Tol Paspro Seksi 4 Masih Tunggu Pengajuan Izin

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 11 April 2019 - 09:22 WIB

Proyek ruas tol Pasuruan-Probolinggo (PasPro).
Proyek ruas tol Pasuruan-Probolinggo (PasPro).

INDUSTRY.co.id,  Jakarta - Pemerintah saat ini sudah menyelesaikan pembangunan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi satu hingga tiga. Saat ini, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan tengah menunggu badan usaha mengajukan izin pembangunan seksi empat Tol Paspro.

“Jadi kami sendiri masih menunggu dari PT Waskita Toll Road untuk mengajukan izin prakarsanya untuk ke seksi empat,” kata Danang usai peresmian Tol Paspro, Rabu (10/4/2019).

Dengan penambahan seksi empat, Danang memastikan Tol Paspro nantinya bisa mencapai 45 kilometer. Sekarang ini, kata dia, jalan Tol Paspro yang sudah diresmikan baru sepanjang 31 kilometer.

Jadi, lanjut Danang, jika melihat Tol Trans Jawa dari 810 km akan ditambah 31 kilometer karena Tol Paspro juga menjadi bagiannya. Hanya saja, Danang memastikan hingga saat ini pemrakarsa badan usaha belum mengajukan perizinan untuk menggarap seksi empat Tol Paspro.

Meskipun begitu, Danang memastikan, dari sisi desain untuk seksi empat Tol Paspro sudah selesai, berikut dengan trasenya. “Tinggal nanti kemudian izin prakarsa badan usaha, kemudian nanti penlok, pengadaan tanah, dan seterusnya,” jelas Danang.

Tol Paspro sepanjang 31 kilometer yang diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini terdiri dari tisa seksi. Seksi pertama yakni Grati-Tonggas (13,5 kilometer), sekdi dua Tonggas-Probolinggo Barat (6,9 kilometer), dan seksi tiga probolinggo-Barat-Probolinggo Timur (10,9 kilometer). Sementara seksi empat akan dibangung dengan menghubungkan Probolinggo Timur-Gending (13,7 kilometer).

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan operasional Tol Paspro akan mengurangi 50 hingga 60 persen kepadatan jalan nasional. Meski demikian, Khofifah mengungkapkan Jawa Timur masih membutuhkan tambahan 13,7 kilometer untuk melanjutkan seksi empat hingga tembus ke Gending.

“Akses itu (Probolinggo Timur-Gending) akan membantu kawasan Bromo-Tengger-Semeru yang sudah dimasukan dalam kawasan strategis wisata nasional,” ujar Khofifah.

Ruas Tol Paspro merupakan bagian dari tol Trans Jawa. Tol sepanjang 31,30 kilometer ini telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2018. Pengerjaan proyek Tol Paspro dimulai Mei 2016 dan selesai pada Desember 2018. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…