Terra Drone Indonesia Monitor Jalur Transmisi Listrik Milik PLN

Oleh : Herry Barus | Senin, 15 April 2019 - 11:13 WIB

Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)
Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - PT PLN (Persero) sebagai perusahaan penyedia listrik di Indonesia memiliki kewajiban untuk memastikan kegiatan distribusi listrik ke setiap daerah dapat terpenuhi. Untuk menunjang kegiatan tersebut, banyak hal yang dilakukan tidak hanya terkait pembangkitan, namun juga transmisi dan distribusi. Pemeliharaan jalur transmisi dan distribusi menjadi hal yang penting untuk menjamin ketersediaan listrik di seluruh Indonesia.

Belum lama ini  tim Terra Drone Indonesia berhasil mendemonstrasikan kegiatan monitor jalur transmisi listrik menggunakan drone bersama Central Research Institute of Electric Power Industry (Kantor pusat: Chiyoda-ku, Tokyo, President: Masanori Matsuura, selanjutnya disebut CRIEPI)*1 di PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB). Dengan hanya waktu 10 menit, drone dapat melakukan monitoring jalur listrik sepanjang 2 km untuk mencakup 3-4 SUTT.

 “Hasil yang didapat melalui kegiatan monitor tersebut berupa point cloud atau model 3 dimensi dari jalur transmisi yang nantinya dapat dianalisis lebih jauh untuk mengetahui jarak antara kabel listrik, bagian kabel yang mulai terlihat kendur hingga manajemen vegetasi di sekitarnya yang berpotensi mengganggu, dengan sangat terperinci serta akurasi yang tinggi,” ujar Presdir Terra Drone Indonesia Michael Wishnu Wardana, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Senin (1542-19)

Data berupa 3D dari kabel listrik dan menara transmisi dihasilkan oleh perangkat lunak yang dikembangkan bersama Terra Drone dan CRIEPI. Solusi manajemen vegetasi pada jalur transmisi ini dibutuhkan untuk mengurangi risiko bahaya yang timbul akibat keberadaan objek-objek yang berpotensi mengganggu transmisi listrik, sesuai dengan standar serta peraturan yang berlaku.

 Laporan Inspeksi Jalur Transmisi

 Teknologi drone yang digunakan ialah Terra Wing, yang merupakan drone fixed wing. Terra Wing dapat diaplikasikan untuk keperluan survei topografi di sektor infrastruktur, pertambangan, agrikultur, dan utilitas. Selain itu, Terra Drone Indonesia menjadi Drone Service Provider (DSP) pertama di Asia Tenggara yang berkesempatan menggunakan teknologi drone ini.

PLN sendiri sangat tertarik menggunakan drone karena terbukti dapat mengurangi risiko manusia khususnya di area bertegangan tinggi, ekonomis dalam biaya, serta hasil gambar yang berkualitas tinggi.

 Melalui kesempatan tersebut, tim kami berusaha untuk membuktikan bahwa teknologi drone dapat dengan aman melakukan pemetaan dan monitoring di wilayah dengan risiko tinggi seperti di sektor energi dan utilitas. Kedepannya, Terra Drone Indonesia akan terus memperkenalkan teknologi drone sebagai solusi yang dapat di gunakan dengan aman untuk digunakan di sektor tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:56 WIB

PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru…

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 (Foto Setpres)

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi akan Bahas Tiga Topik di KTT G-20

Mengenai KTT negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20), di Osaka, Jepang, 28-29 Juni mendatang, Presiden Jokowi mengatakan, ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan…

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:30 WIB

Satuan Batalion Prajurit TNI Laksanakan Misi Perdamaian PBB

Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP terpilih menjadi satuan tugas misi perdamaian PBB.

Pengerukan Sendimen ditepi sungai Citarum oleh PT. South Pacific Viscose

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:08 WIB

Investor Austria Apresiasi Pemerintah Indonesia Atas Pemberian Izin Pengerukan Sendimen Ditepi Sungai Citarum

Pada pekerjaan pengerukan tersebut, PT. South Pacific Viscose yang merupakan bagian bisnis Lenzing AG dari negara Austria bekerjasama dengan PT. Barokah Jaya untuk pekerjaan di sungai serta…

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:00 WIB

RI-ASEAN Bersatu Hadapi Perang Dagang AS-Tiongkok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, di Bangkok, Thailand, 22—23 Juni mendatang, akan mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi…