500 Pasukan Khusus TNI Siap Hadapi Aksi Terorisme

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 April 2019 - 08:27 WIB

Ilustrasi Marinir latihan tempur (Foto Ist)
Ilustrasi Marinir latihan tempur (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pasukan gabungan TNI menggelar latihan penanggulangan terorisme di Ancol, Jakarta, Selasa (9/4/2019), untuk menguji kesiapsiagaan pasukan dalam menghadapi potensi teror.

"Latihan penanggulangan terorisme TNI tahun 2019 ini dimaksudkan untuk menguji kesiapsiagaan pasukan-pasukan khusus TNI yang terdiri atas Sat-81 Gultor Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Sat Bravo 90 Korpaskhas TNI AU," tutur Komandan Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) Mayjen TNI (Mar) Suhartono usai pelatihan.

Suhartono menjelaskan, pelatihan yang melibatkan lebih dari 500 personel itu dimulai dengan latihan gladi posko satu, yakni latihan perencanaan sebelum melakukan manuver di lapangan.

Salah satu yang dilatih dalam posko satu adalah mekanisme perencanaan yang diawali dengan kegiatan hubungan antara komandan dan staf.

"Mulai dari menerima direktif dari pimpinan, kemudian analisis tugas, sampai merencanakan rencana manuver dengan melihat berbagai macam situasi dan kondisi di lapangan," kata Suhartono.

Simulasi itu juga menguji pasukan menemukan alternatif dan cara-cara bertindak yang mungkin digunakan saat menghadapi ancaman teror.

Ia mencontohkan, alternatif yang dapat digunakan dalam simulasi adalah jalur udara dengan helikopter, jalur darat dengan mobil khusus dan jalur laut dengan jetski.

Setelah perencanaan, simulasi berlanjut dengan gladi lapangan berupa menjalankan rencana yang disusun staf untuk diimplementasikan di lapangan.

"Di sini kami uji kemampuan teknis dan taktis dari semua elemen yang terlibat di situ," ucap Suhartono.

Kemudian untuk penyelesaian sasaran, masing-masing pasukan mempunyai kriteria yang berbeda-beda, tergantung tantangan yang dihadapi, misalnya jumlah teroris dan musuh, sandera, situasi di ruangan dan di lapangan.

"Pasukan ini bisa digerakan setiap saat atas perintah Panglima TNI apabila ada kasus-kasus yang sebenarnya," tutur Suhartono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:10 WIB

Hari Ini Aksi Profit Taking Warnai Bursa Saham

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal bergerak kembali mengalami konsolidasi bertahan diatas 6400 yang merupakan level psikologis secara teknikal. Pergerakan break out support Moving Average…