Kemendag Miliki Empat Strategi Jaga Stabilitas Harga Bapok

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 14 Mei 2019 - 20:26 WIB

Kemendag Miliki Empat Strategi Jaga Stabilitas Harga Bapok (Foto AMZ)
Kemendag Miliki Empat Strategi Jaga Stabilitas Harga Bapok (Foto AMZ)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki empat strategi jitu untuk menjaga stabilitas harga bapok (bahan pokok).Hal ini diungkapkan Sekjen Departemen Perdagangan Karyanto Suprih dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang diselenggarakan di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (13/5/2019).

Menurut Karyanto, Strategi Stabilisasi Harga yang dilakukan dengan empat cara, yaitu  penguatan regulasi (penetapan HET/harga eceran tertinggi), pemantauan dan pengawasan, penatalaksanaan, rakornas bahan pokok, dan upaya khusus.

Untuk penyediaan bahan pokok menghadapi hari-hari besar aagama tahun 2019, Karyanto mengatakan bahwa strategi pertama penguatan regulasi adalah adanya Perpres Penetapan dan penyimpanan Bapokting (bahan pokok dan penting). Selanjutnya Kemendag menetapkan harga acuan.

”Harga acuan itu penting agar harga-harga ada batasnya dan dapat dikendalikan,” tukasnya.

Untuk itu, ia menambahkan ada penetapan HET beras, harga khusus,  pendaftaran pelaku usaha distribusi Bapok, penataan dan pembinaan gudang, pencantuman label kemasan beras.

Ia melanjutkan bahwa strategi kedua adalah pemantauan dan pelaksanaan dengan emantauan kondisi harga dan ketersediaan bapok oleh Eselon I beserta jajaran Kemendag.

”Hal ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemkab/Kota serta pengawasan oleh Satgas Pangan di seluruh Indonesia khususnya pada periode HKBN (Hari Besar Keagamaan Nasional),” ujarnya lagi.

Menurutnya, pengawasan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga bapok secara intensif di 205 pasar rakyat yang ada di 82 kabupaten/kota. Sedangkan periodenya adalah dari 24 Mei hingga 4 Juni 2019.

Untuk strategi yang ketiga yaitu penatalaksanaan yang berupa koordinasi dengan pemda, instansi terkait, dan pelaku usaha.

”Juga fasilitasi BUMN dan pelaku usaha,” tambahnya. Ada Rakornas (rapat koordinasi nasional) bapok yang dilaksanakan di bandung (20 Maret 2019). Juga ada Rakorda  (rapat koordinasi daerah) di 34 ibukota provinsi yang berlangsung pada periode April-Mei 2019," lanjutnya.

Sedangkan strategi keempat adalah upaya khusus dengan melakukan penetrasi ke pasar rakyat jika terjadi gejolak harga bapok. Selain itu ada operasi pasar bawang putih yang dilaksanakan di 13 provinsi.

“Dari hasil pemantauan di lapangan yang telah kami lakukan, pasokan bahan pokok dan ketersediaannya cukup. Sehingga harga-harganya tetap stabil dan terjaga,” tegasnya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).