Inilah Sembilan Jalan untuk Kembalikan Kejayaan Nusantara

Oleh : Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati | Rabu, 05 Juni 2019 - 18:11 WIB

Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati (Foto Dok Industry.co.id)
Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pasca-runtuhnya Majapahit tahun 1478, kita telah menjadi bangsa yang lemah, sehingga berbagai intervensi asing mulai masuk, baik penjajahan secara fisik maupun ideologi. Untuk itu perlu adanya gerakan moral berbasis budaya untuk mengembalikan keagungan dan kejayaan nusantara.

"Gerakan Kembali Ke Nusantara (GKKN) merupakan gerakan moral berbasis budaya, bersifat terbuka, inklusif dan non partisan," ujar Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati yang merasa prihatin melihat kondisi bangsa saat ini, Rabu, (5/6/2019).

Dijelaskan Untung Suropati, untuk mengembalikan kejayaan nusantara ada sembilan jalan yang harus diambil, pertama kembali ke kesejatian Pancasila sebagai weltanschauung dan philosophische grondslag yang dipahami, dihayati, dan dijalani sebagaimana seharusnya, dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional yang dipedomani sedemikian rupa sehingga arah dangerak pembangunan tidak melenceng dari cita-cita dan harapan para pendiri bangsa

"Kedua, kembali ke nusantara artinya kembali ke jati diri sebagai generasi penerus bangsa Nusantara yang memiliki kesadaran, dilandasi ketulusan ingin menghargai karya, menghormati pemikiran, meneladani ajaran, serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga kelestarian warisan budaya adiluhung Nusantara," jelas mantan Kadispenal ini.

Ketiga, lanjut Untung Suropati, kembali ke nusantara artinya kembali ke karakter dan tradisi sesuai cetak biru bangsa Nusantara sebagai 'trendsetter' sekaligus 'normsetter' dunia, bukan sekadar pembebek atau pengikut bangsa manca.

Keempat, kembali ke nusantara artinya kembali ke orisinalitas cetak biru bangsa Nusantara sebagai pusat gravitasi (center of gravity), bukan sekadar periferi (periphery) dunia.

Kelima, kembali ke nusantara artinya kembali ke autentisitas mind-set atau paradigma berpikir kita sebagai bangsa berperadaban tinggi yang memiliki pemikiran besar dan imajinasi melampaui batas

Keenam, kembali ke nusantara artinya kembali ke kesejatian sifat dan karakter kita sebagai penerus dan pewaris DNA bangsa besar Sriwijaya dan Majapahit yang memiliki visi jauh ke depan.

Ketujuh, kembali ke nusantara artinya kembali ke kesejatian sifat dan karakter kita sebagai penerus dan pewaris DNA bangsa besar Sriwijaya dan Majapahit yang gagah berani dan gemar berpetualang arungi samudra.

Kedelapan, kembali ke nusantara artinya kembali ke orisinalitas cetak biru kita sebagai bangsa maritim yang mempercayai laut adalah masa depan dan di laut tersimpan harapan.

Kesembilan, kembali ke nusantara artinya kembali ke keagungan dan keunikan budaya Nusantara yang memiliki watak dan tradisi sebagai bangsa yang beretika dan moralitas tinggi.

Diakhir penjelasannya, Laksamana bintang dua ini mengatakan bahwa Gerakan Kembali Ke Nusantara dengan hasgtag #kembalikenusantara sudah mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak dan akan dideklarasikan dalam waktu dekat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…