BAV Salurkan Pembiayaan Rp 441 Miliar Melalui Program Kemitraan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Mei 2019 - 09:46 WIB

BAV Salurkan Pembiayaan Rp 441 Miliar Melalui Program Kemitraan (Foto Dok Industry.co.id)
BAV Salurkan Pembiayaan Rp 441 Miliar Melalui Program Kemitraan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Bahana Artha Ventura telah menyalurkan dana melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau yang disingkat PKBL bersinergi dengan badan usaha milik negara (BUMN) untuk mendorong berkembangnya usaha kecil menengah di Indonesia.

Hingga Mei 2019 jumlah penyaluran program kemitraan BUMN yang telah bersinergi dengan BAV senilai Rp 441 miliar. BAV menargetkan untuk sepanjang 2019, akan menyalurkan dana PKBL sebesar Rp 150 miliar untuk seluruh UKM di Indonesia.

''Kami telah dipercaya oleh 14 BUMN untuk menyalurkan dana melalui program kemitraan ini selama bertahun-tahun karena tingkat kolektibilitas kami selalu lancar dan dana tersebut  bisa disalurkan ke sejumlah UKM yang tersebar di seluruh Indonesia melalui sejumlah Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD),'' kata Direktur Utama PT Bahana Artha Ventura M.Sidik Heruwibowo di Jakarta (Rabu, 16 mei 2019).

Hari ini, BAV kembali akan menandatangani kerjasama penyaluran dana PKBL bersama dengan Angkasa Pura II yakni BUMN yang bergerak dibidang pengelolaan dan pengusahaan bandar udara senilai Rp 10 miliar untuk tahap I di tahun 2019. Sehingga total dana PKBL AP II yang penyalurannya bekerjasama dengan anak usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ini telah mencapai Rp 216 miliar per Mei 2019.

Lebih jauh M.Sidik Heruwibowo memaparkan, kedepan,BAV juga akan terus melakukan sinergi BUMN untuk menyalurkan pinjaman program  kemitraan untuk UMKM baik secara mandiri dan tetap bisa bersinergi dengan Pihak BUMN lain.

Hingga saat ini BAV memiliki jaringan 26 PMVD di 26 propinsi yang tersebar di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua sehingga memudahkan penyaluran dana kemitraan ini. Jaringan PMVD tersebut bertugas untuk  memantau dan melaporkan perkembangan penggunaan dana tersebut, untuk memastikan dana yang digulirkan ini dapat dikembalikan tepat waktu dan UKM yang mendapat pendanaan mampu mengembangkan skala usahanya. Pada umumnya mitra binaan yang mendapat pendanaan ini bergerak di bidang perdagangan, kerajinan tangan serta jasa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pentingnya Open Source di Industri Perbankan Indonesia

Rabu, 22 Januari 2020 - 14:00 WIB

Pentingnya Open Source di Industri Perbankan Indonesia

Transformasi yang terjadi di dunia keuangan dan perbankan dari era analog ke digital telah mengubah banyak hal. Tak hanya perilaku bisnis namun juga bisnis itu sendiri. Menjadikan tingkat persaingan…

Jembatan Tumbang Samba Kalteng

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:20 WIB

Bentang Tengah Jembatan Tumbang Samba Kalteng Sudah Tersambung

Dengan telah tersambungnya bentang tengah jembatan, pembangunan Jembatan Tumbang Samba akan segera rampung untuk membuka kawasan terisolir di Utara Katingan dan melengkapi struktur jaringan…

Garuda Indonesia (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:05 WIB

Sah, Irfan Setiaputra Dirut Garuda, Triawan Munaf dan Yenny Wahid Komisaris

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk menunjuk Irfan Setiaputra sebagai direktur utama (dirut) perusahaan.

Kspn Labuan Bajo

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:04 WIB

Tingkatkan Jaringan Jalan KSPN Labuan Bajo, Kementerian PUPR Anggarkan Dana Rp 250 Miliar

Pada tahun 2020, anggaran peningkatan jaringan jalan KSPN Labuhan Bajo sebesar Rp 250 miliar yang digunakan untuk kegiatan diantaranya pekerjaan rekonstruksi jalan, pelebaran, penataan trotoar,…

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha Raih Transaksi Rp65,9 Miliar di Bursa Pariwisata ATF Brunei

Rabu, 22 Januari 2020 - 12:00 WIB

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha Raih Transaksi Rp65,9 Miliar di Bursa Pariwisata ATF Brunei

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi 30 pelaku usaha pariwisata Indonesia untuk berpromosi dan membukukan transaksi Rp65,9 miliar dalam bursa pariwisata ASEAN…