Inilah Sembilan Jalan untuk Kembalikan Kejayaan Nusantara

Oleh : Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati | Rabu, 05 Juni 2019 - 18:11 WIB

Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati (Foto Dok Industry.co.id)
Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pasca-runtuhnya Majapahit tahun 1478, kita telah menjadi bangsa yang lemah, sehingga berbagai intervensi asing mulai masuk, baik penjajahan secara fisik maupun ideologi. Untuk itu perlu adanya gerakan moral berbasis budaya untuk mengembalikan keagungan dan kejayaan nusantara.

"Gerakan Kembali Ke Nusantara (GKKN) merupakan gerakan moral berbasis budaya, bersifat terbuka, inklusif dan non partisan," ujar Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati yang merasa prihatin melihat kondisi bangsa saat ini, Rabu, (5/6/2019).

Dijelaskan Untung Suropati, untuk mengembalikan kejayaan nusantara ada sembilan jalan yang harus diambil, pertama kembali ke kesejatian Pancasila sebagai weltanschauung dan philosophische grondslag yang dipahami, dihayati, dan dijalani sebagaimana seharusnya, dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional yang dipedomani sedemikian rupa sehingga arah dangerak pembangunan tidak melenceng dari cita-cita dan harapan para pendiri bangsa

"Kedua, kembali ke nusantara artinya kembali ke jati diri sebagai generasi penerus bangsa Nusantara yang memiliki kesadaran, dilandasi ketulusan ingin menghargai karya, menghormati pemikiran, meneladani ajaran, serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga kelestarian warisan budaya adiluhung Nusantara," jelas mantan Kadispenal ini.

Ketiga, lanjut Untung Suropati, kembali ke nusantara artinya kembali ke karakter dan tradisi sesuai cetak biru bangsa Nusantara sebagai 'trendsetter' sekaligus 'normsetter' dunia, bukan sekadar pembebek atau pengikut bangsa manca.

Keempat, kembali ke nusantara artinya kembali ke orisinalitas cetak biru bangsa Nusantara sebagai pusat gravitasi (center of gravity), bukan sekadar periferi (periphery) dunia.

Kelima, kembali ke nusantara artinya kembali ke autentisitas mind-set atau paradigma berpikir kita sebagai bangsa berperadaban tinggi yang memiliki pemikiran besar dan imajinasi melampaui batas

Keenam, kembali ke nusantara artinya kembali ke kesejatian sifat dan karakter kita sebagai penerus dan pewaris DNA bangsa besar Sriwijaya dan Majapahit yang memiliki visi jauh ke depan.

Ketujuh, kembali ke nusantara artinya kembali ke kesejatian sifat dan karakter kita sebagai penerus dan pewaris DNA bangsa besar Sriwijaya dan Majapahit yang gagah berani dan gemar berpetualang arungi samudra.

Kedelapan, kembali ke nusantara artinya kembali ke orisinalitas cetak biru kita sebagai bangsa maritim yang mempercayai laut adalah masa depan dan di laut tersimpan harapan.

Kesembilan, kembali ke nusantara artinya kembali ke keagungan dan keunikan budaya Nusantara yang memiliki watak dan tradisi sebagai bangsa yang beretika dan moralitas tinggi.

Diakhir penjelasannya, Laksamana bintang dua ini mengatakan bahwa Gerakan Kembali Ke Nusantara dengan hasgtag #kembalikenusantara sudah mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak dan akan dideklarasikan dalam waktu dekat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Minggu, 31 Mei 2020 - 04:00 WIB

Korps Marinir Cilandak Jalin Silaturahmi Bersama Ketua PG Kormar Etta Suhartomo

Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Etta Suhartono didampingi Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ayu Nur Alamsyah jalin silaturahmi dengan seluruh ketua Jalasenastri dijajaran…

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS (Foto Dok Voanews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:35 WIB

FBI Serius Penyelidikan Peran Polisi Terkait Kasus Minneapolis AS

Kematian seorang pria keturunan Afrika-Amerika, Senin (25/5/2020 ) saat ditahan polisi di Minneapolis memicu penyelidikan prioritas tinggi oleh Departemen Kehakiman A.S.

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:30 WIB

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Kesiapannya Oleh I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan didampingi Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan I Mayjen TNI Richard Tampubolon Wakil Asisten Intelijen…

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Minggu, 31 Mei 2020 - 03:00 WIB

Kampung Tangguh Semeru “Wani Jogo Suroboyo”Dikunjungi Pangkogabwilhan II Bersama Walikota Risma

Di hari ke dua kunjungan kerjanya di Surabaya, Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus, S.E. menemui Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota, Jumat (29/5/2020).

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin

Sabtu, 30 Mei 2020 - 19:15 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Percepat Penyaluran Stimulus Sektor UMKM

Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diatur dalam PP No. 23 Tahun 2020, Pemerintah telah mempersiapkan berbagai stimulus penyelamatan sektor UMKM terdampak COVID-19. Stimulus…