Usai Diresmikan, Tol Pasuruan - Probolinggo Masih Digratiskan

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 11 April 2019 - 10:03 WIB

Presiden Jokowi resmikan Tol Paspro
Presiden Jokowi resmikan Tol Paspro

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Jalan tol Pasuruan – Probolinggo seksi I – III sepanjang 31,3 Km telah diresmikan Presiden Joko Widodo. Dengan diresmikannya jalan bebas hambatan itu, potensi ekonomi di wilayah Tapal Kuda akan semakin terkerek. Khususnya terhadap penguatan potensi kawasan Bromo Tengger Semeru.

Dalam peresmian tersebut, hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra.

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo mengatakan, dari Cawang-Probolinggo sudah tembus jalan tol sepanjang 840 Km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa atau Merak sampai Probolinggo sudah tembus sepanjang 962 Km. “Kalau nanti dari Merak sampai Banyuwangi 1.148 Km. Berarti kurang 186 Km. Insyaallah tembusnya tahun 2021,” jelasnya, Rabu.

Presiden Jokowi berharap, dengan tembusnya jalan tol tersebut akan terjadi mobilitas orang, barang dan logistik yang lebih cepat. Dan juga diharapkan kawasan industri kecil dan mikro yang ada di daerah bisa cepat berkembang karena akses ke logistik, barang dan produk lebih mudah, murah dan efisien. Termasuk akses ke tempat pariwisata.

Presiden Jokowi menjelaskan, setelah diresmikan hari ini, Tol Paspro sudah bisa langsung digunakan. Operasional tol ini akan digratiskan selama sepekan atau masa percobaan. 

“Akses itu akan membantu kawasan Bromo-Tengger-Semeru yang sudah dimasukkan dalam kawasan strategis wisata nasional,” papar Jokowi.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) RI, panjang total jalan tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 45 Km dan 31,3 kilometernya berkondisi siap operasi. Dari panjang tersebut terdapat simpang susun 4 buah, dan biaya investasi mencapai Rp. 4,80 triliun.

Pembangunan jalan tol yang dimulai 25 Juni 2007 itu ditandai dengan penandatanganan PPJT. Dengan masa konsesi sekitar 45 tahun. Adapun rincian jalan tol yang siap operasi pada seksi I Grati-Tonggas mencapai 13,5 Km, seksi II Tonggas-Probolinggo Barat (6,9 Km), dan seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur (10,9 Km). 

Sedangkan yang masih dalam tahap proses evaluasi rencana usaha pada seksi IV Probolinggo Timur-Gending mencapai 13,7 Km dengan target operasi 2024.
Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuturkan, dengan diresmikannya ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III tersebut masih membutuhkan tambahan sekitar 13,7 Km lagi untuk melanjutkan Jalan Tol dari Probolinggo Timur sampai Gending.

 “Jika beroperasi, maka ini sangat membantu Kawasan Bromo Tengger Semeru yang sudah dimasukkan dalam kawasan strategis pariwisata nasional,” ujarnya saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian jalan tol ruas Pasuruan-Probolinggo seksi I-III.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim itu juga menambahkan, di Kabupaten Probolinggo terdapat Pelabuhan Tanjung Tembaga. Pelabuhan tersebut akan membantu proses bongkar muat dari Probolinggo, Situbondo, Lumajang, hingga Pasuruan.

“Jika tol ini beroperasi disertai dengan jalan tol Pandaan-Pakis siap beroperasi akan membuka peluang bongkar muat dari Malang. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Jatim akan mengalami percepatan yang luar biasa,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, operasional Tol Paspro akan mengurangi 50 hingga 60 persen kepadatan jalan nasional. Meski begitu, wilayah Jatim masih membutuhkan tambahan 13,7 kilometer untuk melanjutkan seksi empat hingga tembus ke Gending.

Meski begitu, ia mengatakan pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk merampung seksi IV dan V dari tol tersebut. Targetnya, kedua seksi sepanjang 13,7 km bisa rampung pada akhir tahun ini.

Tol Pasuruan-Probolinggo merupakan salah satu jalan tol yang masuk dalam rangkaian Tol Trans Jawa. Selain itu, tol tersebut juga merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.