Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Lubukbasung- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam Erniwati di Lubukbasung, belum lamaini mengatakan PAD Rp140 juta berasal dari retribusi biaya masuk dan tempat parkir di tiga objek wisata yakni, Objek Wisata Muko-muko, Ambun Tanai dan Bandar Mutiara.

"Ke tiga objek wisata itu merupakan milik pemerintah setempat, PAD hanya berasal dari retribusi masuk dan tempat parkir," katanya.

Di Agam, tambahnya, ada lima objek wisata milik pemerintah. Dua objek wisata lainnya yakni, Objek Wisata Linggai dan Satu Juta Janjang.

Saat ini dua objek wisata tersebut dalam proses pembangunan dan apabila selesai dibangun, maka akan bertambah PAD.

"Dua objek wisata itu berkemungkinan selesai dalam waktu dekat, sehingga ada daya tarik bagi pengunjung," tegasnya.

Pada 2019, tambahnya, pihaknya seperti dilansir Antara menargetkan jumlah kunjungan wisata ke objek wisata di daerah itu sebanyak600.000 orang.

Sementara pada 2020, menargetkan jumlah kunjungan sekitar satu juta orang.

Agar target ini tercapai, pihaknya mengadakan Tour de Antokan (TdA) digelar pada Maret 2019, Minang Geopark pada Agustus 2019.

Selain itu Tour de Singkarak (TdS) pada November 2019, Pacu Kuda kerjasama dengan Pemko Bukittinggi pada pada Maret 2019, Persiapan Festival Pesona Maninjau pada Desember 2019 dan lainnya.

"Dengan kegiatan ini kita optimis target akan tercapai sehingga perekonomian masyarakat sekitar membaik, karena objek wisata itu merupakan lokomotif dalam menggerakan ekonomi masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…

Foto Ilustrasi flu burung H9N2

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:13 WIB

FAO Apresiasi Kementan Berhasil Kendalikan Flu Burung

Jakarta - Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO) memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian (Kementan)…