Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).
Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

INDUSTRY.co.id - Medan - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih dari Rp1 triliun.

Direktur Bank BTN, Budi Satria, mengatakan, Bank BTN terus menerus melakukan berbagai langkah strategis agar Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kian ekspansif sebagai wujud dukungan untuk mensukseskan Program Satu Juta Rumah.

“Sebagai agen Program Satu Juta Rumah, kami terus bersinergi dengan berbagai pihak. Kali ini, perseroan menggandeng pengembang di seluruh Indonesia untuk menggelar akad massal guna menyukseskan Program Sejuta Rumah,” ujar Budi di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Budi mengemukakan, akad massal ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April dan Hari Bumi Sedunia pada 22 April.

“Bank BTN akan terus berekspansi menyalurkan KPR sehingga akan kian banyak masyarakat Indonesia yang memiliki rumah, sesuai dengan target Program Satu Juta Rumah. Aksi akad massal ini juga akan memacu penyaluran kredit kami sehingga tumbuh sesuai target pada 2019,” jelas Budi.

Budi menuturkan, langkah Bank BTN memacu KPR juga dilakukan untuk menggarap penguatan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan bakal berlangsung sejak triwulan kedua 2019.

“Kami melihat sejalan dengan penguatan ekonomi, KPR akan berpotensi besar menjadi incaran masyarakat Indonesia. Apalagi, angka kebutuhan hunian di Indonesia masih tinggi,” ungkap Budi.

Adapun, dari total akad KPR tersebut terdiri atas akad KPR Subsidi sebanyak 7.900 unit dan akad KPR Non-subsidi 600 unit, baik untuk konvensional maupun Syariah.

Dalam rangka Hari Kartini dan Hari Bumi, Bank BTN juga menawarkan promosi bagi para perempuan muda melalui KPR Gaeesss! edisi Kartini dengan uang muka mulai dari 1%.

Secara total, sejak 1976 hingga Maret 2019, Bank BTN telah menyalurkan KPR untuk lebih dari 4,4 juta unit rumah kepada masyarakat Indonesia, baik KPR Subsidi  maupun KPR Non Subsidi.

Sementara itu, di Medan, Bank BTN mencatatkan laju pesat pada penyaluran KPR Subsidi. Melalui Kantor Cabang Bank BTN Medan dan Pematang Siantar. Bank BTN mencatat pertumbuhan KPR Subsidi sebesar 53.13% pada triwulan pertama 2019 menjadi Rp368,27 miliar dibandingkan sebesar Rp240,49 miliar di periode yang sama pada 2018.

Secara unit, penyaluran KPR Subsidi tersebut naik sekitar 44% menjadi sebanyak 3.079 unit rumah per Maret 2019 dibandingkan di periode yang sama pada 2018 sebanyak 2.132 unit rumah.

Per Maret 2019, Bank BTN Cabang Medan dan Pematang Siantar telah menyalurkan KPR Non-Subsidi yang konvensional dan syariah bernilai total Rp185,23 miliar bagi 1.430 unit rumah.

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi pembangunan perumahan untuk rakyat yang dilakukan pengembang dan dukungan kuat dari Bank BTN dalam pemberian kredit.

“Kita sangat dukung keberadaan perbankan karena ingin masyarakat sehat semua dan ingin penyedian perumahan lebih banyak lagi bagi rakyat agar semakin sejahtera,” ujar Edy.

Lebih lanjut, adanya akad massal KPR BTN ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat  bersyukur karena kebutuhan perumahan memang menjadi kebutuhan pokok, sehingga harus teratur, bersih dan merawatnya secara baik.

“Sejalan dengan pengembangan perumahan rakyat, pengembang dan pihak desa harus memperhatikan lingkungan perumahan. Kawasan perumahan harus bersih, sejuk dan termasuk bebas narkoba,” imbuh Edy, (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…