Mudik, Gerakkan Potensi Ekonomi Capai Rp 9,7 Triliun

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 09 Juni 2019 - 11:46 WIB

Para penumpang yang siap mudik bersama. (Rizki Meirino/INDUSTRY)
Para penumpang yang siap mudik bersama. (Rizki Meirino/INDUSTRY)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Puncak perputaran uang paling besar di Indonesia terjadi saat perayaan Idul Fitri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, momentum Idul Fitri 1440 tahun ini menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat di daerah tujuan mudik.

Data Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2019 dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai 14,9 juta. Khusus dari DKI Jakarta jumlah pemudik diperkirakan mencapai 7.346.430 jiwa, atau naik 4 % dari jumlah pemudik tahun 2018 sebesar 7.063.875 jiwa atau setara dengan 2.448.810 keluarga.

"Jika setiap rumah tangga kita rata-ratakan membawa uang paling minim Rp4 juta maka uang yang mengalir ke daerah di Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai Rp9,7 triliun," ujar Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, Sabtu (8/6/2019).

Uang tersebut mayoritas akan beredar di Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur dan sebagian di Sumatra (Lampung, Sumatra Barat, Sumatra Selatan) dan sisanya daerah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Dana tersebut diatas belum termasuk remintasi dari TKI Indonesia yang bekerja di luar negeri yang berjumlah hampir 9 juta orang.

"Memang kita agak sulit membuat perhitungan gaji TKI kita di luar negeri karena masing-masing negara berbeda-beda. Akan tetapi kita jika kita membuat perhitungan yang sangat sederhana saja para TKI kita mengirimkan Rp1 juta per orang pada Idul Fitri tahun ini, maka daerah akan menerima perputaran tambahan Rp9 triliun, walaupun kecenderungannya dana tersebut tidak akan dibelanjakan semua".

Ekonomi daerah akan bergerak dan bergairah dengan jumlah transaksi yang sangat signifikan karena perputaran uang yang sangat tinggi sebagai dampak dari uang yang mengalir dari kota Jakarta ke daerah tujuan mudik.

Belanja konsumsi masyarakat ini akan mampu memberikan kontribusi dalam mengdongkrak pertumbuhan ekonomi kuartal II 2019 yang diperkirakan mencapai 5,2%, naik dari pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 yang hanya mencapai 5,07%.

Uang warga Jakarta yang mengalir ke daerah mudik dalam tiga tahun terakhir menurut data Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI JakartaMomentum perayaan Idul Fitri tahun ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional kuartal II 2019 karena hampir 60% bersumber dari konsumsi masyarakat.

Konsumsi masyarakat di daerah akan banyak berputar di sektor pariwisata, oleh-oleh khas daerah, aneka produk UKM seperti kuliner dan kerajinan daerah, batik dan uang saku untuk keluarga yang ditinggalkan.

Masa liburan Idul Fitri tahun ini yang mencapai 11 hari sangat mendukung perputaran uang di daerah karena para pemudik lebih leluasa untuk mengatur jadwal wisata di daerah masing masing dan membelanjakan uang yang dibawa yang bersumber dari gaji, THR, bonus dan tabungan selama setahun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…