Riset MarkPlus: Shopee Jadi Top of Mind Brand e-Commerce Bagi Perempuan
Oleh : Ridwan | Kamis, 04 April 2019 - 19:45 WIB

Nana Mirdad Punya Brand Lipstick di Shopee (Foto Anisa)
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah merilis hasil riset mengenai brand e-commerce mana yang memiliki awareness tinggi di mata konsumen pada tahun lalu, MarkPlus, Inc., selaku perusahaan konsultan marketing serta riset, kembali menggelar riset serupa.
Tema utama kali ini adalah untuk melihat seberapa jauh e-commerce memberdayakan segmen perempuan. Karena tentu saja kehadiran e-commerce selaku platform belanja online, memiliki benefit dan pengalaman transaksi berbeda dibanding membeli langsung di gerai atau offline. Termasuk juga pengaruh kepada behaviour atau perilaku berbelanja di platform online tersebut.
"Riset kami juga melihat bagaimana e-commerce bisa memberdayakan perempuan baik dari sisi konsumen maupun penjual. Apa yang mendorong para perempuan bertransaksi di e-commerce hingga seperti apa e-commerce bisa mempermudah hidup mereka," ujar Head of communication, Hi-Tech and Media Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo dalam acara Smart Women Talks: Empowering Women Through E-Commerce #UntukPerempuan, di Restoran Aroma Sedap, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/4).
Salah satu faktor yang diriset adalah sejauh mana manfaat e-commerce dirasakan para perempuan modern. Mayoritas dari mereka menyatakan e-commerce mempermudah kegiatan belanja karena bisa dilakukan di mana saja. Hal ini tentu menarik, karena bukan faktor harga terjangkau yang menjadi pertimbangan utama berbelanja online.
Dari sisi seller atau penjual, alasan utama mereka membuka bisnis melalui e-commerce adalah karena keinginan kuat memiliki penghasilan sendiri, selain kebebasan untuk berkarya.
Riset pun dilakukan untuk melihat brand #UntukPerempuan mana saja yang menjadi pilihan utama mereka. Brand besar seperti Shopee, Tokopedia, sampai Zalora menjadi nama-nama yang sering disebut dalam riset di berbagai kategori survei.
"Yang paling umum adalah brand e-commerce mana yang menjadi top of mind. Shopee menjadi top of mind brand e-commerce bagi para perempuan dengan persentase 56%. Baru diikuti Tokopedia dan Lazada yang terpaut cukup jauh, yaitu sebesar 16,3% dan 11,8%," sambung Rhesa.
Segmen perempuan juga tidak terlepas dari fashion. Kehadiran berbagai brand e-commerce mendorong banyak bermunculannya platform khusus fashion. Uniknya, walau ada brand e-commerce khusus fashion, nama Shopee masih menjadi favorit ketika para perempuan dengan persentase 50,2%, yang kemudian diikuti oleh Zalora (9,5%) dan Lazada (8,8%).
Riset sendiri dilakukan dengan sekitar 1.200 sampel meliputi wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, sampai Bali. Rentang usia yang diambil mulai dari 18 tahun sampai 55 tahun, di mana mayoritas ada di kisaran 24 sampai 29 tahun dengan mata pencaharian sebagai karyawan swasta. Dari waktunya, riset dilakukan pada bulan Februari 2019.
Baca Juga
Debut Data Center Asia Indonesia di IEE Series 2025: Langkah Strategis…
Kerasnya Revolusi Digital! Pengamat Ini Bicara Visi Indonesia Emas…
Hadirkan WiFi Managed Service untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan…
Konsep Baru Red Hat 'Any Model, Any Accelerator, Any Cloud' Siap…
Alibaba Luncurkan Model AI Pemrograman untuk Pengembangan Perangkat…
Industri Hari Ini

Jumat, 01 Agustus 2025 - 12:27 WIB
LKC Dompet Dhuafa bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar Luncurkan Rumoh Gizi Gampong
Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Aceh, bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan didukung oleh Badan Kependudukan…

Jumat, 01 Agustus 2025 - 11:31 WIB
DPR RI Setujui Pemberian Abolisi untuk Tom Lembong dan Amnesti bagi Hasto Kristiyanto serta 1.116 Warga
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyatakan telah memberikan persetujuan atas surat Presiden Republik Indonesia terkait pemberian abolisi dan amnesti kepada sejumlah pihak.…

Jumat, 01 Agustus 2025 - 11:24 WIB
Pendapatan ESSA Turun Sebesar 9 Persen YoY pada 1H 2025
PT ESSA Industries Indonesia Tbk. (ESSA), perusahaan tercatat yang bergerak di sektor Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak, melaporkan pendapatan…

Jumat, 01 Agustus 2025 - 11:02 WIB
Mayora Sahabat Warung Kecil yang Menjaga Denyut Ekonomi Mikro
Warung kelontong adalah denyut nadi perekonomian rakyat di hampir setiap sudut kota dan desa. Dari gang sempit perkampungan hingga pinggir jalan besar, warung menjadi andalan masyarakat untuk…

Jumat, 01 Agustus 2025 - 10:49 WIB
ProChile Kenalkan Hasil Pertanian O’Higgins dalam Acara Kolaboratif Bersama Pelaku Kuliner Indonesia
ProChile, Komisi Perdagangan Chili di Indonesia menghadirkan pengalaman unik pencocokan makanan dan Wines. Acara pencocokan rasa ini berlangsung di Show Kitchen Electrolux Indonesia, menghadirkan…
Komentar Berita