BAZNAS Bantu Korban Banjir Konawe dan Konawe Utara

Oleh : Nina Karlita | Senin, 10 Juni 2019 - 21:14 WIB

BAZNAS Bantu Korban Banjir Konawe dan Konawe Utara*
BAZNAS Bantu Korban Banjir Konawe dan Konawe Utara*

INDUSTRY.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengirimkan bantuan logistik dan tim BAZNAS Tanggap Bancana (BTB) untuk merespon bencana banjir di dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Kami menempatkan Posko Induk BAZNAS di Kantor BAZNAS Provinsi Sultra yang berada di komplek perkantoran Gubernur Sultra," ujar Direktur Utama BAZNAS, M. Arifin Purwakananta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (10/6/2019).
 
Menurut Arifin, BAZNAS menerjunkan 1 personil BTB pusat, 1 relawan BTB dan 6 staf BAZNAS Provinsi Sultra. 
 
"Total ada 8 personel yang dibekali alat pelindung diri (APD) seperti helm, sarung tangan, sepatu booth, handy talky (HT), tas pinggang P3K dan sebagainya," ucap Arifin.
 
Menurut dia, saat ini jumlah korban 1.091 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 4.198 jiwa. Banjir menyebabkan 72 unit rumah hilang, 1.300 kediaman warga rusak parah.
 
"Kami mengirimkan bantuan darurat berupa sembako, sarung, selimut, minyak kayu putih, minyak telon, susu bayi, alas tidur dan sejenisnya," kata Arifin.
 
Dia menandaskan, BAZNAS merespon cepat dengan mengirimkan tim pada Ahad (9/6/2019) malam dan tiba Senin (10/6/2019) dini hari.
 
Dia menjelaskan, tim BTB sudah melakukan assessment dan merespon cepat dengan melakukan beberapa giat seperti
rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan dan staf BAZNAS Provinsi Sultra, BAZNAS Kabupaten Konawe, BAZNAS Kabupaten Konawe Utara dan BAZNAS Kota Kendari. 
 
"Tim menyiapkan logistik senilai Rp 115 juta dan dikirim dengan dua truk besar ke Konawe Utara dan Konawe untuk diserahkan ke posko induk di kantor kabupaten, tepatnya di rumah jabatan Bupati Konawe," tutur Arifin.
 
BTB pusat, lanjut dia, bersama BAZNAS Provinsi Sultra, menggandeng komunitas mahasiswa pecinta alam (mapala) untuk membantu para korban banjir.
 
"Kami mengunstruksikan saudara Sukamto dari BTB pusat sebagai koordinator lapangan," kata Arifin.
 
Sebagai informasi dari media lokal, kronologi bencana bermula saat hujan sepekan terjadi terus-menerus dengan intensitas tinggi selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (7-8/6/2019). Kondisi itu mengakibatkan luapan Sungai Konawe Eha dan Sungai Lahumbuti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.

H. Priyadi Abadi, MPar Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) paling kiri

Sabtu, 21 September 2019 - 17:11 WIB

Halal Tour Jamin Makanan dan Waktu Ibadah ke Luar Negeri

Jakarta -- Kenapa harus Halal Tour? Sebuah pertanyaan yang untuk sebagian orang akan merasa kurang nyaman menyebutnya, kenapa harus halal? Tapi bagi umat Islam, persoalan halal menjadi penting…

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Sabtu, 21 September 2019 - 17:00 WIB

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Memberi ruang bagi para kandidat untuk memaparkan sekaligus mempertahankan visi-misi mereka, berikut kesempatan mengkritisi pandangan para pesaingnya melatarbelakangi Majelis Wali Amanat Universitas…