Ketupek Kapau dan Nasi Kapau, Kuliner Khas Berwisata di Bukittinggi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Juni 2019 - 15:00 WIB

Nasi kapau (Foto Dok IndonesiaKaya)
Nasi kapau (Foto Dok IndonesiaKaya)

INDUSTRY.co.id - Bukitinggi - Mengisi waktu libur dengan berkunjung ke suatu daerah belum lengkap tanpa menikmati kuliner setempat. Selain sebagai tujuan wisata, Kota Bukittinggi di Sumatera Barat menawarkan berbagai pilihan kuliner memanjakan lidah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar di Bukittinggi, Senin, mengatakan setidaknya ada 10 kuliner yang mesti dicicipi jika wisatawan berkunjung ke daerah itu mengisi libur Lebaran.

Tujuan pertama yaitu Los Lambuang di Pasar Lereng. Di sini bisa dijumpai nasi kapau dan katupek kapau.

Nasi kapau merupakan menu istimewa yang terdiri dari nasi dan lauk utama lalu ditambah potongan kecil lauk-pauk lainnya, kuah gulai serta bumbu rendang. Sementara katupek kapau yaitu hidangan ketupat yang disantap bersama kuah gulai yang nikmat.

Dari Pasar Lereng bergeser ke pasar penampungan Pasar Atas, dapat dijumpai jajanan lain seperti pisang kapik yaitu pisang kepok yang dibakar lalu dipipihkan (kapik) disantap dengan kelapa parut yang dimasak dengan gula merah.

Di Pasar Atas juga dapat ditemui menu lain seperti ampiang dadiah yaitu jajanan susu kerbau yang difermentasi disantap bersama beras ketan yang sudah ditumbuk lalu disiram gula merah. Jajanan ini dapat dinikmati dengan atau tanpa serutan es.

Kuliner lainnya yaitu karupuak sanjai yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh sehabis berwisata di Bukittinggi. Selain di Pasar Atas, karupuak sanjai banyak dijual di sepanjang jalan selepas batas kota Bukittinggi menuju Padang Luar, Kabupaten Agam.

Sementara di Pasar Bawah, ada jajanan tradisional seperti inti dan kacimuih. Inti biasa disajikan dalam acara perayaan seperti pesta pernikahan atau acara adat. Inti terbuat dari beras ketan dan kacimuih terbuat dari singkong.

Jika sedang berwisata di kawasan Ngarai Sianok, menu yang tidak boleh dilewatkan adalah itiak lado mudo. Rasa itiak lado mudo yang pedas cocok dengan hawa sejuk di Sianok.

Jangan lupa pula singgah di rumah makan Padang yang sudah dapat ditemui sejak memasuki batas kota dari arah Padang. Di restoran Padang, menu yang harus dicoba yaitu ayam pop yang lembut berwarna putih kecoklatan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ferrari Logo

Rabu, 23 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Pengalaman Berkendara Mobil Klasik Ferrri di Fiorano

Ferrari Classiche Academy sedang berlangsung. Sesi rangkaian mengemudi ini berfokus pada berbagai mobil klasik yang membantu menciptakan kisah perjalanan kuda jingkrak dan mencetak sejarah pada…

: Mercedes-AMG Petronas Motorsport Kemenangan 2019 FIA Formula One

Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:00 WIB

TIBCO: Mercedes-AMG Petronas Motorsport Kemenangan 2019 FIA Formula One™ World Constructors’ Championship

TIBCO Software Inc., pemimpin global dalam integrasi, manajemen API, dan analitik, memberikan selamat kepada Mercedes-AMG Petronas Motorsport sebagai juara dunia FIA Formula One™ World Constructors’…

realme XT

Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:48 WIB

Tawarkan Keamanan dan Kenyamanan, realme XT Sediakan In-display Fingerprint Pada Panel Super AMOLED

Smartphone sekarang ini menjadi gadget yang semakin personal, tidak hanya dari sisi konten dari pengguna tapi juga fitur-fitur yang diberikan. Ini berujung pada semakin digunakannya smartphone…

realme XT

Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:32 WIB

Jangan Percaya Trik Marketing, realme XT Selalu Tersedia dengan Harga Sesuai Janji

Meskipun banyak memiliki keunggulan, perangkat ini dibanderol dengan harga yang tidak mahal. Smartphone yang memiliki keunggulan di sektor kamera berkat quad camera 64MP, performa melalui chipset…

Menteri BUMN Erick Thohir

Rabu, 23 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Kementerian BUMN Menyambut Erick Thohir

-Presiden Republik Indonesia telah melantik Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Menteri Erick tiba di Kantor Kementerian BUMN…