Geliat Ninja Xpress di Tengah Pusaran Persaingan

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 Juni 2019 - 14:50 WIB

Eric Saputra Country Head Ninja Xpress Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Eric Saputra Country Head Ninja Xpress Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia. Dan diprediksi nilai transaksi e-commerce akan mencapai 130 milyar dolar AS pada 2020. Kue besar pengiriman paket e-commerce inilah yang kini diperebutkan oleh perusahaan-perusahaan logistik, dari JNE, TIKI, J&T Express, Ninja Xpress dan RPX Logistic.

Terlebih penetrasi pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 132 juta lebih, dan seiring transformasi industri mengarah ke industri 4.0 dimana pengunaan otomatisasi, teknologi artificial intelligence (AI) dan internet of things (IoT) akan berpengaruh terhadap kinerja logistik dan supply chain nasional.

Lantas strategi seperti apa yang dilakukan perusahaan jasa logistik dalam menghadapi era distrupsi. Kali ini media INDUSTRY.co.id berbincang dengan Ignatius Eric, Country Head Ninja Xpress, Jumat (21/6/2019).

Apa yang menjadi fokus Ninja Xpress di tahun 2019, lalu bagaimana strategi dan terobosan apa yang telah diraih?

Fokus kami pada tahun 2019 adalah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan juga menjadi mitra yang turut mendukung UKM lokal lewat Obsesi dari Ninja Xpress; obsesi tepat waktu, obsesi untuk melindungi dan obsesi mengirimkan kemanapun.  Sejak kehadirannya di Indonesia pada tahun 2015, Ninja Xpress telah bertumbuh bersama dalam mendukung kebutuhan ekonomi digital dan juga perlaku UKM di Indonesia. Berdasarkan pengalaman tersebut, Ninja Xpress memahami apa yang sebenarnya menjadi hal terpenting bagi penjual dan juga pembeli yang melakukan transaksi daring, yaitu kebutuhan pengiriman paket yang tepat waktu, aman dan dapat menjangkau hingga ke pelosok Indonesia.

Terobosan yang telah kami raih yaitu cakupan area 100% di seluruh Indonesia serta berhasil menghadirkan “money back guarantee” sebagai salah satu jaminan yang diberikan oleh layanan “next day delivery service” – N+1 cakupan wilayah Jabodetabek (apabila pengiriman lebih dari satu hari)

Selama tahun 2018, kami tidak hanya hadir sebagai layanan pengiriman saja namun juga secara aktif mendukung UKM lokal dengan menghadirkan program Ninja OASIS (Obrolan Asyik Seputar Bisnis). Program workshop dan pelatihan edukatif bagi para seller, khususnya pelatku UKM dan online seller dengan menghadirkan diskusi inovatif bersama narasumber sukses yang siap berbagi pengalaman tentang pengelolaan bisnis online. Ninja OASIS merupakan program reguler dan telah sukses diadakan di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Yogyakarta, namun juga akan menjangkau ke daerah lain di seluruh Indonesia.

Kami berhasil mengembangkan program Mitra Ninja, yaitu program yang bertujuan untuk mendukung pelaku bisnis yang ingin tumbuh bersama kami dengan menjadi Mitra Ninja. Hingga kini program Mitra Ninja telah diikuti oleh ratusan mitra bisnis di Jabodetabek dan Bandung.

Adakah strategi baru yang akan dijalankan dalam waktu dekat?

Ninja Xpress tidak hanya sekedar memberikan layanan terbaik pagi seluruh pelanggan, tapi juga hadir sebagai layanan pengiriman yang turut mendukung dan tumbuh bersama UKM lokal. Dengan demikian, sebagai upaya dalam mendukung para pelaku UKM dan online sellers, pada tahun 2019, kami akan berupaya dalam menghadirkan program workshop dan pelatihan edukatif untuk menjangkau lebih banyak kota di Indonesia. Selain itu kami juga mengembankan program Mitra Ninja, yaitu program yang bertujuan untuk mendukung pelaku bisnis yang ingin tumbuh bersama kami dengan menjadi Mitra Ninja. Hingga kini program Mitra Ninja telah diikuti oleh ratusan mitra bisnis di Jabodetabek dan Bandung.

Pada awal bulan July, kami akan mengembangkan service kami yaitu “Money Back Guarantee” apabila pengiriman dilakukan lebih dari dua hari di seluruh area pulau Jawa. Program ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menghadirkan layanan terbaik lewat obsesi tepat waktu, obsesi untuk melindungi dan obsesi mengirimkan kemanapun.

Bagaimana Ninja Xpress melihat kompetisi yang terjadi dalam bisnis layanan pengiriman di tahun 2019, apakah ada hambatan yang akan dihadapi Ninja Xpress kedepannya?

Layanan pengiriman di tahun 2019 tentunya mengalami perubahan dari segi inovasi dan digitalisasi, khususnya akibat dari adanya pertumbuhan transaksi e-commerce di Indonesia.

Untuk menjawab perubahan yang terjadi saat ini, bersama partner dari e-commerce dan online sellers, Ninja Xpress berupaya dalam menghadirkan fitur-fitur andalan kami yang terhubung melalui technology-based logistics network.

Kami yakin dengan 3 obsesi Ninja Xpress, sumber daya manusia, sistem operasi dan teknologi, kami dapat selangkah lebih maju dan terus menjadi jasa pengiriman berbasis teknologi yang dapat diandalkan mitra kami.

Selain itu, dengan perpaduan passion kami dalam memanfaatkan teknologi terdepan serta pengetahuan mendalam tentang kebutuhan e-commerce saat ini, kami akan memastikan mitra bisnis kami dapat merasakan pengalaman jasa pengiriman yang aman dan nyaman,

Inovasi atau terobosan apa yang akan direncanakan untuk pengembangan bisnis di tahun 2020?

Tentu dengan service, salah satunya dengan menyediakan layanan pengiriman yang mencakup seluruh wilayah di Indonesia, next day delivery service, mendukung bisnis UKM dan pelaku bisnis yang ingin tumbuh bersama kami dengan bergabung menjadi Mitra Ninja.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi pelaku bisnis yang ingin bergabung menjadi partner Ninja Xpress?

Kami akan sangat senang apabila bisa menyambut Anda untuk bergabung dan tumbuh bersama Ninja Xpress. Dengan menjadi Mitra Ninja, Anda dapat menikmati lebih banyak manfaat, komisi tinggi, juga bisnis yang terintegrasi dengan teknologi. Hanya dengan Rp. 15.000.000 semua pelaku bisnis bisa menjadi Mitra Ninja (deposit sebesar Rp. 10.000.000) Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi hotline call di (021) 2926 4120 atau official line @ninjaxpress.

Bagaimana cara Ninja Xpress memperlakukan pelanggan?

Kapanpun paket ingin dikirimkan Ninja Xpress akan memastikan terkirim dengan tepat waktu, berapapun biayanya. Apapun paket yang dikirimkan, mulai dari yang super kecil hingga besar, Ninja Xpress terobsesi untuk mengirimkan kemanapun dan melindunginya.

Selain itu, tiap individu yang tergabung dalam Ninja Xpress merupakan pribadi yang bertalenta dan pekerja keras, di mana mereka akan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Ninja Xpress. Prinsip dasar kami adalah selalu mengutamakan pelanggan, sehingga dapat meraskan pengalaman layanan pengiriman yang aman dan nyaman.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…