Industri Infrastruktur Pertanian Jangan Berpusat di Jawa

Oleh : Herry Barus | Minggu, 17 Februari 2019 - 13:00 WIB

Pembangunan bendungan
Pembangunan bendungan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pakar ekonomi dari Perbanas Institute, Profesor Hermanto Siregar menyarankan kepada kedua calon presiden (capres) agar pembangunan infrastruktur pertanian tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja.

"Ada beberapa capaian bagus, dimana terdapat pembangunan waduk-waduk yang kecil dan menengah seperti yang terlihat di Provinsi Banten, ini bisa menjadi sumber pangan baru. Namun, pembangunan seperti itu jangan cuma bertumpu di Pulau Jawa," kata Hermanto yang juga Rektor Perbanas Institute tersebut saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu (17/2/2019)

Ia menjelaskan bahwa desakan konversi lahan ke pertanian sangat tinggi, sedangkan pulau-pulau di luar Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera juga memiliki potensi yang sama.

"Jadi pembangunan infrastruktur di pulau-pulau selain Jawa juga harus diperhatikan," ujar Hermanto.

Sebelumnya beberapa pengamat juga menyarankan agar kedua capres agar menyoroti pentingnya infrastruktur pembangunan pertanian dalam debat capres putaran kedua.

Infrastruktur pertanian dianggap sangat penting untuk dibicarakan, mengingat sejauh mana misalnya pembangunan infrastruktur irigasi, pengairan, embung dan sebagainya untuk menopang ketahanan pangan secara nasional.    

Debat pilpres 2019 babak kedua dimulai pada Minggu 17 Februari 2019. Debat babak kedua tersebut akan membahas energi, pangan, infrastruktur, transportasi, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat babak kedua termasuk dalam lima babak debat pilpres 2019 dengan debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme telah digelar pada 17 Januari 2019.  Debat terakhir yakni debat babak kelima akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri sekaligus akan menjadi debat pamungkas bagi seluruh rangkaian debat pilpres 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Laman resmi SehatQ

Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Mengetahui Cara Penyebaran dan Cek Risiko Covid-19 di SehatQ

Seperti yang sudah disampaikan oleh World Health Organization (WHO), virus ini tidak menyebar lewat udara. Covid-19 hanya bisa menular melalui percikan batuk, bersin, atau air liur yang terpercik…

Ilustrasi Minyak Mentah Indonesia

Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Gegara Covid-19, Harga Minyak Mentah Indonesia Tertekan Menjadi USD34,23/Barel

Agung menjelaskan, penyebab utama dari penurunan ICP adalah penyebaran Covid-19 di sebagian besar negara-negara produksi minyak mentah sehingga mengakibatkan anjloknya penurunan produksi. "Travel…

Pegadaian Salurkan Bantuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Minggu, 05 April 2020 - 15:25 WIB

Pegadaian Terus Salurkan Bantuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Kepala Divisi KBL PT Pegadaian (Persero) Hertin Maulida mengatakan, pemberian bantuan terus dilakukan sebagai salah satu wujud komitmen PT Pegadaian (Persero) untuk terus memberikan dukungan…

Digital Launge Bank Bukopin

Minggu, 05 April 2020 - 15:23 WIB

Trade Finance dan Funding Retail Jadi Andalan Bank Bukopin

Bank Bukopin berhasil menutup tahun 2019 dengan membukukan pertumbuhan kinerja secara signifikan. Selama periode tersebut, sektor trade finance menjadi salah satu andalan Perseroan untuk memacu…

Bendungn Bendo

Minggu, 05 April 2020 - 15:08 WIB

Bendungan Bendo Berkapasitas 43,11 Juta m3 Siap Digenangi Akhir Tahun 2020

Saat ini konstruksi Bendungan Bendo sudah 73,26%. Bendungan ini ditargetkan selesai konstruksinya dan siap digenangi pada akhir tahun 2020.