119 Petugas KPPS Meninggal Tersebar di 25 Provinsi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 April 2019 - 10:00 WIB

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)
Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komisi Pemilihan Umum menyatakan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal saat menjalankan tugas bertambah menjadi  119 orang yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

"Berdasarkan data yang dihimpun hingga pukul 16.30 WIB, petugas kami yang mengalami kedukaan ada 667 orang, 119 meninggal dunia, 548 sakit, yang tersebar di 25 provinsi," kata Komisioner KPU Viryan Aziz di Gedung KPU,  Jakarta, Selasa (23/4/2019)

Viryan mengatakan santunan untuk keluarga petugas KPPS yang meninggal menjadi prioritas.

Terkait hasil pertemuan dengan Kementerian Keuangan soal santunan untuk keluarga petugas KPPS yang dilakukan pagi tadi, kata dia, Kemenkeu menyatakan akan memberikan santunan, tetapi untuk urusan teknis keuangan belum bisa diungkapkan.

Sejumlah pemerintah provinsi yang akan memberikan santunan kepada keluarga pahlawan demokrasi itu juga diapresiasi.

KPU juga menyampaikan terima kasih kepada pemda yang memberikan jaminan biaya pelayanan kesehatan untuk petugas KPPS yang sakit serta adanya petugas kesehatan untuk siaga di lokasi penghitungan tingkat kecamatan.

Rekapitulasi masih berjalan di tingkat kecamatan saat ini dan diharapkan petugas KPPS yang meninggal karena kelelahan tidak bertambah.

"Kami harap korban tidak terus berjatuhan, rekan-rekan kami. Katakanlah semoga korban yang meninggal dunia dan sakit tidak bertambah," ucap Viryan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menjenguk Fatmawati, relawan yang mengalami kecelakaan setelah bertugas tiga hari tiga malam mengawal C1 di Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Menurut Sandi, kunjungannya ke rumah Fatmawati sebagai bentuk rasa peduli terhadap para relawan yang telah bekerja mengawal demokrasi.

“Ibu Fatma bertugas tiga hari tiga malam. Kelelahan dan dalam perjalanan pulang kecelakaan kakinya menderita cedera,” kata Sandi, Selasa (23/4/2019).

Saat dijenguk Sandi, kondisi Fatma masih belum bisa berjalan dan belum diperiksa ke Puskesmas. Rencananya, Fatma akan diurus oleh relawan lainnya.

“Karena kemungkinan retak atau mungkin ada bagian dari tulangnya dislokasi jadi beliau masih merasakan sakit sekali,” ujar Sandi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menperin Agus Resmikan xEV Center Milik Raksasa Otomotif Asal Jepang di Karawang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan xEV Center, yang berlokasi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 3, Kamis (19/5/2022).

DR. Basuki Ranto, Dewan Pakar ICMI

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:55 WIB

Perekonomian Daerah Nyata Bergerak Naik Dampak Mudik Lebaran

Jakarta-Masyarakat gegap-gempita melakukan mudik lebaran 2022, setelahdianya akses mudik tahun ini juga disinyalir mendorong perekonomian daerah.

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…