Kemudahan Pelayanan, Investor Kuliner Malaysia Buka Cabang Perdana di Jababeka

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 02 Juli 2019 - 21:51 WIB

Mariaty pemilik restoran dan catering Anggrek Kuring asal Malaysia (Foto: INDUSTRY.co.id)
Mariaty pemilik restoran dan catering Anggrek Kuring asal Malaysia (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Berkat kegigihan, promosi dan layanan dalam kemudahan berinvestasi di kawasan industri khususnya di Jababeka menarik minat investor asal Malaysia yaitu restoran dan catering Anggrek Kuring  yang belum lama ini beroperasi di Bizpark 6 Blok D No 5, Jababeka Innovation Center (JIC).

Kali ini redaksi INDUSTRY.co.id berkesempatan berbincang-bincang dengan, Mariaty selaku Direktur restoran dan catering Anggrek Kuring, Selasa (2/7/2019).

Apa yang membuat Anda tertarik membuka cabang di kawasan industri Jababeka?

Sebelumnya kami sudah survei dan survei di tetangga-tetangga wilayah Cikarang dan pas sampai di Jababeka kami merasa tempatnya nyaman, hijau dan tidak berasa di kawasan pabrik-pabrik, ya udah kami ke marketingnya dan disana kami disambut ramah kita juga dibawa ke beberapa unit dan ada satu yang menurut kami pas untuk katering kami. Prosesnya juga tidak lama dalam sehari settle dan dalam sebulan semua proses perizinannya diurus.

Bisa Anda Ceritakan mengenai Restoran dan Catering Anggrek Kuring?

Awalnya Anggrek Kuring itu berdiri di Malaysia dan sudah 11 tahun berdiri, kebanyakan customer kami dari kedutaan termasuk kedutaan Indonesia di Malaysia dan beberapa perusahaan Jepang dan Korea. Nah, kenapa alasan kami coba membuka di Indonesia khususnya di Jababeka, selain karena banyak ekspatriat baik Jepang dan Korea di Jababeka juga ada banyak perusahaan multinasional, banyak pabrik, banyak karyawan dan tentunya mereka membutuhkan makanan.

Seperti diketahui kalau pabrik 80 persen memakai jasa katering, karenanya Kami disini mencoba masuk untuk memberikan citrarasa yang baru dan pelayanan yang bagus.

Difrensiasi Apa yang Anda Tawarkan Catering Anggrek Kuring dengan yang lainnya?

Kalau untuk katering kami bisa under request baik Asian Food, Korean, Japanese Food, dan pastinya Indonesia. Bisnis kuliner tidak terlepas dari citrarasa dan kami selalu mengedepankan citrarasa yang enak, selain itu dari kami mengutamakan pelayanan. Bila ada customer kami selalu berinteraktif bagaimana citrarasa dari Anggrek Kuring, apakah sesuai atau tidak jadi kami selalu menerima masukan dari customer. Hal itu yang kami lakukan seperti di Malaysia dan kami sudah memiliki dua outlet di Puchong dan Cyberjaya.

Untuk saat ini berapa banyak pesanan yang diterima dan perusahaan mana saja?

Karena kami masih baru buka tentunya kami belum banyak order, tapi atas bantuan promosi  Jababeka, khususnya pak Rudy yang turut mempromosikan bisnis catering ini, kami sudah ada beberapa perusahaan yang meminta untuk memakai jasa catering kami seperti Bekasi Power, President University dan Jababeka Marketing.  Kalau untuk order saat ini di angka 300 orang dan kedepannya kami berharap bisa capai 10 ribu orang.

Berapa Investasi yang Anda Gelontorkan untuk Investasi Bisnis Catering di kawasan industri Jababeka?

Investasi awal kalau untuk gedung saja kurang lebih sudah mencapai Rp 3 milyar dan untuk peralatan makanannya, dapurnya, dan limbahnya itu sampai Rp 200 juta. Adapun luas bangunan capai 153 meter persegi.

Apa yang Anda Harapkan Investasi di Jababeka?

Yah kami melihat pasar disini besar, apalagi melihat pabrik yang begitu banyak di Jababeka, karyawannya saja satu perusahaan misalnya saja kalau perusahaan kecil saja bisa 100 hingga 200 orang , taruhlah kalau ada sepuluh perusahaan yang memakai jasa catering Anggrek Kuring, kami bisa meluruskan kaki.

Adakah planning untuk ekspansi ke wilayah lain?

Ada banyak permintaan teman-teman kami di Malaysia merekomendasikan untuk membuka di daerah pusat, atau ditengah-tengah kota Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…