Kondisi Listrik Pulih 95 Persen, Sebanyak 238 Gardu Distribusi di Pandeglang Kembali Normal

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Desember 2018 - 16:52 WIB

Proses pemulihan listrik pasca terjadinya Tsunami
Proses pemulihan listrik pasca terjadinya Tsunami

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah tengah bergerak cepat lakukan proses pemulihan listrik pasca terjadinya Tsunami yang melanda daerah di pesisir Selat Sunda.

Dari catatan Kementerian ESDM, tim gabungan dari inspektur ketenagalistrikan dari Direktorat Ketenagalistrikan dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah berhasil mengoperasikan kembali sejumlah gardu distribusi di wilayah Pandegalang dan Lampung.

"Kami dengan sigap menerjunkan tim gabungan dari ESDM dan PLN agar masyarakat terdampak Tsunami bisa segera menikmati listrik seperti sediakala. Bahkan laporan yang saya terima, kondisi listrik saat ini sudah pulih 95 persen," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Sebanyak 310 personil yang diterjunkan Pandeglang berhasil menyalakan 238 dari 248 gardu distribusi, menormalkan sementara 4 gardu distribusi lainnya dengan genset serta memberikan penerangan di 22 posko pengungsian. Tim gabungan juga melakukan perbaikan infrastruktur kelistrikan dari Unit Induk Distribusi (ID) Banten, UID Jakarta dan UID Jabar.


Sementara di Lampung, sebanyak 40 personil gabungan yang datangkan dari ULP Kalianda, ULP Sidomulyo , ULP Sutami serta UP3 Tanjung Karang. Seluruh tim disebar untuk kembali mengoperasikan 20 dari 22 titik tiang distribusi.

Hingga saat ini, upaya penanganan kelistrikan dan pengiriman bantuan sembako juga dilakukan Pemerintah di daerah-daerah terisolir seperti di Pulau Sabesi, Lampung dan desa sumur Kecamatan Pandeglang.

Meski demikian, Agung mengakui masih ada beberapa wilayah yang belum berhasil ditangani. "Masih ada beberapa gardu yang belum nyala. Hal ini tak lepas dari akses jalan dan cuaca yang masih menjadi kendala utama atas penanganan listrik," tambah Agung. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat mengunjungi Kopwan SBW di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:14 WIB

Cegah Kredit Macet, LPDB Mulai Lirik Pola Tanggung Renteng Jadi Role Model

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tertarik dengan pola tanggung renteng yang dikembangkan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita (SBW) Jawa…