Kemendag Miliki Empat Strategi Jaga Stabilitas Harga Bapok

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 14 Mei 2019 - 20:26 WIB

Kemendag Miliki Empat Strategi Jaga Stabilitas Harga Bapok (Foto AMZ)
Kemendag Miliki Empat Strategi Jaga Stabilitas Harga Bapok (Foto AMZ)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki empat strategi jitu untuk menjaga stabilitas harga bapok (bahan pokok).Hal ini diungkapkan Sekjen Departemen Perdagangan Karyanto Suprih dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang diselenggarakan di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (13/5/2019).

Menurut Karyanto, Strategi Stabilisasi Harga yang dilakukan dengan empat cara, yaitu  penguatan regulasi (penetapan HET/harga eceran tertinggi), pemantauan dan pengawasan, penatalaksanaan, rakornas bahan pokok, dan upaya khusus.

Untuk penyediaan bahan pokok menghadapi hari-hari besar aagama tahun 2019, Karyanto mengatakan bahwa strategi pertama penguatan regulasi adalah adanya Perpres Penetapan dan penyimpanan Bapokting (bahan pokok dan penting). Selanjutnya Kemendag menetapkan harga acuan.

”Harga acuan itu penting agar harga-harga ada batasnya dan dapat dikendalikan,” tukasnya.

Untuk itu, ia menambahkan ada penetapan HET beras, harga khusus,  pendaftaran pelaku usaha distribusi Bapok, penataan dan pembinaan gudang, pencantuman label kemasan beras.

Ia melanjutkan bahwa strategi kedua adalah pemantauan dan pelaksanaan dengan emantauan kondisi harga dan ketersediaan bapok oleh Eselon I beserta jajaran Kemendag.

”Hal ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemkab/Kota serta pengawasan oleh Satgas Pangan di seluruh Indonesia khususnya pada periode HKBN (Hari Besar Keagamaan Nasional),” ujarnya lagi.

Menurutnya, pengawasan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga bapok secara intensif di 205 pasar rakyat yang ada di 82 kabupaten/kota. Sedangkan periodenya adalah dari 24 Mei hingga 4 Juni 2019.

Untuk strategi yang ketiga yaitu penatalaksanaan yang berupa koordinasi dengan pemda, instansi terkait, dan pelaku usaha.

”Juga fasilitasi BUMN dan pelaku usaha,” tambahnya. Ada Rakornas (rapat koordinasi nasional) bapok yang dilaksanakan di bandung (20 Maret 2019). Juga ada Rakorda  (rapat koordinasi daerah) di 34 ibukota provinsi yang berlangsung pada periode April-Mei 2019," lanjutnya.

Sedangkan strategi keempat adalah upaya khusus dengan melakukan penetrasi ke pasar rakyat jika terjadi gejolak harga bapok. Selain itu ada operasi pasar bawang putih yang dilaksanakan di 13 provinsi.

“Dari hasil pemantauan di lapangan yang telah kami lakukan, pasokan bahan pokok dan ketersediaannya cukup. Sehingga harga-harganya tetap stabil dan terjaga,” tegasnya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:59 WIB

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

epat di akhir bulan Mei 2019, Lois Jeans mengadakan acara “LOIS ngARTbuburit”. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara Ngartbuburit diadakan di basecamp Rumah Harapan Indonesia…

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:44 WIB

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Depok 25 Mei 2019, Seluruh umat muslim di dunia menyambut suka-cita datangnya bulan penuh berkah, Ya tentu saja bulan Ramadhan begitu dinanti semua umat islam. Dengan menyambutnya bulan Ramadhan…

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:20 WIB

FJGS 2019 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta

akarta, 25 Mei 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE yang tahun ini mengangkat tema SHOPPING SPIRIT. Opening Ceremony diadakan…

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia yang diwakili oleh Harry Rusmana Irawan, Economic Counsellor Embassy of The Republic of Indonesia.

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:04 WIB

Bukalapak Luncurkan BukaGlobal di Malaysia

Masih dalam rangkaian peluncuran inisiatif terbaru Bukalapak, BukaGlobal, yang menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan regional konsumen di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan…

Direksi Mandiri Syariah bersama anak Yatim

Minggu, 26 Mei 2019 - 22:58 WIB

Mandiri Syariah Ajak 1000 Anak Yatim Belanja

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyelenggarakan program Sahabat Belanja Yatim dengan mengajak 1000 anak yatim berbelanja pakaian lebaran untuk menyambut Idul Fitri 1440…