Ketupek Kapau dan Nasi Kapau, Kuliner Khas Berwisata di Bukittinggi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Juni 2019 - 15:00 WIB

Nasi kapau (Foto Dok IndonesiaKaya)
Nasi kapau (Foto Dok IndonesiaKaya)

INDUSTRY.co.id - Bukitinggi - Mengisi waktu libur dengan berkunjung ke suatu daerah belum lengkap tanpa menikmati kuliner setempat. Selain sebagai tujuan wisata, Kota Bukittinggi di Sumatera Barat menawarkan berbagai pilihan kuliner memanjakan lidah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar di Bukittinggi, Senin, mengatakan setidaknya ada 10 kuliner yang mesti dicicipi jika wisatawan berkunjung ke daerah itu mengisi libur Lebaran.

Tujuan pertama yaitu Los Lambuang di Pasar Lereng. Di sini bisa dijumpai nasi kapau dan katupek kapau.

Nasi kapau merupakan menu istimewa yang terdiri dari nasi dan lauk utama lalu ditambah potongan kecil lauk-pauk lainnya, kuah gulai serta bumbu rendang. Sementara katupek kapau yaitu hidangan ketupat yang disantap bersama kuah gulai yang nikmat.

Dari Pasar Lereng bergeser ke pasar penampungan Pasar Atas, dapat dijumpai jajanan lain seperti pisang kapik yaitu pisang kepok yang dibakar lalu dipipihkan (kapik) disantap dengan kelapa parut yang dimasak dengan gula merah.

Di Pasar Atas juga dapat ditemui menu lain seperti ampiang dadiah yaitu jajanan susu kerbau yang difermentasi disantap bersama beras ketan yang sudah ditumbuk lalu disiram gula merah. Jajanan ini dapat dinikmati dengan atau tanpa serutan es.

Kuliner lainnya yaitu karupuak sanjai yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh sehabis berwisata di Bukittinggi. Selain di Pasar Atas, karupuak sanjai banyak dijual di sepanjang jalan selepas batas kota Bukittinggi menuju Padang Luar, Kabupaten Agam.

Sementara di Pasar Bawah, ada jajanan tradisional seperti inti dan kacimuih. Inti biasa disajikan dalam acara perayaan seperti pesta pernikahan atau acara adat. Inti terbuat dari beras ketan dan kacimuih terbuat dari singkong.

Jika sedang berwisata di kawasan Ngarai Sianok, menu yang tidak boleh dilewatkan adalah itiak lado mudo. Rasa itiak lado mudo yang pedas cocok dengan hawa sejuk di Sianok.

Jangan lupa pula singgah di rumah makan Padang yang sudah dapat ditemui sejak memasuki batas kota dari arah Padang. Di restoran Padang, menu yang harus dicoba yaitu ayam pop yang lembut berwarna putih kecoklatan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FotoIst)

Kamis, 02 April 2020 - 21:50 WIB

Perpu Nomor 1 tahun 2020 Beri Kewenangan Tambahan LPS Dalam Menjamin Dana Nasabah Akibat Pandemi Covid-19

Dalam konferensi pers bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, dan Ketua Dewan Komisioner OJK pada tanggal 1 April 2020 melalui video conference,…

Stop Kekerasan Terhadap Wartawan

Kamis, 02 April 2020 - 20:54 WIB

Setelah Tabrak SOP WHO, Oknum Protokol Anak Buah Walikota Palembang Tantang dan Ancam Wartawan Saat Press Confrence Covid-19

"Kami ini manusia juga, kenapa kami dikumpulkan di tempat berdesakan seperti ini, sesuai SOP WHO harus menjaga jarak minimal 1,5 meter untuk mencegah penyebaran Covid-19," ungkap satu wartawan.…

Dirjen Tanaman Pangan Suwandi saat tinjau banjir di Indramayu

Kamis, 02 April 2020 - 20:45 WIB

Kementan Kirim Benih ke 2.708 Hektar Lahan Terdampak Banjir Indramayu

Dampak iklim ekstrim yang terjadi di awal Maret 2020 mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Indramayu, dampaknya dilaporkan banjir menggenangi beberapa areal persawahan. Dengan respon cepat,…

Pemasok bawang putih sedang berada di gudangang

Kamis, 02 April 2020 - 20:27 WIB

Harga Bawang Putih Melambung di Musim Corona, KPPU: Ingat Pemerintah Dapat Mem-Blacklist Anda Para Importir Nakal

KPPU sendiri telah meningkatkan pengawasannya atas sektor pangan guna menjaga agar tidak terdapat pelaku usaha yang secara bersama-sama menahan pasokan atau memberikan harga yang sangat tinggi…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Kamis, 02 April 2020 - 19:40 WIB

OJK Tindaklanjuti Perpu 1 2020

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik, mendukung dan menindaklanjuti penerbitan Perpu 1 Tahun 2020 dalam rangka menghadapi risiko penurunan perekonomian nasional dan stabilitas sistem…