Presiden Jokowi Nyatakan MRT Jakarta Siap Beroperasi

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 22 Maret 2019 - 07:34 WIB

Presiden Jokowi didampingi Menhub dan Gubernur DKI menjawab wartawan setelah mencoba kembali MRT Jakarta, Kamis (21/3) petang. (Foto: Rahmat/Humas Setkab)
Presiden Jokowi didampingi Menhub dan Gubernur DKI menjawab wartawan setelah mencoba kembali MRT Jakarta, Kamis (21/3) petang. (Foto: Rahmat/Humas Setkab)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, Moda Raya Transportasi atau Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta tahap I dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta hingga Stasiun Lebak Bulus pulang baik sudah siap dioperasikan.

“Siap, ini sudah diuji coba lama. Kebanyakan uji coba penuh. Tapi itu terserah keputusan dari manajemen. Yang berurusan dengan keselamatan juga,” kata Presiden Jokowi di Stasiun Istora, Senayan, Jakarta, usai mencoba kembali MRT dari Bundaran HI ke Lebak Bulus dan kembali dari Lebak Bulus hingga Stasiun Istora, Senayan, kemarin.

Presiden menilai, secara umum persiapan pengoperasian MRT itu sudah baik meski masih masih ada komplain mengenai jarak antara kereta dan platformnya, yang dianggap masih terlalu lebar, dan juga tulisan yang kurang gede di pintu.

Ia menilai, komplain-komplain tersebut sebagai koreksi yang didengar dari penumpang, yang tentunya akan coba diperbaiki oleh manajemen.

Demikian pula mengenai integrasi dari Trans Jakarta dengan MRT, Presiden Jokowi yang dalam kesempatan ini sempat naik busway dari Halte Monas menuju Stasiun MRT Bundaran HI menilai sudah ada integrasi.

“Sudah, kan hanya nyebrang 10 meter, kan. Sudah sampai. Ya, itu terintegrasi namanya,” ujar Presiden Jokowi.

Namun Presiden berharap nantinya MRT Jakarta ini akan semakin banyak rute yang tersambung, terintegrasi dengan moda transportasi lain. “Ya, akan semakin banyak. Ditambah nanti dipaksa dengan electronic road pricing (ERP),” ucapnya.

Menurut Presiden, sudah ada rapat antara pemerintah pusat, dengan DKI, dengan Wali Kota Depok, Wali Kota Bekasi, Wali Kota Bogor, Wali Kota Tangerang Selatan, Wali Kota Tangerang, dengan Gubernur Banten, dan Jawa Barat, semuanya bahwa integrasi moda transportasi ini harus sambung.

“Sepakat itu artinya, apa yang dibutuhkan akan disiapkan. Dikerjakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, provinsi maupun kabupaten/kota,” pungkas Presiden Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, MRT Jakarta rencananya akan diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi pada Minggu (24/3) mendatang. Dalam kesempatan ini, Presiden juga akan melakukan groundbreaking pembangunan jalur MRT tahap II.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Prajurit Marinir Sidoarjo Laksanakan Olah Raga

Minggu, 07 Juni 2020 - 05:30 WIB

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Prajurit Marinir Sidoarjo Laksanakan Olah Raga

Dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh dan kebugaran fisik, prajurit Brigif 2 Marinir melaksanakan olahraga di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Sabtu (06/06/2020).

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras

Minggu, 07 Juni 2020 - 05:00 WIB

Kementerian Sosial Siap Berlakukan Tatanan Normal Baru

Persiapan penerapan tatanan normal baru di Kementerian Sosial terus ditingkatkan. Sejak kemarin, dan diteruskan hari ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras mengecek kesiapan…

Anak-Anak Perbatasan Peroleh Bimbingan Pengajian dari Prajurit Kostrad

Minggu, 07 Juni 2020 - 04:30 WIB

Anak-Anak Perbatasan Peroleh Bimbingan Pengajian dari Prajurit Kostrad

Tak hanya melaksanakan tugas utamanya dalam menjaga perbatasan RI-PNG sektor selatan, prajurit Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga turut serta menjadi guru ngaji bagi anak-anak di Kampung…

Ratusan Prajurit Shalat Jumat Perdana di Masjid Soedirman Mabes TNI

Minggu, 07 Juni 2020 - 04:00 WIB

Ratusan Prajurit Shalat Jumat Perdana di Masjid Soedirman Mabes TNI

Masjid Soedirman Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, menggelar Shalat Jumat perdana, di masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) transisi Virus Corona atau Covid-19 menuju New Normal.

Korps Marinir Tingkatkan Kewaspadaan Pertahanan Pantai

Minggu, 07 Juni 2020 - 03:30 WIB

Korps Marinir Tingkatkan Kewaspadaan Pertahanan Pantai

Kepala Staf Korps Marinir (Kaskormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr. (Han), memimpin rapat dalam rangka pembentukan satuan pertahanan pantai di Ruang Rapat Agoes Soebekti Markas…