Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).
Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

INDUSTRY.co.id - Medan - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih dari Rp1 triliun.

Direktur Bank BTN, Budi Satria, mengatakan, Bank BTN terus menerus melakukan berbagai langkah strategis agar Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kian ekspansif sebagai wujud dukungan untuk mensukseskan Program Satu Juta Rumah.

“Sebagai agen Program Satu Juta Rumah, kami terus bersinergi dengan berbagai pihak. Kali ini, perseroan menggandeng pengembang di seluruh Indonesia untuk menggelar akad massal guna menyukseskan Program Sejuta Rumah,” ujar Budi di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Budi mengemukakan, akad massal ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April dan Hari Bumi Sedunia pada 22 April.

“Bank BTN akan terus berekspansi menyalurkan KPR sehingga akan kian banyak masyarakat Indonesia yang memiliki rumah, sesuai dengan target Program Satu Juta Rumah. Aksi akad massal ini juga akan memacu penyaluran kredit kami sehingga tumbuh sesuai target pada 2019,” jelas Budi.

Budi menuturkan, langkah Bank BTN memacu KPR juga dilakukan untuk menggarap penguatan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksikan bakal berlangsung sejak triwulan kedua 2019.

“Kami melihat sejalan dengan penguatan ekonomi, KPR akan berpotensi besar menjadi incaran masyarakat Indonesia. Apalagi, angka kebutuhan hunian di Indonesia masih tinggi,” ungkap Budi.

Adapun, dari total akad KPR tersebut terdiri atas akad KPR Subsidi sebanyak 7.900 unit dan akad KPR Non-subsidi 600 unit, baik untuk konvensional maupun Syariah.

Dalam rangka Hari Kartini dan Hari Bumi, Bank BTN juga menawarkan promosi bagi para perempuan muda melalui KPR Gaeesss! edisi Kartini dengan uang muka mulai dari 1%.

Secara total, sejak 1976 hingga Maret 2019, Bank BTN telah menyalurkan KPR untuk lebih dari 4,4 juta unit rumah kepada masyarakat Indonesia, baik KPR Subsidi  maupun KPR Non Subsidi.

Sementara itu, di Medan, Bank BTN mencatatkan laju pesat pada penyaluran KPR Subsidi. Melalui Kantor Cabang Bank BTN Medan dan Pematang Siantar. Bank BTN mencatat pertumbuhan KPR Subsidi sebesar 53.13% pada triwulan pertama 2019 menjadi Rp368,27 miliar dibandingkan sebesar Rp240,49 miliar di periode yang sama pada 2018.

Secara unit, penyaluran KPR Subsidi tersebut naik sekitar 44% menjadi sebanyak 3.079 unit rumah per Maret 2019 dibandingkan di periode yang sama pada 2018 sebanyak 2.132 unit rumah.

Per Maret 2019, Bank BTN Cabang Medan dan Pematang Siantar telah menyalurkan KPR Non-Subsidi yang konvensional dan syariah bernilai total Rp185,23 miliar bagi 1.430 unit rumah.

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi pembangunan perumahan untuk rakyat yang dilakukan pengembang dan dukungan kuat dari Bank BTN dalam pemberian kredit.

“Kita sangat dukung keberadaan perbankan karena ingin masyarakat sehat semua dan ingin penyedian perumahan lebih banyak lagi bagi rakyat agar semakin sejahtera,” ujar Edy.

Lebih lanjut, adanya akad massal KPR BTN ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat  bersyukur karena kebutuhan perumahan memang menjadi kebutuhan pokok, sehingga harus teratur, bersih dan merawatnya secara baik.

“Sejalan dengan pengembangan perumahan rakyat, pengembang dan pihak desa harus memperhatikan lingkungan perumahan. Kawasan perumahan harus bersih, sejuk dan termasuk bebas narkoba,” imbuh Edy, (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:59 WIB

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

epat di akhir bulan Mei 2019, Lois Jeans mengadakan acara “LOIS ngARTbuburit”. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara Ngartbuburit diadakan di basecamp Rumah Harapan Indonesia…

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:44 WIB

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Depok 25 Mei 2019, Seluruh umat muslim di dunia menyambut suka-cita datangnya bulan penuh berkah, Ya tentu saja bulan Ramadhan begitu dinanti semua umat islam. Dengan menyambutnya bulan Ramadhan…

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:20 WIB

FJGS 2019 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta

akarta, 25 Mei 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE yang tahun ini mengangkat tema SHOPPING SPIRIT. Opening Ceremony diadakan…

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia yang diwakili oleh Harry Rusmana Irawan, Economic Counsellor Embassy of The Republic of Indonesia.

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:04 WIB

Bukalapak Luncurkan BukaGlobal di Malaysia

Masih dalam rangkaian peluncuran inisiatif terbaru Bukalapak, BukaGlobal, yang menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan regional konsumen di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan…

Safari Ramadhan Asabri

Minggu, 26 Mei 2019 - 16:08 WIB

Sinergi 4 Bumn Yang Membawa Cahaya Kebaikan Di Ntb

PT Asabri (Persero) bersinergi dengan tiga BUMN lainnya yaitu PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan…