Pengelola Destiasi Wisata, Pemkab Cianjur Bentuk BUMN Pariwisata

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Juni 2019 - 20:00 WIB

Kampung Wisata Pandanwangi, di Desa Tegalega Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat (Foto:radarsukabumi.com)
Kampung Wisata Pandanwangi, di Desa Tegalega Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat (Foto:radarsukabumi.com)

INDUSTRY.co.id - Cianjur- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat, mendorong pembentukan badan usaha milik daerah (BUMD) pariwisata untuk mengelola destinasi wisata yang banyak terdapat di wilayah tersebut.

Sekretaris Disparpora Cianjur Munajat di Cianjur, Selasa (19/6/2019) , mengatakan selama ini pemerintah daerah hanya mengandalkan tempat wisata yang sudah tertata dan masuk dalam perda serta beberapa destinasi wisata tambahan seperti Hutan Kota Cianjur dan Wisata Pandanwangi.

Meskipun, tutur dia, saat ini Cianjur memiliki banyak destinasi wisata yang belum dikenal seperti air terjun, destinasi alam baru dan tempat wisata religi yang memiliki daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah termasuk dari luar negeri.

"Selama ini, destinasi wisata yang dikelola pemerintah daerah masih sedikit, meskipun Cianjur memiliki destinasi wisata lain yang cukup menjual, namun belum bisa dikelola dengan baik," katanya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini destinasi wisata yang berada di bawah kewenangan Perhutani ataupun instansi lain tidak dapat dikelola karena ada regulasi khusus yang membuat pemkab tidak dapat menjalin kerjasama langsung.

Sehingga perlu dibuat BUMD yang menangani khusus pariwisata, agar memudahkan pemkab untuk melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak termasuk dengan Perhutani atau instansi lain.

"Kerja sama dengan pemerintah daerah diperbolehkan selama nonprofit, dalam pengelolaan pada akhirnya tetap berujung hanya pemasukan dari restribusi," katanya.

Kehadiran BUMD tutur dia, sebagai jawaban atas kendala yang dapat diselesaikan karena kerja sama dilakukan antara instansi yang membawahi destinasi wisata dengan lembaga tersebut.

Disparpora mendorong terbentuknya BUMD pariwisata Cianjur seperti di daerah lain yang sudah memfokuskan pada pengembangan wisata sebagai sumber pendapatan terbesar untuk daerah.

"Terbentuknya BUMD pariwisata akan mendukung target Cianjur sebagai Wisata Pangan Dunia secara optimal tidak hanya soal retribusi, tapi pengembangan ekonomi dari perhotelan dan ekonomi kerakyatan akan meningkat," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…

Foto Ilustrasi flu burung H9N2

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:13 WIB

FAO Apresiasi Kementan Berhasil Kendalikan Flu Burung

Jakarta - Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO) memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian (Kementan)…