BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi
BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor jasa logistik, melakukan inovasi dengan mengambangkan konsep Smart Warehouse yang hemat energi. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman BGR Logistics dengan sejumlah BUMN dan Anak Usaha BUMN di kantor pusat BGR Logistics.

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) dan PT WIKA Industri Energi.

Terkait pengembangan Smart Warehouse tersebut, BGR Logistics melakukan penandatanagan nota kesepahaman dengan WIKA Industri Energi, Nindya Karya, dan Indra Karya.

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo, menjelaskan bahwa lokasi pengembangan Smart Warehouse tersebut pertama kali akan dilakukan di BGR Logistcs Divre Medan dengan pilot project sebanyak sembilan gudang dari 25 gudang yang dimiliki BGR Logistics di Komplek Pergudangan BGR Logistics Paya Pasir Medan. Sebagai informasi, BGR Logistics memiliki lahan seluas 190.239 m2 di komplek tersebut dengan total 25 gudang milik.

Pada pilot project Smart Warehouse tersebut, sembilan gudang akan menggunakan atap dari PV Solar Rooftop System yang dimiliki oleh PT WIKA Industri Energi. Project ini juga merupakan dukungan dari program Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (KESDM) untuk dapat menggunakan energi baru terbarukan pada penggunaan listrik di bangunan sebagai usaha melakukan penghematan energi.

“Penggunakan PV Solar Rooftop pada pergudangan dapat dikatakan pertama kali dilakukan oleh BGR Logistics dan didukung oleh Kementerian ESDM. Kami yakin dengan solusi ini, pergudangan BGR nantinya akan ramah lingkungan, dan diperkirakan dapat menghemat energi sebesar 3,5 MW / hour saat siang hari pagi hingga sore hari nantinya,” kata Kuncoro di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Direktur Utama WIKA Industri Energi, Andi Nugraha, menerangkan bahwa PV Solar Rooftop tersebut, merupakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang pada bagian atap gudang BGR Logistics. Pihaknya meyakini bahwa dengan sistem ini menjadi solusi untuk menghemat pemakaian energi listrik di pergudangan. “Sistem ini memanfaatkan energy terbarukan dari tenaga surya,” jelas Andi.

Dengan adanya nota kesepahaman dengan sejumlah BUMN, selain di Medan, BGR Logistics juga akan melakukan pembangunan pada komplek pergudagangan BGR Logistics Divre Lampung, dimana BGR Logistics memiliki lahan seluas 36.420 m2 di lokasi tersebut yang berada di daerah Panjang, Bandar Lampung. Rencana kerjasama dengan PT INUKI (Persero) yakni terkait distribusi produk-produk INUKI ke berbagai wilayah Indonesia dan juga distribusi limbah nuklir yang akan menggunakan jasa BGR Logistics.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…