Presiden Jokowi Nyatakan MRT Jakarta Siap Beroperasi

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 22 Maret 2019 - 07:34 WIB

Presiden Jokowi didampingi Menhub dan Gubernur DKI menjawab wartawan setelah mencoba kembali MRT Jakarta, Kamis (21/3) petang. (Foto: Rahmat/Humas Setkab)
Presiden Jokowi didampingi Menhub dan Gubernur DKI menjawab wartawan setelah mencoba kembali MRT Jakarta, Kamis (21/3) petang. (Foto: Rahmat/Humas Setkab)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, Moda Raya Transportasi atau Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta tahap I dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta hingga Stasiun Lebak Bulus pulang baik sudah siap dioperasikan.

“Siap, ini sudah diuji coba lama. Kebanyakan uji coba penuh. Tapi itu terserah keputusan dari manajemen. Yang berurusan dengan keselamatan juga,” kata Presiden Jokowi di Stasiun Istora, Senayan, Jakarta, usai mencoba kembali MRT dari Bundaran HI ke Lebak Bulus dan kembali dari Lebak Bulus hingga Stasiun Istora, Senayan, kemarin.

Presiden menilai, secara umum persiapan pengoperasian MRT itu sudah baik meski masih masih ada komplain mengenai jarak antara kereta dan platformnya, yang dianggap masih terlalu lebar, dan juga tulisan yang kurang gede di pintu.

Ia menilai, komplain-komplain tersebut sebagai koreksi yang didengar dari penumpang, yang tentunya akan coba diperbaiki oleh manajemen.

Demikian pula mengenai integrasi dari Trans Jakarta dengan MRT, Presiden Jokowi yang dalam kesempatan ini sempat naik busway dari Halte Monas menuju Stasiun MRT Bundaran HI menilai sudah ada integrasi.

“Sudah, kan hanya nyebrang 10 meter, kan. Sudah sampai. Ya, itu terintegrasi namanya,” ujar Presiden Jokowi.

Namun Presiden berharap nantinya MRT Jakarta ini akan semakin banyak rute yang tersambung, terintegrasi dengan moda transportasi lain. “Ya, akan semakin banyak. Ditambah nanti dipaksa dengan electronic road pricing (ERP),” ucapnya.

Menurut Presiden, sudah ada rapat antara pemerintah pusat, dengan DKI, dengan Wali Kota Depok, Wali Kota Bekasi, Wali Kota Bogor, Wali Kota Tangerang Selatan, Wali Kota Tangerang, dengan Gubernur Banten, dan Jawa Barat, semuanya bahwa integrasi moda transportasi ini harus sambung.

“Sepakat itu artinya, apa yang dibutuhkan akan disiapkan. Dikerjakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, provinsi maupun kabupaten/kota,” pungkas Presiden Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, MRT Jakarta rencananya akan diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi pada Minggu (24/3) mendatang. Dalam kesempatan ini, Presiden juga akan melakukan groundbreaking pembangunan jalur MRT tahap II.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rencana Pembangunan Solar Park di Indonesia Timur (foto Kemnterian ESDM)

Minggu, 17 Januari 2021 - 15:10 WIB

Tak Kalah dengan Portugal dan Arab Saudi, Dirjen EBTKE: Kami Akan Bangun Solar Park, Satu Hamparan Luas di Indonesia Timur yang Isinya Solar Panel Saja...

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menyatakan bahwa Pemerintah akan berencana mengembangkan taman panel surya atau surya…

PT Kimia Farma Tbk (KAEF)

Minggu, 17 Januari 2021 - 14:35 WIB

PEFINDO Berikan Peringkat 'idAA-' kepada MTN Kimia Farma

PEFINDO memberikan peringkat “idAA-” kepada MTN Kimia Farma Tbk (Kimia Farma) sebesar Rp600 miliar yang akan jatuh tempo pada tanggal 15 Maret 2021.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Photo by Lifestyle - Bisnis.com)

Minggu, 17 Januari 2021 - 14:15 WIB

Warga Tolong Catat! Ini Daftar Kelompok Masyarakat yang Tak Bisa Disuntik Vaksin COVID-19 Sinovac

Pemerintah telah resmi memulai program vaksinasi COVID-19 yang diberikan secara gratis kepada masyarakat, Rabu (13/01/2021) lalu, ditandai dengan pemberian vaksin kepada Presiden RI Joko Widodo…

Ilustrasi gas elpiji

Minggu, 17 Januari 2021 - 14:04 WIB

Tolong Catat! Menteri ESDM Tetapkan Harga Patokan Elpiji 3 Kg

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerbitkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang Harga Patokan Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram. Harga…

The Mandalika Sport Tourism

Minggu, 17 Januari 2021 - 13:00 WIB

The Mandalika NTB Siap Jadi Destinasi Sport Tourism Unggulan

. Selain mengadakan perbincangan dan diskusi mengenai progres pembangunan The Mandalika, Menparekraf juga mengunjungi Masjid Nurul Bilad, bakal lokasi pembangunan Creative Hub, Kuta Beach Park,…