Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Banda Aceh Pameran di Malaysia

Oleh : Ridwan | Selasa, 08 Januari 2019 - 11:05 WIB

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh, Kota Banda Aceh semakin agresif mendongkrak sektor pariwisata. Target besar dicanangkan. Tahun 2019, Banda Aceh menargetkan jumlah kunjungan 1 juta wisatawan Nusantara dan mancanegara. Promosi makin gencar dilakukan. Termasuk melakukam pameran di Malaysia.

Malaysia termasuk penyumbang utama wisman ke Banda Aceh. Karena itu Pemkot Banda Aceh berencana menggelar pameran wisata di Malaysia pada awal tahun 2019.

"Banda Aceh dan Malaysia memiliki penerbang langsung setiap hari, dari Kuala Lumpur dan Penang. Karena itu, kami bertekad menggaet lebih banyak lagi turis asal Malaysia untuk datang menikmati potensi wisata Islami, kuliner dan wisata zikir di Bumi Serambi Mekkah," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman (7/1) kemarin.

Dibandingkan dengan daerah wisata lain, Banda Aceh masih tertinggal jauh soal jumlah kunjungan wisatawan. Apalagi jika dibandingkan dengan Kepulauan Riau, Jakarta dan Bali yang merupakan 3 pintu masuk utama wisman ke Indonesia. 

"Kami yakin dengan upaya semua pihak, dan promosi secara masif baik via medsos maupun media lainnya, target tersebut dapat tercapai. Terutama untuk menggelar pameran wisata di Kuala Lumpur awal tahun ini," jelasnya.

Menurutnya, target itu tidak muluk-muluk dan realistis mengingat begitu banyaknya potensi wisata Banda Aceh yang dapat dijual kepada dunia luar. Wisata sejarah, wisata budaya, wisata religi, wisata edukasi tsunami, wisata kuliner hingga wisata bahari adalah potensi yang akan dipromosikan.

"Oleh karenanya, kita semua harus optimistis dengan prospek pariwisata di kota ini. Kami mengajak kepada para pelaku jasa pariwisata dan segenap elemen kota untuk menyatukan misi dan saling bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata Banda Aceh. Ini juga menjadi salah satu cara untuk mendongkrak perekonomian masyarakat," ajaknya. 

Suport besar pun diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya atas semangat tinggi Banda Aceh. Dengan segala kelebihannya Menpar yakin pariwisata Banda Aceh akan semakin diperhitungkan. Apalagi market wisatawan Malaysia tetap menjanjikan. Arus masuk pergerakan wisatawan Negeri Jiran positif di tahun 2018. Posturya juga besar dengan kemampuan spending yang mumpuni.

"Sasarannya jelas. Apalagi Banda Aceh punya keunggulan wisata halal yang merupakan market wisatawan Malaysia. Terlebih sudah ada penerbangan langsung yang menghubungkan Banda Aceh dan Malaysia. Saya yakin dengan promosi yang baik Banda Aceh dapat menjadi destinasi utama wisman Malaysia," ujar Menpar Arief. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Waskita (ist)

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:13 WIB

Cegah Korupsi, Waskita Karya Wajibkan Kepala Proyek Lapor LHKPN ke KPK

Jakarta– PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) mendukung penuh imbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta agar BUMN maupun swasta berkomitmen mencegah terjadinya penyimpangan.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:00 WIB

Menteri Rini: INKA Bangun Pabrik Kereta Api Terbesar se-Asia Tenggara di Banyuwangi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau progres pembangunan workshop atau pabrik kereta api milik PT Industri Kereta Api (Persero) di Banyuwangi, Jawa Timur. Pembangunan…

Go Work

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:37 WIB

Kebahagiaan dalam Bekerja: Sebuah Observasi Atas Peran Dinamis Lingkungan Pekerjaan

Akhir tahun lalu, LinkedIn melakukan survei mendalam terhadap 2.000 karyawan profesional tentang sebuah topik mengenai “kebahagiaan di tempat kerja” (kondisi yang kita perjuangkan, tetapi…

Sriwijaya Air (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:00 WIB

Sriwijaya Air Group Terus Berkomitmen Menjaga Penerbangan Tetap Aman & Nyaman

Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan, Sriwijaya Air Group berkomitmen penuh untuk dapat terus memberikan pengalaman penerbangan yang menyenangkan kepada seluruh pelanggannya

 Damai Putra Group Berikan Ruang Kelas Baru di Bekasi

Kamis, 18 Juli 2019 - 05:01 WIB

Damai Putra Group Berikan Ruang Kelas Baru di Bekasi

Damai Putra Group selaku pengembang Kota Harapan Indah, Kawasan Mandiri di Timur Jakarta seluas 2200 Ha, mendukung program pemerintah Kota Bekasi dalam meningkatkan penyediaan sarana prasarana…