Angkat Tema "Empowering Indonesia’s Human Capital", Kongres Diaspora Indonesia ke-5 Siap Digelar

Oleh : Ridwan | Senin, 01 Juli 2019 - 18:05 WIB

Ketua Penyelengara Kongres Diaspora Indonesia ke-5 Iwan Sunito (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Penyelengara Kongres Diaspora Indonesia ke-5 Iwan Sunito (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kongres Diaspora Indonesia ke-5 "The Fifth Congress of Indonesian Diaspora" (CID-5) akan segera dihelat pada 10 Agustus 2019 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta. 

Seperti CID-4 2017 lalu, Kongres Diaspora Indonesia ke-5 akan kembali dibuka oleh kegiatan 1 (satu) hari penuh konferensi yang akan menghadirkan tokoh-tokoh Diaspora Indonesia cemerlang dari berbagai spektrum masyarakat Indonesia, termasuk pejabat pemerintah, perusahaan, pemuka agama, politikus, selebriti, seniman, aktivis, atlet, inovator, akademisi, pemuda, dan lainnya untuk membahas berbagai aspirasi Diaspora Indonesia melalui sesi-sesi paralel yang terbuka gratis untuk publik.

CID-5 akan diselenggarakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 10 - 13 Agustus 2019. Tema yang diangkat tahun ini yaitu "Empowering Indonesia’s Human Capital". 

Kongres ini akan mempertemukan diaspora Indonesia untuk berdiskusi isu dan tantangan pembangunan Sumber Daya Manusia dari berbagai sektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial dan budaya yang dimana tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM.

Ketua Penyelenggara CID-5, Iwan Sunito, menyambut dengan sangat antusias penyelenggaraan CID-5 di Jakarta.

"Ini akan menjadi momentum bagi Indonesia untuk lebih menggali potensi-potensi Diaspora Indonesia yang akan membantu pergerakkan pembangunan Sumber Daya Manusia ke-depannya. Inilah waktunya untuk akselerasi Human Kapital Indonesia," kata Iwan di Jakarta, Senin (1/7).

Ditambahkan Iwan, pada hari pertama Kongres akan diisi dengan beberapa sesi pararel yang akan mendiskusikan berbagai macam isu dari Kesehatan, Sumber Daya Manusia, Dual Citizenship dan lain sebagainya.

"Ada satu sesi pararel yang cukup menarik dengan tema “Creating Liveable Cities” dimana saya akan berbicara tentang urgensi pembangunan kota masa depan. Dalam sesi ini Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, rencananya juga akan didaulat sebagai salah satu pembicaranya," ujar CEO Crown Group ini.

Lebih lanjut, Iwan mengajak kepada para pengembang-pengembang besar dalam negeri untuk turut berperan serta dalam acara ini to show case mahakarya mereka. "Sehingga ini bukan saat nya lagi orang asing berkata, “Can We Teach You?” tapi lebih kepada “Can You Teach Us?," ungkap Iwan Sunito

"Kita tunjukan kepada Dunia kemampuan bangsa Indonesia sesungguhnya," tutup Iwan.

Konferensi ini diharapkan akan selalu menjadi pertemuan terbesar bagi Diaspora Indonesia berkumpul di Tanah Air dengan target perkiraan sebanyak 5.000 partisipan dari dalam maupun luar negeri.

Acara ini juga akan ditutup dengan penampilan dari seniman-seniman diaspora.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 411 Kostrad dan KKP Merauke Lakukan Fogging di Kampung Sota Perbatasan RI-PNG

Senin, 09 Desember 2019 - 03:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad dan KKP Merauke Lakukan Fogging di Kampung Sota Perbatasan RI-PNG

Untuk menghindari dan mencegah berkembangnya nyamuk yang dapat menyebabkan Malaria, anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa…

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto

Senin, 09 Desember 2019 - 03:00 WIB

Panglima TNI Ikuti Jalan Sehat Keluarga Indonesia 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengikuti kegiatan Jalan Sehat Keluarga Indonesia 2019 di Plaza Parkir…

Rudyhandjaja Elawitachya, Chairman Fanuc Indonesia, menyebut serapan robot di Indonesia mulai meningkat

Minggu, 08 Desember 2019 - 23:29 WIB

Industri Indonesia Mulai Transisi ke Era Robotik

Jakarta-Robotik merupakan kunci memasuki era Revolusi Industri 4.0. Mengikuti kemajuan teknologi, tenaga robotik menjadi pilihan pengusaha untuk mengejar efisiensi dan meningkatkan daya saing…

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI juga menggandeng GCR Indonesia untuk mempromosikan perkembangan teknologi IoT Indonesia di ajang konferensi IoT di Taiwan.

Minggu, 08 Desember 2019 - 22:29 WIB

Jurus GCR Membesut Teknologi IoT sebagai Solusi Pengembangan Industri Masa Depan

Jakarta-Pasar Indonesia memiliki potensi besar di Asia. Hal tersebut mendorong Global Channel Resources (GCR), perusahaan IT berbasis e-Commerce dengan fokus B2B (Business to Bussines) yang…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 08 Desember 2019 - 19:19 WIB

Kemenhub Pastikan Operasional Penerbangan Maskapai Garuda Memenuhi Aspek Keselamatan

Jakarta (8/12/2019)- Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan bahwa maskapai Garuda Indonesia tetap beroperasional dengan baik pasca pergantian Direksi di…