseball Usia Dini, Garuda Baseball-Softball Club Gandeng Bekasi Fajar Industrial Estate

Jakarta–PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. (BeFa) dan Garuda Baseball-Softball Club pada akhir pekan, Sabtu pada tanggal 24 Agustus 2019, menggelar acara tajuk “Kolaborasi Dalam Pembinaan…