Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Lubukbasung- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam Erniwati di Lubukbasung, belum lamaini mengatakan PAD Rp140 juta berasal dari retribusi biaya masuk dan tempat parkir di tiga objek wisata yakni, Objek Wisata Muko-muko, Ambun Tanai dan Bandar Mutiara.

"Ke tiga objek wisata itu merupakan milik pemerintah setempat, PAD hanya berasal dari retribusi masuk dan tempat parkir," katanya.

Di Agam, tambahnya, ada lima objek wisata milik pemerintah. Dua objek wisata lainnya yakni, Objek Wisata Linggai dan Satu Juta Janjang.

Saat ini dua objek wisata tersebut dalam proses pembangunan dan apabila selesai dibangun, maka akan bertambah PAD.

"Dua objek wisata itu berkemungkinan selesai dalam waktu dekat, sehingga ada daya tarik bagi pengunjung," tegasnya.

Pada 2019, tambahnya, pihaknya seperti dilansir Antara menargetkan jumlah kunjungan wisata ke objek wisata di daerah itu sebanyak600.000 orang.

Sementara pada 2020, menargetkan jumlah kunjungan sekitar satu juta orang.

Agar target ini tercapai, pihaknya mengadakan Tour de Antokan (TdA) digelar pada Maret 2019, Minang Geopark pada Agustus 2019.

Selain itu Tour de Singkarak (TdS) pada November 2019, Pacu Kuda kerjasama dengan Pemko Bukittinggi pada pada Maret 2019, Persiapan Festival Pesona Maninjau pada Desember 2019 dan lainnya.

"Dengan kegiatan ini kita optimis target akan tercapai sehingga perekonomian masyarakat sekitar membaik, karena objek wisata itu merupakan lokomotif dalam menggerakan ekonomi masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas (Foto:indowarta.com)

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:28 WIB

Paranormal Terkenal Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar duka dari Ki Gendeng Pamungkas. Paranormal bernama asli Isan Massardi, itu,meninggal dunia pada Sabtu (6/6/2020) sekitar pukul 15.00 di Rumah Sakit Mulia Pajajaran, Kota Bogor

President University Menerapkan Kampus Merdeka

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Rektor Jony Haryanto Jelaskan Bagaimana President University Menerapkan Kampus Merdeka

Jony mengungkapkan bahwa konsep Kampus Merdeka telah diterapkan President University sejak lama. Target lulusan President University yang berkarya dengan pengembangan karakter, keterampilan,…

Nur Isny Kepala Kampung perbatasan Indonesia Papua Nugini

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:14 WIB

Luar Biasa, Nur Isny Willa Istri Prajurit TNI Menjadi Kepala Kampung di Perbatasan RI-Papua Nugini

Isny Willa salah satu anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII dari Kodim 1707/Merauke perlu di contoh dan menjadi inspiratif bagi anggota Persit maupun wanita…

Signify Bebas Kemasan Produk Konsumen Bebas Plastik di 2021

Minggu, 07 Juni 2020 - 12:00 WIB

Signify Bebas Kemasan Produk Konsumen Bebas Plastik di 2021

Setiap tahun, delapan juta ton plastik berakhir di lautan, membunuh satu juta burung laut dan mengancam punah kehidupan ratusan spesies laut. Polusi plastik telah menjadi salah satu masalah…

TPA Cipeucang (Foto Dok WartaKota)

Minggu, 07 Juni 2020 - 11:50 WIB

Pemkot Tangsel Harus Bertanggung Jawab Terkait Bau Sampah TPA Cipeucang

Sudah 2 minggu sejak dinding penahan sampah TPA Cipeucang ambrol dan bau sampah menyebar hingga radius 7 kilometer, tidak kata permintaan maaf dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada masyarakat…