Ketupek Kapau dan Nasi Kapau, Kuliner Khas Berwisata di Bukittinggi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Juni 2019 - 15:00 WIB

Nasi kapau (Foto Dok IndonesiaKaya)
Nasi kapau (Foto Dok IndonesiaKaya)

INDUSTRY.co.id - Bukitinggi - Mengisi waktu libur dengan berkunjung ke suatu daerah belum lengkap tanpa menikmati kuliner setempat. Selain sebagai tujuan wisata, Kota Bukittinggi di Sumatera Barat menawarkan berbagai pilihan kuliner memanjakan lidah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar di Bukittinggi, Senin, mengatakan setidaknya ada 10 kuliner yang mesti dicicipi jika wisatawan berkunjung ke daerah itu mengisi libur Lebaran.

Tujuan pertama yaitu Los Lambuang di Pasar Lereng. Di sini bisa dijumpai nasi kapau dan katupek kapau.

Nasi kapau merupakan menu istimewa yang terdiri dari nasi dan lauk utama lalu ditambah potongan kecil lauk-pauk lainnya, kuah gulai serta bumbu rendang. Sementara katupek kapau yaitu hidangan ketupat yang disantap bersama kuah gulai yang nikmat.

Dari Pasar Lereng bergeser ke pasar penampungan Pasar Atas, dapat dijumpai jajanan lain seperti pisang kapik yaitu pisang kepok yang dibakar lalu dipipihkan (kapik) disantap dengan kelapa parut yang dimasak dengan gula merah.

Di Pasar Atas juga dapat ditemui menu lain seperti ampiang dadiah yaitu jajanan susu kerbau yang difermentasi disantap bersama beras ketan yang sudah ditumbuk lalu disiram gula merah. Jajanan ini dapat dinikmati dengan atau tanpa serutan es.

Kuliner lainnya yaitu karupuak sanjai yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh sehabis berwisata di Bukittinggi. Selain di Pasar Atas, karupuak sanjai banyak dijual di sepanjang jalan selepas batas kota Bukittinggi menuju Padang Luar, Kabupaten Agam.

Sementara di Pasar Bawah, ada jajanan tradisional seperti inti dan kacimuih. Inti biasa disajikan dalam acara perayaan seperti pesta pernikahan atau acara adat. Inti terbuat dari beras ketan dan kacimuih terbuat dari singkong.

Jika sedang berwisata di kawasan Ngarai Sianok, menu yang tidak boleh dilewatkan adalah itiak lado mudo. Rasa itiak lado mudo yang pedas cocok dengan hawa sejuk di Sianok.

Jangan lupa pula singgah di rumah makan Padang yang sudah dapat ditemui sejak memasuki batas kota dari arah Padang. Di restoran Padang, menu yang harus dicoba yaitu ayam pop yang lembut berwarna putih kecoklatan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 22:00 WIB

Garuda Indonesia Perkuat Kerja Sama Codeshare Jaringan Penerbangan Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama “codeshare” dengan maskapai global yang menjadi mitranya khususnya untuk penerbangan di domestik yang dioperasikan…

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita Antarkan Kemensos Raih Opini WTP untuk Ketiga Kalinya

Kementerian Sosial kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Kementerian Sosial Tahun 2018 oleh Badan Pemeriksa…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:00 WIB

Bambang Soesatyo Minta Seluruh Elemen Utamakan Kepentingan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta seluruh elemen bangsa mempererat tali silaturahmi untuk mengukuhkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sangat penting mengingat situasi…

Bukalapak Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:35 WIB

Bukalapak Raih Penghargaan HR Asia Award 2019

Bukalapak dianugerahi penghargaan HR Asia: Best Companies to Work for in Asia 2019 oleh HR Asia, sekaligus menjadikan Bukalapak sebagai satu-satunya perusahaan online marketplace Indonesia yang…

BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas (Foto Rino)

Selasa, 18 Juni 2019 - 20:14 WIB

Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus menunjukkan kinerja positif dalam penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli di bidang pendidikan. Sepanjang triwulan I tahun…