Kadin Sambut Positif RI-Korsel Aktifkan Lagi IK-CEPA

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 Februari 2019 - 10:52 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik kesepakatan diantara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) untuk mengaktifkan kembali kemitraan ekonomi komprehensif atau Indonesia-Korsel Comprehensive Economy Partnership Agreement (IK-CEPA).

Kesepakatan kerja sama itu dinilai dapat mendongkrak perdagangan dan investasi kedua negara.

Perundingan perjanjian dagang ekonomi komprehensif (CEPA) sempat tertunda pada 2014, namun kini kedua negara sepakat untuk menyelesaikan negosiasi pada November tahun ini. 

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani menyatakan penyelesaian perjanjian dagang di bawah satu tahun merupakan keputusan agresif.

"Namun, pelaku usaha akan memastikan forum bisnis menjadi solusi supaya perjanjian dagang bisa segera rampung," kata Rosan di Jakarta (20/2).

Rosan berharap, perdagangan kedua negara bisa meningkat hingga dua kali lipat setelah perjanjian ekonomi komprehensif selesai. Sebab, keduaya merupakan kunci penetrasi pasar di Asia.

Dengan IK-CEPA, kerja sama ekonomi diharapkan menjadi salah satu instrumen perdagangan untuk mencapai total perdagangan kedua negara senilai US$ 30 miliar (sekitar Rp 420 triliun) pada 2023.

Menurut catatan Kementerian Perdagangan (Kemendag), perdagangan Indonesia-Korsel pada tahun lalu sebesar US$ 20 miliar, tumbuh sebesar 11%. Komoditas ekspor utama Indonesia ke Korsel di antaranya adalah batu bara, tembaga, karet, kayu, serta minyak kelapa sawit. Sebaliknya, Korea Selatan mengekspor petroleum, kapal, serta barang elektronik.

Korea Selatan adalah investor kelima terbesar di Indonesia dengan proyek sebanyak 3.274 unit dan nilai investasi mencapai US$ 2 miliar pada 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Waga di Bivak Papua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 03:00 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Berikan Layanan Kesehatan Warga di Bivak Papua

Tidak hanya melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga keutuhan NKRI, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga memberikan layanan kesehatan kepada…

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…