BlackBerry Prioritaskan Kepercayaan Dalam Sistem Smart City

Oleh : Herry Barus | Rabu, 02 Januari 2019 - 11:00 WIB

Black Berry (Foto Dok Industry.co.id)
Black Berry (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakata-BlackBerry Limited mengumumkan komitmennya untuk membantu sektor swasta dan pemerintah dalam rangka mempercepat pengembangan Smart City (Kota Cerdas) dan Intelligent Transportation Systems (Sistem Transportasi Cerdas) yang dilengkapi dengan layanan Security Credential Management System (SCMS).

 BlackBerry menyediakan layanan tidak berbayar SCMS yang dirancang untuk para produsen mobil dan institusi layanan publik yang terlibat dalam program Smart City dan Connected Vehicle pilot. Layanan ini menyediakan mekanisme yang memungkinkan kendaraan serta berbagai jenis infrastruktur, seperti lampu lalu lintas, untuk melakukan pertukaran informasi dengan aman dan terpercaya menggunakan sertifikat digital.

 Menurut U.S. Department of Transportation, aplikasi terhubung pada kendaraan yang melakukan pertukaran informasi dengan kendaraan lain, infrastruktur jalan, pusat manajemen lalu lintas, ataupun perangkat seluler nirkabel lainnya memerlukan sistem keamanan yang memastikan bahwa pengguna dapat memercayai validitas informasi yang diterima dari sistem lainnya.

 Layanan SCMS didasarkan pada teknologi BlackBerry Certicom, menawarkan infrastruktur publik yang aman dan andal, serta dapat mengelola sertifikat atas nama perusahaan atau seluruh ruang lingkup usaha. Layanan ini dirancang agar dapat menyesuaikan dan mendukung penyebaran sistem pada tingkat nasional dan antar negara, memungkinkan OEM dan para pejabat publik untuk memanfaatkan layanan turnkey berbasis cloud untuk menerbitkan sertifikat vehicle-to-infrastructure (V2X) dan menggunakan lifecycle management. BlackBerry juga dapat mendukung solusi SCMS hibrida yang dioptimalkan untuk produksi kendaraan secara massal.

 "Masa depan kendaraan otonom takkan bisa diwujudkan tanpa adanya sistem transportasi cerdas," kata John Chen, Executive Chairman and CEO, BlackBerry belum lama ini.

"Dengan menghilangkan hambatan yang berkaitan dengan keamanan, privasi, dan biaya, kami yakin layanan SCMS akan membantu mempercepat realisasi program smart city dan connected vehicle pilot di seluruh dunia."

 Menanggapi kehadiran layanan baru dari BlackBerry, Navdeep Bains, Menteri Inovasi, Sains, dan Pembangunan Ekonomi Kanada mengatakan:, "Pemerintah fokus untuk memastikan bahwa semua warga Kanada dapat memperoleh manfaat dari transformasi digital. Komitmen BlackBerry untuk memajukan smart city merupakan langkah yang baik menuju program Canadian Innovation (Inovasi Kanada). Dengan membangun kemajuan yang menjanjikan di Kanada dalam bidang kendaraan otonom, hal ini akan membantu masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan aman untuk meningkatkan kehidupan mereka.”

 

Layanan SCMS BlackBerry yang baru telah diuji interoperabilitasnya dalam beberapa acara OmniAir Consortium PlugFests yang diadakan awal tahun ini. Perusahaan akan bermitra dengan Invest Ottawa untuk memanfaatkan layanan SCMS ini dalam rangka membangun 16 kilometer jalur uji kendaraan otonom yang menyerupai kota miniatur, serta lengkap dengan marka trotoar, lampu lalu lintas, marka berhenti, dan penyeberangan pejalan kaki yang disematkan dengan smart infrastructure (infrastruktur pintar) yang dirancang untuk memanfaatkan data yang dihasilkan oleh AV. 

"Kami senang sekali dapat bermitra dengan BlackBerry untuk mempertunjukkan layanan SCMS ini dalam berbagai aplikasi V2X," kata Kelly Daize, Director of the CAV, Invest Ottawa. “Jalur uji kendaraan otonom publik dan privat kami yang sudah terintegrasi merupakan yang pertama di Amerika Utara yang dilengkapi dengan GPS, DSRC, Wi-Fi, 4G / LTE, dan 5G. Kami juga berharap dapat memanfaatkan kemampuan keamanan dan analitik kelas dunia dari BlackBerry dan menyediakannya kepada para inovator, perusahaan, dan daerah dalam rangka mempercepat penyebaran kendaraan otonom, Sistem Transportasi Cerdas (Intelligent Transportation Systems), dan program smart city. ”

Roger Lanctot, Director Automotive Connected Mobility at Strategy Analytics menambahkan, “BlackBerry mengambil langkah yang besar untuk mendukung program Smart City dan mendorong upaya pengembangan connected car (mobil yang terhubung dengan aplikasi). Seiring dengan regulator (para pemangku kebijakan) yang masih dalam proses mendefinisikan jenis sistem tersebut dan cara memanfaatkannya, BlackBerry menyediakan layanan untuk menguji berbagai konsep dan teknologi dengan segera serta dapat mendukung aplikasi inter-vehicle, vehicle-to-vehicle, dan vehicle-to-infrastructure. "

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.