Tokopedia Kini Jangkau Lebih dari 200.000 Mitra di Ratusan Kota dan Kabupaten

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 11 Juli 2019 - 23:35 WIB

CEO dan Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya (Foto Ist)
CEO dan Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya (Foto Ist)

Industry.co.id, Jakarta-Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, mengumumkan bahwa Mitra Tokopedia saat ini telah menjangkau lebih dari 200.000 mitra. Aplikasi ringan berukuran 2 MB yang diluncurkan pada November 2018 kini menawarkan sederet fitur tambahan yang akan semakin mempermudah masyarakat untuk berjualan produk digital Tokopedia seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game dan lain sebagainya.

Mitra Tokopedia bertujuan untuk mempermudah semua orang dalam memulai dan mengembangkan usaha, terutama para pemilik usaha kecil, baik toko kelontong, warung, kios, usaha individu atau sejenisnya. Melalui aplikasi ini, Tokopedia menjembatani dunia ritel online dan dunia offline untuk mitra-mitra yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mitra Tokopedia menawarkan dua jenis layanan yakni penjualan grosir dan produk digital.

Layanan penjualan produk digital telah menjangkau ratusan kota dan kabupaten di Indonesia. Sementara itu, layanan penjualan grosir saat ini dapat dinikmati di 17 kota di Indonesia termasuk Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, dan Sukabumi.

Business Head of New Retail Tokopedia, Adi Putra, mengungkapkan, “Sejak peluncuran Mitra Tokopedia, komitmen kami untuk mempermudah para pemain ritel tradisional dalam mengembangkan usaha mereka terus kami jalankan. Kemajuan teknologi telah mendorong perdagangan online sehingga berjualan produk digital menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.” Adi melanjutkan,

“Sejak November 2018, Tokopedia melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat, dari tercatatnya data lebih dari 200.000 mitra yang menggunakan Mitra Tokopedia. Dalam rangka memperkaya layanan Mitra Tokopedia, kami menghadirkan tiga fitur terbaru yaitu Tempo, Cash on Delivery (COD), dan Poin Hadiah. Kami berharap Mitra Tokopedia dapat mendorong para pemain ritel tradisional untuk berkontribusi lebih terhadap perekonomian Indonesia di era digital, sehingga bersama-sama kita bisa mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital.”

Melalui fitur Tempo pada aplikasi Mitra Tokopedia, para pemilik usaha kecil kini dapat melakukan transaksi pembelian barang grosir dengan pembayaran di belakang, dengan jangka waktu hingga 10 hari. Fitur tersebut dihadirkan untuk mempermudah para pengguna mengisi stok barang kapan saja dengan modal minim. Pengguna akan mendapatkan tagihan atas pemakaian Tempo di minggu ini pada hari Senin minggu berikutnya, yang dapat dibayarkan paling lambat hari Rabu pada minggu yang sama dengan saat tagihan diterbitkan.

Saat ini, fitur Tempo dapat digunakan oleh pengguna berdomisili di Kota Bekasi dan segera tersedia di kota-kota lainnya di Indonesia. Selain fitur Tempo, layanan Mitra Tokopedia juga diperkaya dengan fitur Cash on Delivery (COD) atau pembayaran di tempat, serta Poin Hadiah. Fitur Cash on Delivery (COD) atau pembayaran di tempat memungkinkan Mitra untuk melakukan pembayaran tunai pada saat barang diterima.

Saat ini, metode pembayaran di tempat tersedia di belasan kota termasuk Bekasi, Bogor, Bandung, Tangerang, Medan, Palembang, Banda Aceh, Bandar Lampung, Yogyakarta, Cirebon, Semarang, Solo dan Malang. Sedangkan melalui Poin Hadiah, pengguna Mitra Tokopedia bisa mendapatkan Poin Hadiah untuk setiap transaksi Digital dan Grosir dan ditukarkan dengan hadiah yang ada di katalog Poin Hadiah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:22 WIB

Bahana TCW : Pasar Saham Berpotensi Menguat di Semester Dua

Pasar saham Indonesia kembali berpeluang menguat di semester dua tahun ini setelah usai dari hiruk pikuk politik dan para pelaku pasar mendapat kepastian Presiden terpilih Joko Widodo kembali…

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…

Perayaan Tahun Baru di Monas ( Istimewa)

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:00 WIB

Pameran Hologram Monas, Menampilkan Wajah Jakarta Dari Masa Ke Masa Melalui Instalasi Hologram

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu destinasi utama Jakarta yang menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya. Sebagai ikon khas ibukota, Monas merupakan tempat…