Tokoh Pers Banten Dapat Dukungan Nyalon Walikota Cilegon

Oleh : Ridwan | Kamis, 04 Juli 2019 - 20:35 WIB

Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten sekaligus Pendiri Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Firdaus
Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten sekaligus Pendiri Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Firdaus

INDUSTRY.co.id - Cilegon- Konstelasi politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 semakin menghangat.

Selain nama-nama politisi yang sudah lebih dulu muncul, seperti Heldy Agustian, Ratu Ati Marliati, Ali Mujahidin, atau juga Reno Yanuar, kali ini ada lagi satu nama tokoh penting dunia Jurnalistik di Banten yang mulai digadang-gadang maju meramaikan bursa kandidat calon walikota maupun wakil walikota.

Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten, Firdaus, dinilai layak dan mulai didorong untuk maju dalam kontestasi Pilkada Cilegon 2020.

Anang Rahmatullah, tokoh pendiri Kota Cilegon yang juga Pengurus Kadin Pusat, mengaku tertarik untuk mendorong Firdaus bisa maju sebagai Calon Walikota Cilegon.

"Beliau ini sejak awal, bahkan sebelum Kota Cilegon berdiri, tulisan-tulisan dan karya jurnalistiknya cukup kritis dan membangun, jadi sudah sangat faham bagaimana Cilegon," ujar Anang Rachmat, saat hadir dan bersilaturahmi dengan insan pers di Jurnalis Boarding School (JBS) Cilegon, Kamis (4/7/2019).

Anang menilai sosok Firdaus memiliki jejaring yang luas, dan kredibilitas yang positif di dunia pers dan kalangan elemen masyarakat.

"Pak Jokowi saja dari pengusaha meubel bisa jadi presiden. Bang Firdaus ini juga sudah sangat layak, pergaulannya luas dan bisa masuk ke semua kalangan di Cilegon dan Provinsi Banten," ungkap Anang.

Hal senada juga diungkapkan Haji Agus Sanjadirja, tokoh pers yang juga pendiri Provinsi Banten. Haji Agus mengaku mendukung sosok Firdaus untuk tampil di Pilkada Cilegon.

"Kenapa tidak dari unsur pers bisa muncul. Kapabilitas Pak Firdaus ini sudah mumpuni, dan memahami benar tentang masyarakat Cilegon. Pak Firdaus ini tahu persis problematika Kota Cilegon, peran sertanya di kota baja ini tidak ujug-ujug, beliau meniti karir dari bawah dan memiliki akar yang kuat lho," ungkap Haji Agus.

Haji Agus menilai, Firdaus akan mampu membawa perubahan di Kota Cilegon, karenanya sangat layak partai politik untuk mengusung Firdaus yang saat ini duduk di Pengurus PWI Pusat tersebut menjadi kandidat di Pilkada Cilegon.

"Pak Firdaus mengenal Kota Cilegon. Pak Firdaus dengan karya dan kiprahnya, sempat jadi ikon perubahan Kota Cilegon, makanya Parpol harus melihat rekam jejak beliau dan memberikan ruang untuk kiprah beliau di kontestasi politik kali ini," ujar  Haji Agus.

Sementara saat ditanya tanggapannya soal dukungan dari para tokoh Banten terkait pencalonannya di Pilkada Cilegon, Firdaus mengaku terkejut namun mengaku menyangkut amanah kita harus mawas diri.

"Itu kan mungkin bisa-bisa Pak Anang saja sebagai teman lama. Tapi saya mengapresiasi dan menghaturkan terimakasih atas perhatian Pak Anang dan Pak Agus mendorong saya menjadi bakal calon walikota" ujarnya singkat.

Selain dikenal sebagai mantan Ketua PWI Banten, Firdaus dikenal sebagai pemilik sejumlah media di Banten, diantaranya Majalan Teras, Koran Banten, dan juga fajarbanten.com. 

Kiprahnya di dunia organisasi jurnalis, Firdaus juga merupakan penggagas dan pendiri Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), yakni organisasi yang menaungi ratusan perusahaan media online di Indonesia. Saat ini, Firdaus juga mendirikan Jurnalis Boarding School (JBS), di Link Krotek, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, berdiri untuk yang pertama di Indonesia dan Asia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…

Bintang Handayani, Ph.D, Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:33 WIB

Benang Merah Disiplin Dan Berbahasa Disiplin

Rabu cerah di Jakarta Raya, duduk kembali di tempat favorit dengan teh hangat citrus mint. Kesulitan menerjemahkan citrus mint saya putuskan untuk menulisnya dengan cetak miring, berikut kajian,…

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.