Industri Pariwisata, Andalan PAD Kabupaten Agam Sumbar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 19 April 2019 - 17:00 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Lubukbasung- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp140 juta dari tiga objek wisata milik pemerintah setempat selama 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam Erniwati di Lubukbasung, belum lamaini mengatakan PAD Rp140 juta berasal dari retribusi biaya masuk dan tempat parkir di tiga objek wisata yakni, Objek Wisata Muko-muko, Ambun Tanai dan Bandar Mutiara.

"Ke tiga objek wisata itu merupakan milik pemerintah setempat, PAD hanya berasal dari retribusi masuk dan tempat parkir," katanya.

Di Agam, tambahnya, ada lima objek wisata milik pemerintah. Dua objek wisata lainnya yakni, Objek Wisata Linggai dan Satu Juta Janjang.

Saat ini dua objek wisata tersebut dalam proses pembangunan dan apabila selesai dibangun, maka akan bertambah PAD.

"Dua objek wisata itu berkemungkinan selesai dalam waktu dekat, sehingga ada daya tarik bagi pengunjung," tegasnya.

Pada 2019, tambahnya, pihaknya seperti dilansir Antara menargetkan jumlah kunjungan wisata ke objek wisata di daerah itu sebanyak600.000 orang.

Sementara pada 2020, menargetkan jumlah kunjungan sekitar satu juta orang.

Agar target ini tercapai, pihaknya mengadakan Tour de Antokan (TdA) digelar pada Maret 2019, Minang Geopark pada Agustus 2019.

Selain itu Tour de Singkarak (TdS) pada November 2019, Pacu Kuda kerjasama dengan Pemko Bukittinggi pada pada Maret 2019, Persiapan Festival Pesona Maninjau pada Desember 2019 dan lainnya.

"Dengan kegiatan ini kita optimis target akan tercapai sehingga perekonomian masyarakat sekitar membaik, karena objek wisata itu merupakan lokomotif dalam menggerakan ekonomi masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:30 WIB

Menhan Ryacudu Pastikan Kondisi Aksi 22 Mei Kondusif Stabil

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizad Ryacudu memastikan kondisi keamanan menjelang aksi 22 Mei 2019 berjalan kondusif dan stabil.

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:20 WIB

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Pemerintah mengabulkan harapan Ida Faridha (54) warga Kawarang untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku telah menelusuri keberadaan…

Brigjen Pol Mohammad Iqbal Karopenmas Polri

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:03 WIB

Enam Sikap Masyarakat Jelang Pengumuman Resmi KPU Terkait Pilpres

Sehubungan dengan pengumuman terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024, terdapat masa-masa yang tidak menginginkan/menolak/makar terhadap Presiden terpilih nanti pada…

Cosmas Batubara Direktur Utama Agung Podomoro Land

Selasa, 21 Mei 2019 - 18:57 WIB

Soft Opening Pullman Hotel Ciawi Senilai Rp1 Triliun

Bogor - Beroperasinya Pullman Ciawi yang merupakan resort hotel bintang 5 pertama yang berada di kawasan Ciawi Bogor, sangat ditunggu oleh masyarakat Jakarta karena merupakan satu-satunya hotel…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 18:47 WIB

Jelang Lebaran, BRI Ajak Nasabah untuk Bertransaksi Secara Non Tunai

Jakarta - Jelang libur dan cuti bersama lebaran 2019, Bank BRI tetap fokus meningkatkan transaksi non tunai. E-channel dan berbagai layanan disiapkan agar nasabah nyaman bertransaksi secara…