Dampak KEK Bitung, Investor Berdatangan ke Sulut

Oleh : Herry Barus | Kamis, 23 Februari 2017 - 10:11 WIB

Ilustrasi aktivitas pelayaran di pelabuhan. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi aktivitas pelayaran di pelabuhan. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Manado- Pengemat Ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Robert Winerungan mengatakan, saat ini semakin banyak investor masuk ke daerah ini karena melihat potensi yang cukup besar.

"Melihat kondisi ini, menjadi tugas kita bersama untuk menjaga keadaan dan keamanan daerah agar selalu kondusif," kata Robert di Manado, Kamis (23/2/2017)

Robert seperti dilansir Antara mengatakan apalagi dengan dibukanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, akan semakin banyak investor nasional maupun internasional yang akan membuka kantor di Kota Manado dan Kota Bitung.

Namun, sebelum mereka melakukan investasi, para investor yang akan masuk Sulut sebelumnya telah melakukan survei.

Tak hanya pertumbuhan ekonomi dan jumlah upah minimum provinsi yang dipertimbangkan. Akan tetapi faktor keamanan juga menjadi salah satu pertimbangan layak atau tidak layaknya pelaku usaha melakukan investasi.

"Jika suatu daerah dirasakan tidak aman maka daerah itu akan dijauhi pengusaha.Keamanan adalah faktor penunjang pertumbuhan ekonomi, jika tidak ekonomi tidak berjalan dengan baik,” jelasnya.

Tidak bisa dipungkiri sering terjadi kondisi tidak nyaman baik kasus pencurian, perkelahian antar kampung, hingga premanisme, yang dapat menjadi ancaman bagi masyarakat dan perlaku usaha.

Namun aparat kepolisian mampu mengamankan dan mengembalikan pada kondisi yang kondusif.

"Kalau tidak aman konsumen takut berbelanja, pelaku usaha juga akan was-was dengan keberlansunggan usahanya," ujarnya.

Akan tetapi, katanya, jika pemerintah bisa menjamin keamanan di Sulut maka investor akan berlomba-lomba menanamkan modalnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…