Tiga Juta Batang Bibit Kopi Segera Ditanam di DAS Citarun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 11 Januari 2019 - 10:57 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta penduduk di Kabupaten Bandung, Jawa Barat terus merawat Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum supaya tetap terjaga. Kelestarian dan pelestarian, kata Amran, merupakan ujud kecintaan manusia terhadap alam.

"Citarum ini dibangun agar bisa meningkatkan kesejahterakan petani, makanya di wilayah DAS Citarum tahun ini kita kasih bibit 1 juta batang bibit kopi atas perintah Bapak Presiden. Tahun depan dan tahun depannya lagi akan kita tambah lagi bibitnya menjadi total 3 juta bibit kopi," kata Amran saat bertemu petani di Kertasari, Bandung, Kamis (10/1/2019).

Amran kepada awak media mengatakan, kesejahteraan petani merupakan cita-cita Presiden yang harus dibuktikan. Maka itu, Kementan sejak beberapa tahun lalu sudah memotong biaya anggaran mulai dari biaya perjalanan dinas, biaya potong pita dan biaya seremonial lain yang dinilai tidak perlu.

"Semua biaya itu kami belikan traktor, pupuk dan bibit untuk petani termasuk petani di Bandung dan Daerah Jawa Barat lain. Kita harus ingat bahwa kita adalah pelayan rakyat. Ada amanah yang harus dipertanggungjawabkan baik dunia maupun akhirat," katanya.

Menurut Amran, kekuatan negara kita sebagian besar berasal dari para petani. Hal itu bisa dilihat dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pertanian yang terus meningkat setiap tahunnya.

"Capaian kita adalah inflasi dulu 10,5% sekarang hanya 1,2% dan meningkatnya kesejahteraan petani. Kemudian ekapor kita naik 29% tahun ini dan produksi juga naik. Tapi kenapa data itu banyak yang meragukan?" katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…

Neta S Pane, IPW (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:56 WIB

Lima Alasan IPW Desak Polri Segera Menahan Komjen Purn Sofyan Jacob

Ind Police Watch (IPW) mendesak Polri segera menahan Sofyan Jacob. Jika Sofyan tidak hadir, Polri harus melakukan upaya jemput paksa dan segera menjebloskannya ke tahanan.

Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:45 WIB

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH

Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru . Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan korban bencana…

Shabrina Evaswantry Binti Novizar Swantry ( Nana) (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:36 WIB

Surat-Surat Wasiat Mendiang Nana ( Obituari Penderita Kanker)

“ For Everyone. PS : Sayang, tolong dibacakan setelah kuburku ditutup. Bacakan dengan ikhlas dan penuh syukur. Dont be sad,” itu tulisan pengantar dari surat “wasiat” almarhumah Shabrina…

Festival cabai

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:19 WIB

Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai

Tangerang - Pada perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni ini Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor dan Museum Benteng Heritage…