Perusahaan Tekstil Asal China Bakal Bangun Pabrik Senilai Rp 6 Triliun di KIK

Oleh : Ridwan | Jumat, 29 Maret 2019 - 11:10 WIB

Puluhan Investor Baru Masuk Kawasan Industri Kendal
Puluhan Investor Baru Masuk Kawasan Industri Kendal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan tekstil asal Negeri Tirai Bambu akan segera merealisasikan investasinya dengan membangun pabrik senilai Rp 6 triliun di Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat seusai pembukaan Indo Intertax 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

"Iya benar, investasinya Rp6 triliun di Kendal, Jawa Tengah," kata Ade.

Ditambahkan Ade, pabrik tersebut nantinya akan memproduksi kain tekstil untuk dibuat menjadi kemeja. Ia menargetkan pabrik dapat beroperasi di tahun 2020.

"Itu kain untuk kemeja. Target operasional itu di 2020 akhir ya," terangnya.

Menurutnya, dengan adanya pabrik tersebut nantinya bisa mengurangi nilai impor hingga US$ 1 miliar. Sebab, selama ini produsen kemeja di Indonesia masih mengimpor kain sebagai bahan baku.

Selain itu, produksi kemeja untuk ekspor juga akan lebih optimal. Pasalnya, waktu pengiriman ekspor akan memakan waktu lebih cepat dari biasanya mencapai 10 hari lamanya.

"Ini bisa mengurangi impor US$ 1 miliar. Jadi kita akan mengurangi impor yang sangat besar nantinya karena dia pindah ke sini (Kendal) dan tentu yang diuntungkan buyer kita di Amerika Serikat karena proses pengiriman lebih pendek dan cepat," terang dia.

Saat ini progres pembangunan pabrik telah mencapai tahap pembebasan lahan. Dengan begitu, harapan pengoperasian dapat segera terlaksana. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…