Presiden Jokowi: Pelabuhan Sibolga Dapat Angkut CPO

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 Maret 2019 - 18:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Sibolga- Presiden Joko Widodo berharap pelabuhan Sibolga dapat mengangkut Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa sawit mentah yang berasal dari perkebunan kelapa sawit di pantai barat Sumatera.

"Agar pelabuhan Sibolga benar-benar memberikan manfaat ekonomi yang baik untuk kawasan sekitar. Kalau CPO di sini ada 'terminal storage-nya', mungkin dari Aceh bagian selatan bisa ke sini kemudian dari Tapsel (Tapanuli Selatan) bisa ditarik ke sini lebih dekat dibanding lewat darat ke (pelabuhan) Belawan yang butuh waktu 10-12 jam," kata Presiden Joko Widodo di pelabuhan Sibolga, Minggu (17/3/2019)

Presiden menyampaikan hal itu saat meresmikan pelabuhan Sibolga, Tapanuli Tengah didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Turut mendampingi antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung.

"Kita akan kembangkan sedikit lagi reklamasi di sebelah sana (pelabuhan Sibolga) yang akan kita pakai untuk terminal, storage CPO. Jadi CPO dari Sibolga tidak perlu lewat darat 10 jam ke Belawan tapi langsung dari sini bisa," ungkap Presiden.

Presiden menghitung terminal penyimpangan CPO itu dapat rampung pada sekitar 2021.

"Baru dihitung-hitung akan dimulai, kira-kira biasanya 2 tahun lah maksimal (selesai)," tambah Presiden.

Dengan pembangunan tempat penampungan tersebut, pelabuhan Sibolga pun diharapkan dapat kembali berjaya.

"Memang pelabuhan Sibolga ini sudah lama tidak kita urus, padahal kota Sibolga sudah berapa? 319 tahun. Ini pelabuhan yang juga sudah lama sekali, sudah ratusan tahun sehingga melakukan pengembangan dan penataan kembali, kita harapkan dari sini penumpang lebih banyak tapi mobilitas barang dan jasa juga semakin meningkat," ungkap Presiden. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…